ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Mau Ranselmu Memuat Banyak Barang? Pakai Tips Mengemas Pakaian Ala Backpacker Ini

20 Jun 2017

Saat akan bepergian, mengemas pakaian menjadi salah satu bagian penting yang tidak bisa dilewatkan. Terlebih jika berencana untuk menghabiskan waktu yang cukup lama, tentu ini akan memakan waktu lebih untuk menyiapkan pakaian. Nah, biasanya kamu akan memerlukan lebih dari satu tempat untuk menampung pakaianmu, belum lagi perlengkapan lainnya. Alhasil, kamu jadi kerepotan.

Tapi tenang, Nafoura punya trik khusus untuk mengemas pakaian a la backpacker agar cukup untuk dibawa dalam satu ransel beserta dengan barang -barang keperluan lainnya. Biar kamu tidak lagi kerepotan, yuk praktikkan!

Menggulung pakaian

Berbeda dengan cara melipat biasanya. Menggulung pakaian dengan cara ini jauh lebih praktis dan bisa menghemat banyak tempat di tas atau kopermu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Rentangkan pakaian yang akan digulung dengan bagian depannya menghadap ke atas, misalnya kaus.

  2. Lipat bagian sisi kanan kaus ke arah kiri dan lipat lengannya ke arah kanan. Lipat juga bagian kaus sebelah kiri ke arah kanan dengan posisi menumpuk dengan bagian kiri kaus yang telah dilipatkan dan lipat bagian tangan ke arah kiri.

  3. Selanjutnya, gulungkan kaus mulai dari atas hingga bawah. Jangan lupa untuk merapikan kerutan kaus sebelum kamu menggulungnya.

  4. Terakhir, buka lipatan kaus bagian bawah, tarik keluar dan bungkus gulungan kaus tersebut.

Cara ini bisa kamu terapkan juga untuk celana, kemeja, jeans, sweater, ataupun kaus kaki. Baru setelah, itu susun pakaian-pakaian yang telah digulung tersebut dalam ransel. Teknik menggulung pakaian seperti ini terbukti efektif dan nggak boros tempat, sehingga menyisakan banyak ruang pada ransel yang cukup untuk menaruh perlengkapan lain yang dibutuhkan.

 

Menumpuk dan membungkus pakaian

Berbeda dengan trik sebelumnya, cara mengemas pakaian yang satu ini adalah dengan menumpuk pakaian menjadi satu lalu membungkusnya sebelum diletakkan dalam ransel atau koper.

Sebelum Nafoura memberikan langkah-langkah mengemasnya, kamu perlu menyiapkan tas ataupun wadah kecil berbentuk persegi terlebih dahulu. Tas ini akan digunakan untuk menyimpan pakaian dalam, kaus kaki, pakaian renang, maupun keperluan lain yang bahannya ringan dan berukuran kecil.

Selain itu, tas ini juga akan difungsikan sebagai elemen inti atau organizer untuk membuat bungkusan atau buntelan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Simpan pakaian berbahan ringan dan berukuran kecil ke dalam tas organizer terlebih dahulu.

  2. Di atas tempat tidur, mulailah untuk menumpuk pakaian dengan mendahulukan pakaian yang lebih berat seperti jaket atau sweater, diikuti dengan kemeja, kaus, celana yang telah dilipat terlebih dahulu, dan pakaian lainnya. Letakkan berselang-seling dengan rapi.

  3. Letakkan tas organizer di bagian tengah tumpukan pakaian yang sudah dirapikan tadi. Luruskan tepinya dengan kerah kemeja dan pinggang celana untuk memastikan bahwa bungkusan pakaian ini nggak berantakan saat kamu meletakkannya dalam ransel ataupun koper.

  4. Mulailah melipat pakaian mengikuti bentuk tas organizer, selipkan lengan panjang baju (jika ada) ke bagian bawah tas agar tidak berantakan ke luar. Lalu lipat bagian atas dan bawah tumpukan pakaian dengan rapi.

  5. Masukkan bungkusan pakaian tadi ke dalam ransel atau koper yang sudah kamu siapkan, hati-hati ya, biar tidak berantakan.

Bagaimana Kurmate? Mudah bukan mengemas pakaian a la backpacker agar barang bawaanmu lebih ringkas dan efektif? Jika kamu ingin bepergian dan bingung bagaimana mengakali barang bawaan yang banyak, terapkan cara-cara yang sudah Nafoura jabarkan di atas, ya!



back