ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

5 Cara Unik Menghilangkan Stres Karena Kerjaan. Cobalah Keampuhannya!

07 Jun 2017

Usia produktif adalah peluang bagi kita untuk berkarya. usia produktif harus dimanfaatkan dengan baik,walaupun terkadang kita merasa kerjaan seperti nggak ada habis-habisnya. Tekanan kerja dan kejenuhan terhadap rutinitas yang itu-itu saja seringkali menjadi pemicu stres yang nggak terelakkan. Belum lagi masalah-masalah lain yang menambah pikiran jadi tambah nggak karuan.

Nah, Kurmate, jika kamu mengalami hal ini, Nafoura akan membagikan cara-cara unik untuk mengurangi bahkan menghilangkan stres di tengah kesibukanmu bekerja. Ini dia!

Kunyah permen karet

Bukan hanya menyegarkan nafas dan mengurangi ngemil, mengunyah permen karet juga ampuh kurangi kecemasan dan depresi. Melansir dari laman She Knows, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Andrew Scholey, Ph.D., menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengunyah permen karet menunjukkan tingkat kecemasan yang lebih rendah, kewaspadaan meningkat, stres berkurang dan lebih memungkinkan untuk multitasking.

Mewarnai

Kurmate, pernahkah kamu mendengar adult coloring books? Ya, buku mewarnai kini juga tersedia khusus orang dewasa dengan pola dan gambar yang lebih rumit, lho. Kegunaannya bukan iseng-iseng semata, dikutip dari laman Learnvest, ternyata mewarnai juga efektif sebagai terapi seni untuk membantu menghilangkan stres. Lakukan terapi ini saat istirahat makan siang sebagai kegiatan alternatif selain mengecek timeline di media sosial.

Tiup balon

Mungkin terdengar konyol, tapi ketahuilah, meniup balon nggak hanya akan membuatmu sedikit terhibur, namun juga membantu mengurangi stres. Kenapa? Saat kamu meniup balon, maka secara nggak langsung kamu akan dipaksa untuk menarik napas dalam-dalam. Sebagaimana dilansir dari laman Hello Sehat, oksigen yang masuk saat menarik napas dalam akan mengendalikan pernapasan yang bisa memperlambat detak jantung dan menstabilkan tekanan darah. Hal inilah yang membuat stres menjadi berkurang.

Mendengarkan musik dan bernyanyi

Saat seseorang merasa stres, biasanya mereka akan melakukan kegiatan yang disenangi, salah satunya dengan mendengarkan musik. Cara ini tergolong ampuh. Alunan musik yang didengarkan akan membuat jiwa dan pikiran menjadi lebih rileks. Terlebih jika musik tersebut adalah musik favorit, maka tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin dan oksitosin yang mana kedua hormon ini akan membuatmu merasa lebih baik dan mengurangi stress yang kamu rasakan. Nah, saat mendengarkan lagu, cobalah untuk ikut bersenandung juga, ya!

Ngobrol dan tertawa

Stress biasanya disebabkan karena pikiran yang terbebani dengan masalah yang dihadapi. Berbicara dan berbagi cerita seputar permasalahan dengan seseorang punya dampak yang signifikan untuk mengatasi stres. Meski nggak seluruhnya, paling nggak mengurangi beban pikiranmu dan menyalurkannya lewat obrolan. Sesekali, lemparkan bahan candaan agar kamu bisa tertawa. Tertawa juga merupakan salah satu cara untuk melepaskan segala penat, beban pikiran dan stres yang datang melanda.

Bagaimana Kurmate, tertarik untuk mencoba cara-cara menghilangkan stres yang sudah Nafoura jabarkan di atas? Semoga membantu, ya!



back