ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Biar Nggak Cuma Capek Doang, Perhatikan 5 Aturan Wajib Ketika Berolahraga. Pasti Maksimal

21 Apr 2017

Biar Nggak Cuma Capek Doang, Perhatikan 5 Aturan Wajib Ketika Berolahraga. Pasti Maksimal

Sebagai anak muda yang nggak pernah berhenti dibuat sibuk oleh rutinitas sehari-hari, Kurmate harus menyempatkan diri olahraga. Karena pola hidup yang sehat nggak hanya apa yang kita konsumsi dan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk beristirahat di malam hari. Sederhananya, jika ingin sehat, jangan lupakan olahraga juga. Beberapa pakar bahkan menganjurkan kita berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu.

Bagi beberapa orang, mengatur waktu  memang gampang-gampang susah. Oleh karena itu, ketika mendapatkan kesempatan untuk berolahraga, Kurmate perlu memanfaatkan sebaik mungkin. Kali ini, Nafoura bakal bagi-bagi panduan agar olahraga menjadi lebih maksimal, jadi nggak hanya capek yang Kurmate dapat… Check this out!

1. Makanlah sebelum olahraga, tapi…

Olahraga itu memerlukan tenaga, guys. Darimana asalnya tenaga? Tentu dari makanan yang kita konsumsi sebelumnya. Kalau Kurmate hendak olahraga, sesederhana atau seberat apa pun gerakannya, kamu harus makan terlebih dahulu. Tindakan ini akan menghindarkan kamu dari cepatnya rasa letih dan lemas tatkala berolahraga.

Namun yang nggak kalah penting, kamu harus paham juga tentang jarak antara makan dan olahraga. Makan berat sesaat sebelum olahraga sangat tidak diperbolehkan karena akan berdampak buruk juga bagi kesehatan. Makanan berat baiknya dikonsumsi dua jam sebelum berolahraga.

2. Jangan lupakan pemanasan

Pernah dengar istilah warming up? Waktu mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan saat di bangku sekolah? Ilmu tentang warming up atau pemanasan pasti terus berguna sampai sekarang. Biar olahragamu maksimal, lakukan pemanasan sesaat sebelum olahraga. Kondisi otot sebelum olahraga jelas sangat kaku. Oleh karena itu, Kurmate perlu pemanasan agar otot nggak kaget ketika olahraga dimulai.

Tindakan pemanasan perlu Kurmate lakukan demi menghindari risiko cedera otot. Fleksibilitas otot makin enak ketika kamu telah pemanasan sebelumnya. Selain itu, peredaran darah jadi lancar, sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh lebih baik. Dengan dukungan tersebut, maka performa fisikmu saat olahraga juga akan meningkat.

3. Fokuslah pada satu jenis olahraga

Buat pemula yang akan konsen berolahraga, mencoba beragam jenis olahraga pada satu hari adalah kasus yang sering ditemui. Misalkan, selesai sesi lari 5 km, kamu langsung berenang, squat jump, sit-up, push-up dan sebagainya. Kalorimu memang akan cepat terbakar, tapi aktivitas tersebut kurang baik untuk tubuhmu. Kunci dari para atlet adalah melakukannya pelan-pelan dan rutin. Konsistensi adalah kuncinya.

4. Lakukan pendinginan

Ngga sedikit dari kita, yang langsung duduk dan tiduran sesaat selepas olahraga. Padahal kebiasaan tersebut ternyata berbahaya lho, Kurmate! Kita memerlukan sebuah sesi yang bernama cooling down atau pendinginan. Pendinginan sendiri penting untuk mereduksi rasa lelah yang menaungi otot pasca olahraga inti.

Selain itu, ketika kita olahraga, tubuh juga dapat meningkatkan frekuensi denyut jantung dan tekanan darah. Jadi jika kamu melakukan pendinginan, denyut dan tekanan darah nggak akan mengalami kaget yang belebih sepelas olahraga.

5. Cukupi kebutuhan tubuhmu

Pasca berolahraga, kamu wajib mengonsumsi air putih secukupnya. Seperti kita ketahui, ketika berolahraga, tubuh mengeluarkan banyak cairan lewat keringat. Maka dari itu, air putih cocok sekali untuk mengganti cairan yang hilang dari dalam tubuhmu.

Selain itu, makan juga sangat dianjurkan. Kendati demikian, bukan jenis makanan beratlah yang disarankan oleh banyak pakar kesehatan. Beberapa jenis makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga yaitu; buah-buahan segar, telur rebus, kacang-kacangan dan yoghurt.

Bagaimana, Kurmate? Ngga mau dong olahraga yang dilakukan cuma bikin kamu letih tanpa merasakan manfaat lainnya? Nah supaya olahragamu jadi lebih maksimal, 5 aturan di atas harus dipraktikkan ya. Selamat mencoba!



back