ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Masih Muda Kok Banyak Uban? Ternyata 6 Faktor Ini Penyebabnya

13 Jun 2017

Uban atau rambut putih biasanya identik dengan bertambahnya usia seseorang dan kerap dialami oleh mereka yang berusia 30-an. Namun, nggak jarang kita menemui anak muda dengan rambutnya yang sudah beruban. Meski grey hair lagi tren. Tetapi, uban yang tumbuh nggak semestinya ini bisa mengganggu penampilanmu sebagai anak muda.

Sebenarnya apa sih yang bikin rambut uban ini mampir di kepala mereka yang usianya masih tergolong muda? Dilansir dari laman Huffington Post, inilah beberapa faktor utama yang menyebabkan tumbuhnya uban di usia muda.

 

Faktor keturunan

Riwayat keluarga bisa menjadi alasan kenapa seseorang tumbuh uban lebih awal. Catatan tubuh tentang uban prematur tersimpan dalam kromosom yang diwariskan orang tua kepada anaknya. Artinya, jika orang tuamu punya masalah tumbuh uban di usia muda, besar kemungkinan kamu juga mengalami hal yang sama.

Dr. Michael Eidelmen, asisten profesor dermatologi Icahn School of Medicine di  Mount Sinai, mengatakan bahwa faktor keturunan nggak hanya mempengaruhi pertumbuhan uban prematur seseorang, tapi juga intensitas dan karakter warnanya.

 

Kurang asupan nutrisi dan vitamin

Asupan makanan harian yang nggak seimbang akan berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Secara medis, kemunculan uban prematur dikaitkan dengan kurangnya asupan vitamin B12, vitamin C dan E serta protein. Dalam kasus tertentu, uban prematur ini juga bisa dipicu karena masalah kesehatan seperti anemia, gangguan kelenjar tiroid, penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut seperti vitiligo, serta masalah kelenjar pituitari.

 

Stres berlebihan

Dr. Eric Schweiger, seorang ahli dermatologi dari New York menyatakan bahwa hormon stres dapat menyebabkan terhambatnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut. Hal ini akan memicu pertumbuhan uban. Terhentinya produksi melanin hanya bersifat sementara, setelah faktor penyebab stres hilang, maka produksi melanin akan kembali normal.

 

Merokok

Merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab utama munculnya uban di usia muda. Sebuah penelitian yang dilakukan di EastNational Center for Biotechnology Information pada tahun 2010, menemukan bukti bahwa perokok dua setengah kali lebih mungkin beruban lebih cepat ketimbang non-perokok. Nggak hanya uban prematur, merokok juga berdampak terhadap kebotakan. Hal ini dikarenakan bahan kimia dalam asap rokok mampu memecah sel rambut dan merusak rambut.

 

Penataan rambut

Terlalu sering menggunakan pewarna rambut memang bisa merusak rambut. Bahan kimia yang ada di dalamnya dapat merusak sel-sel melanin sehingga memicu pertumbuhan uban prematur. Begitu pun dengan penggunaan hair dryer atau catok rambut yang dapat membuat batang rambut menjadi lemah. Panas yang dihasilkan bisa mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan uban prematur.

  

Etnis dan gender

Menurut sebuah studi oleh The Dermatologist pada tahun 2011, etnis juga dapat mempengaruhi pertumbuhan uban. Dikatakan bahwa rambut orang kaukasian cenderung beruban pada pertengahan 30-an, sementara orang Asia biasanya beruban di akhir 30. Sementara Afrika dan Amerika biasanya nggak akan tumbuh uban hingga usianya empat puluhan.

Selain etnis, gender juga sedikit banyak berpengaruh terhadap tumbuhnya uban. Dikatakan Schweiger, cowok mulai beruban saat mendekati usia 30-an, sementara cewek akan mulai muncul uban di usia 35-an.

 

Nah selagi masih muda, sebaiknya kamu penuhi asupan nutrisi tubuh, hindari gaya hidup yang nggak sehat seperti merokok, mengelola stres dengan baik, serta kurangi penataan rambut yang melibatkan zat kimia, ya, Kurmate!



back