ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Kalau Tahu 4 Fakta Kesehatan Ini, Yakin Kamu Nggak Mau Rutin Lari Pagi?

22 Apr 2017

Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk berolahraga lari. Dengan kamu meluangkan waktu minimal 10 menit untuk lari pagi, akan ada banyak manfaat kesehatan yang kamu dapat. Penasaran apa saja manfaat tak terduganya? Dikutip dari majalah Live Strong, Nafoura akan membagikannya untuk kamu. Yuk langsung simak aja!

Mengontrol berat badan

Hasil riset Harvard Medical School mengatakan, seseorang yang memiliki berat badan minimal 125 pound (sekitar 57 kg) dapat membakar 180 kalori hanya dengan berlari kecil di pagi hari. Bahkan jika orang tersebut mampu berlari dengan kecepatan minimal 8 km/jam, dia bisa membakar 240 kalori di tubuhnya. Jadi, cukup dengan kecepatan jogging saja, kamu tidak hanya dapat menjaga berat tubuh tapi juga merampingkan tubuhmu. Cocok nih buat Kurmate yang sedang diet.

Membuat tulang jadi lebih kuat

Jogging merupakan salah satu aktivitas menahan beban yang mampu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Sebuah penelitian National Health and Nutrition ExaminationSurvey menemukan bahwa jogging di pagi hari mampu membuat tulang lebih kuat. Nggak hanya itu, buat kamu yang ingin meningkatkan massa tulang, jogging bakal jadi olahraga yang tepat buat kamu.

Pencegahan dan mengobati masalah persendian

Jogging sebenarnya dapat bermanfaat bagi penderita rheumatoid arthritis, kata Arthritis Foundation. Latihan atau olahraga jenis ini dapat meningkatkan kekuatan otot, suasana mental dan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, jogging juga dapat menangkal osteoartritis dan osteoporosis lantaran membantu kamu mengendalikan berat badan dan otot di sekitar sendi kamu.

Meningkatkan kondisi kesehatan kardiovaskular

Para ahli menyarankan pagi hari sebagai waktu untuk berolahraga, terutama jogging. Aktivitas tersebut mampu membantu kamu mengendalikan tekanan darah, menyeimbangkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuhmu. Dengan begitu, kamu jelas sangat diuntungkan dalam rangka menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Di samping itu, bagi para perokok, American Council on Exercise mengatakan, orang yang berjogging memiliki kecenderungan kehilangan keinginan untuk terus merokok.

Gimana, Kurmate? Kalau kamu mau mendapatkan manfaat-manfaat kesehatan di atas, berarti sudah saatnya kamu menjadikan jogging di pagi hari sebagai salah satu aktivitas rutinmu. Jangan kasih kendor~



back