ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Cara Mudah Mengukur Ideal Berat Badan? Cukup Hitung Lingkar Pinggangmu

19 Jun 2017

Setiap orang punya cita-cita untuk memiliki tubuh yang ideal. Hal ini membuat mereka berlomba-lomba untuk melakukan segala macam cara agar memperoleh berat badan yang diharapkan. Kebanyakan orang berpikiran bahwa tubuh yang ideal umumnya dikaitkan dengan berat badan. Padahal tidak selamanya demikian, ideal atau tidaknya tubuhmu ternyata bisa juga dinilai dari ukuran lingkar pinggang. Di samping itu, ukuran lingkar pinggang juga bisa digunakan sebagai alat indikator kesehatan tubuh kita, lho!

Nah, kira-kira apa saja sih yang perlu diketahui tentang lingkar pinggang? Termasuk cara mengukurnya? Simak ulasan dari Nafoura, yuk!

Batas lingkar pinggang ideal

Ternyata, ukuran lingkar pinggang ideal untuk cewek memiliki batas angka yang berbeda dengan ukuran lingkar pinggang cowok. Menurut dokter spesialis gizi klinik di Klinik Spesialis Semanggi, dr Fiastuti Witjaksono MS, SpGK., menyebutkan bahwa batas lingkar pinggang normal cewek adalah kurang dari 80 cm, sedangkan untuk cowok adalah kurang dari 90 cm.

Dilansir Republika, menurut Fiastuti, jika lingkar pinggangmu melebihi batas normal, artinya kamu mengalami kelebihan lemak perut yang paling berisiko terkena penyakit kardiovaskuler seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, bahkan diabetes.

Cara mengukur lingkar pinggang

Selain mengukur berat badan, cara lain untuk mengetahui apakah tubuhmu termasuk ideal atau nggak adalah dengan mengukur lingkar pinggang. Dilansir Webmd, berikut cara untuk mengukur lingkar pinggangmu:

  1. Berdirilah dalam posisi badan tegak.

  2. Carilah tulang rusuk bagian bawah dan tulang pinggang paling atas, lalu tentukan bagian tengah di antara kedua tulang tersebut.

  3. Lingkarkan pita pengukur pada bagian yang ditentukan, pastikan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

  4. Usahakan tidak menahan napas saat mengukur. Periksa angka yang ditunjukkan pada pita pengukur tepat setelah kamu menghembuskan napas.

Selain menggunakan pita pengukur, lingkar pinggang juga bisa diukur manual menggunakan jengkal, lho. Seperti dilansir Vemale, berikut cara mengukur lingkar pinggang menggunakan jengkal:

  1. Berdirilah dalam posisi badan tegak.

  2. Ukur bagian perut diantara tulang rusuk paling bawah dan tulang pinggang paling atas dengan jengkal tangan mulai dari depan ke belakang.

  3. Ukuran lingkar pinggang normal adalah jika tidak lebih dari 4 ½ jengkal tangan.

Nah, Kurmate, setelah kamu mengukur ukuran lingkar pingganmu, kamu bisa menentukan apakah berat badanmu termasuk ideal atau tidak. Jika ukuran lingkar pinggangmu melebihi batas normal yang telah ditentukan, segera perbaiki pola makan dan rajinlah berolahraga untuk mengurangi kelebihan lemak di perutmu, ya. Selamat mencoba!



back