ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

5 Anak Indonesia Ini Keliling Dunia Berkat Karyanya

09 Jun 2017

Sebagai generasi muda, sudah selayaknya Kurmate bersyukur dan turut bangga atas kualitas sumber daya manusia Indonesia yang nggak kalah dengan negara maju. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya anak muda yang diakui prestasinya hingga kancah internasional. Tak hanya diakui, karya-karyanya juga telah membawa putra-putri bertalenta ini berkesempatan untuk keliling dunia.

Ada banyak nama-nama anak muda yang berhasil mencuri perhatian dunia atas kemampuan yang dimilikinya. Siapa saja mereka? Yuk, kita simak bersama.

 

Laras Sekar

Nama ini mewakili seorang gadis berusia 18 tahun asal Balikpapan yang menjadi satu-satunya model Indonesia yang turut berpartisipasi dalam ajang Paris Fashion Week Fall/Winter 2017. Memiliki tinggi badan 171 cm, berkulit eksotis dengan wajahnya yang Indonesia banget, jadi perhatian dunia saat tampil di runway bergengsi tersebut. Tak hanya itu, kini Laras juga dibanjiri tawaran untuk menjadi model iklan maupun photoshoot merek kenamaan asal dunia, lho!

Bermula sejak bergabung di agency yang ketika itu baru berdiri enam bulan, karir Laras perlahan menanjak. Dikutip dari laman Jawa Pos, Ali Luki, owner dan creative director dari Native Models ID yang membimbing Laras mengaku bahwa dari semua muridnya, Laras termasuk yang cepat belajar dan punya keunikan tersendiri. Hal inilah yang menjadikannya dilirik agency internasional hingga akhirnya memulai debut dan menetap di Paris, Perancis.

 

Tesla Manaf

Musisi Jazz asal Bandung ini berhasil menembus dapur rekaman di Amerika Serikat berkat totalitasnya dalam bermusik. Bukan karena kepiawaiannya dalam memainkan nada-nada yang jazzy, namun ia mampu membuat kolaborasi unik musik jazz dipadukan dengan bebunyian gamelan tradisional lah yang mencuri perhatian MoonJoon Records asal New York, untuk memproduksi dua album sekaligus, seperti yang telah dipaparkan dalam laman BBC.

Musik-musiknya tergolong unik dan tidak biasa di telinga Indonesia, ini pula yang membuat Tesla kerap bermain musik di negara lain. Tahun lalu, Tesla telah mengadakan tur ke beberapa kota di Jepang untuk memperdengarkan karyanya kepada para penikmat musik di sana.

 

Irene Kharima Sukandar

Kurmate, tentu kalian nggak asing lagi dengan nama Irene Kharima Sukandar, pecatur kelas dunia  dengan prestasi yang nggak terhitung lagi jumlahnya. Dara kelahiran 1992 ini memulai debut pertamanya saat mengikuti kejurnas catur tahun 1999 di Bekasi. Ia kemudian jatuh cinta dengan olahraga otak ini karena dapat menambah tingkat intelegensi baginya.

Irene pernah berkeliling Eropa selama setahun guna mengejar gelar Grand Master, seperti lansiran dari Kompas. Hingga kini, prestasi yang ia dapatkan di dunia percaturan tak terbatas hanya dari dalam negeri saja, melainkan juga dari luar negeri. Ia juga pernah merasakan titik di mana prestasinya sempat terjatuh. Tapi Irene nggak diam begitu saja, ia segera memperbaiki permainannya hingga saat ini ia bisa membuktikan bahwa ia masih bisa mencapai penghargaan prestisius di dunia percaturan.

 

Jim Geovedi

Tahu nggak, Kurmate? Indonesia memiliki pemuda yang dikenal di dunia sebagai hacker yang handal dan tercatat berhasil meretas satelit, lho. Dia adalah Jim Geovedi.  Ketertarikannya terhadap komputer dan internet dibuktikan dengan semangat belajar secara otodidak. Jim kemudian mendirikan perusahaan konsultasi teknologi informasi untuk lembaga pemerintahan. Jasanya pernah digunakan KPU pada tahun 2004 untuk mencari tahu pelaku peretas sistem pusat penghitungan suara saat pemilihan umum.

Sesuai lansiran laman DW, Kini Jim telah menetap di London dan dikenal sebagai pakar keamanan teknologi informasi yang memiliki fokus untuk menemukan celah keamanan komputer serta jaringan yang memiliki kekhususan sistem telekomunikasi. Kehidupannya penuh dengan undangan untuk menjadi pembicara dalam berbagai pertemuan untuk membicarakan masalah sistem keamanan. 

 

Griselda Sastrawinata

Jika kamu penggemar film animasi, kamu perlu tahu bahwa salah satu pencipta karakter di film animasi top dunia merupakan wanita asal Indonesia bernama Griselda Sastrawinata. Seperti yang diketahui dari laman The Jakarta Post, Griselda tercatat sebagai 1 dari 5 wanita yang bekerja di Dreamworks sebagai Visual Development Artist lho! Ia pernah mejadi animator di film ‘Shrek’, bahkan karena kemampuan yang ia miliki, Griselda juga dipercaya untuk menciptakan sejumlah tokoh di film animasi kelas dunia.

Karya terbarunya ada di film Moana. Film yang hits di akhir tahun 2016 tersebut mendapat sentuhan tangan Griselda. Ia berperan dalam proses pembuatan background, dan ilustrasi kain Tapa. Dikutip dari CNN, Griselda berkata, "Setelahnya, kain tersebut dihias dengan pewarna alami dengan pola geometris khas Polinesia. Desain yang saya buat, bordernya lain dan punya desain masing-masing seperti yang dipakai bayi-bayi. Semua detail harus dibuat," tuturnya.

 

Agustinus Wibowo

Perjalanan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan cowok kelahiran Lumajang ini. Menjalani hidup sebagai seorang travel writer sekaligus fotografer adalah nafas baginya. Cowok yang akrab disapa Gus Weng ini memang bukan traveler biasa. Ia melakukan perjalanan dengan mengemban misi mulia yang membawa manfaat baik bagi banyak orang yang membaca catatan perjalanannya.

 

Baru-baru ini, seperti yang dikutip dari laman Gemintang, penulis yang dikenal menguasai banyak bahasa ini hadir di Festival Penulis di Perth untuk membicarakan pandangannya mengenai Australia dan buku terbaru yang sedang ditulisnya.

 

Nah, Kurmate, nama-nama yang telah Nafoura sebutkan di atas adalah sedikit dari banyak nama yang berhasil menorehkan prestasinya di mata dunia sekaligus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Tentunya Kurmate, kamu juga punya peluang yang sama untuk bisa membanggakan Indonesia.

 

(Sumber Foto: The Jakarta Post)



back