ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

6 Olahraga yang Cocok Saat Perut Masih Kosong di Pagi Hari. Lemak Bisa Dibabat Habis!

04 Jun 2017

Olahraga merupakan salah satu faktor utama yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang. Bukan hanya berfungsi untuk melatih otot-otot saja, olahraga juga berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh sehingga metabolisme pun akan lebih optimal.

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, olahraga di pagi hari sebelum sarapan sangat dianjurkan. Pendiri dan CEO dari Diet Free Life, Robert Ferguson, MS, CN, dalam laman Huffington Post mengungkapkan bahwa keuntungan utama berolahraga pada saat perut masih kosong adalah berpotensi membakar lebih banyak lemak. Belum ada banyak kalori dalam otot sehingga energi yang tersimpan dalam tubuhlah yang akan terbakar selama berolahraga. Nah, dilansir dari Lifehack, Nafoura akan memberikan rekomendasi olahraga sederhana yang bisa dilakukan di pagi hari saat perut masih kosong.

Bicycle crunch

Gerakan ini bisa kamu lakukan sebagai pemanasan sebelum beranjak dari tempat tidur. Caranya, berbaringlah telentang dengan menekuk kedua lutut sementara kedua telapak kaki menapak ke bawah. Letakkan tangan di belakang kepala. Angkat sedikit kepala, lalu angkat dan tekuk lutut membentuk sudut 90 derajat. Lakukan gerakan seperti mengendarai sepeda dengan mengayuh di udara perlahan. Gerakan ini sangat efektif untuk membakar lemak di perut, lho.

Angkat barbel

Kelihatannya sepele, namun olahraga ini sangat baik dilakukan untuk mengencangkan otot di lengan bawah maupun atas. Otot-otot ini sering sekali kita gunakan sehari-hari untuk mengambil benda apapun yang kita butuhkan. Oleh karenanya, penting untuk melatih otot lengan setiap hari. Kamu bisa melakukannya dengan mengangkat barbel menggunakan tangan kiri dan kanan secara bergantian. Mulailah dengan beban yang ringan kemudian tambahkan secara bertahap. 

Jalan kaki

Jalan kaki merupakan salah satu dari banyak olahraga yang terbilang mudah dan dan juga murah untuk dilakukan. Nggak perlu peralatan macam-macam, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat hanya dengan berjalan kaki. Selain membangun tulang yang lebih kuat, jalan kaki termasuk olahraga kardio yang membantu menjaga jantung sehat dan menstabilkan tekanan darah. Baiknya lakukan di luar ruangan agar kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari segarnya udara dan sehatnya matahari pagi, ya!

Push up

Siapa sih yang nggak ingin memiliki lengan yang kencang dan berisi? Tanpa harus pergi ke gym, kamu bisa lakukan push up sebagai alternatif kok. Gerakan ini sangat bagus untuk memperkuat otot dada, bahu, bisep-trisep, juga punggung bagian atas-bawah. Lakukan saja push up sebanyak 10 kali dengan 3 kali repetisi setiap kali kamu bangun tidur. Buat cewek, push up sangat baik untuk menguatkan otot dada, lho!

Squat

Bukan hanya otot kaki yang menjadi kuat karena melakukan squat,namun juga membantu stabilitas lutut, paha, dan betis serta menguatkan pinggul. Kamu hanya tinggal berdiri dengan kaki terbuka sedikit lebih lebar dari pinggul, arahkan lengan ke depan. Turunkan badanmu seolah-olah ingin duduk hingga mencapai sudut 90 derajat atau lebih jika memang kuat. Kemudian kembali ke posisi awal. Ulangi hingga 15 kali masing-masing 2 set, ya!

Jumping jack

Jenis olahraga dengan gerakan melompat-lompat ini sangatlah mudah dilakukan. Nggak hanya bisa melatih jantung dan membantu penyerapan oksigen lebih banyak, jumping jack juga ampuh membakar lemak, lho. Efek lain yang akan dirasakan adalah metabolisme tubuh yang semakin baik karena sirkulasi darah dan oksigen yang lancar. Menarik ya, untuk bisa merasakan berbagai macam keuntungan tadi, kita nggak perlu melakukan olahraga berat, cukup melompat-lompat sekitar 7 menit saja. Mudah, bukan?

 

Gerakan-gerakan yang sudah Nafoura paparkan tadi tidak memerlukan banyak usaha untuk melakukannya, cukup niat dan tekad yang bulat dari Kurmate untuk bergerak, maka mewujudkan tubuh yang sehat dan ideal bukan lagi angan-angan.



back