ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Seberapa Penting Gabung Komunitas Saat Kuliah? 3 Hal Ini Akan Menjawabnya

17 Jun 2017

Masa kuliah adalah masa krusial dalam kehidupan anak muda. Pada masa itulah kita berada pada proses akhir sebelum benar-benar hidup mandiri dan menghadapi kerasnya dunia kerja, oleh karena itu dibutuhkan persiapan yang lebih untuk menghadapinya.

Salah satu upaya menyiapkan diri yang dapat kita tempuh adalah menggunakan aktivitas informal, seperti bergabung dengan komunitas. Untuk bergabung dengan suatu komunitas, ada baiknya kamu bergabung dengan komunitas yang mampu mewadahi hobi, minat dan bakat mu terhadap suatu hal. Namun, ini tidaklah bersifat wajib. Jika kamu ingin mencoba hal baru dan ingin mengeksplor tentang minat mu agar lebih beragam lagi, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang sama sekali tidak bersinggungan dengan disiplin ilmu yang kamu tekuni. Karena ini akan menjadi wawasan tersendiri bagimu.

Dari keadaan tersebut, kita bisa melihat dan merasakan manfaat-manfaat di balik keterlibatan kita  dalam komunitas. Lantas, apa saja kira-kira manfaat tersebut? Yuk langsung simak saja, Kurmate!

Memperoleh ilmu

Seperti yang disinggung sebelumnya, komunitas mampu menyuguhkan ilmu yang seringkali tidak didapatkan di bangku perkuliahan. Bagi anak muda yang produktif dan selalu ingin berkembang, sudah selayaknya mencari ilmu dari siapapun, di manapun dan sampai kapanpun. Ilmu inilah yang akhirnya mengantarkan kita menggapai mimpi-mimpi yang dimiliki.

Nah Kurmate, komunitas dapat menjadi sarana untuk kamu mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan di bangku, atau bahkan mempelajari berbagai praktik ilmu secara langsung. Seperti manajemen, promosi, sampai penanganan sumberdaya manusia. Selain itu, mereka yang tergabung di komunitas lumrahnya berasal dari beragam latar belakang, entah itu agama, suku, pendidikan, bahkan usia. Melalui pertemuan tersebut, ini dapat menjadi ajang untuk kamu berbagi ilmu dan pengalaman.

Memperluas lingkaran sosial

Cepat atau lambatnya seseorang mendapatkan teman di komunitas tergantung pada diri sendiri. Tapi yang pasti, orang-orang di komunitas akan berusaha merangkul siapa pun yang ada di dalamnya walaupun kamu orang yang pendiam. Lambat laun kita akan saling akrab dan bisa menganggap mereka sebagai keluarga sendiri karena terbiasa saling tolong-menolong.

Ada yang berkata, “Rezeki terkadang Tuhan berikan melalui pertemanan.” Tidak sedikit orang yang mengamini pepatah tersebut. Lingkaran sosial kita semakin meluas. Jika kita membutuhkan pertolongan, teman-teman komunitas tidak akan segan-segan membantu. Lalu, hal yang perlu dipertimbangkan adalah kekuatan pertemanan saat memasuki dunia kerja.Mendapatkan rekomendasi dari teman, dapat menjadi suatu peruntungan untuk seorang job seeker. Selain itu, memiliki banyak teman dari berbagai bidang adalah investasi jangka panjang untuk dirimu.

Membangun kepribadian

Banyak orang mengaku mengalami perkembangan dalam diri karena keikutsertannya dalam komunitas. Melalui komunitas, komunikasi merupakan hal yang pasti. Entah lewat cara berbicara atau bersikap, kita belajar berkomunikasi dengan baik pada berbagai macam karakter orang..

Lebih dari itu, sependiam apa pun kamu, komunitas akan memberikan kesempatan kamu berbicara di hadapan banyak orang, minimal memimpin pertemuan rutin. Komunitas pun tidak selalu berbicara tentang sumber daya internalnya saja. Lewat komunitas kita belajar mengabdi untuk membantu orang-orang di luar komunitas. Berkat kebiasaan dan kegiatan tersebut, kita menjadi lebih peka dengan keadaan sosial yang ada di sekitar kita. Kita belajar bersikap dengan melihat sisi baik dan sisi buruk dari sebuah hal.

Bagaimana, Kurmate? Itulah tiga keutamaan ketika seseorang ikut komunitas. Bagaimana pun sebagai mahasiswa kita harus benar-benar memanfaatkan waktu kita tidak hanya untuk menggeluti hal-hal yang di dalam kampus saja. Kita pun memerlukan dunia luar untuk melatih empati dan membuka wawasan terhadap hal-hal baru yang mungkin mustahil ditemukan di ruang kelas.



back