ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Punya Kebiasaan Pakai Tusuk Gigi Usai Makan? Ternyata Ada Risikonya Lho

21 Jun 2017

Kebiasaan menggunakan tusuk gigi setelah makan memang kerap dilakukan oleh beberapa orang. Apalagi bagi mereka yang memiliki gigi berlubang atau sedikit renggang, di mana kemungkinan terselipnya makanan akan semakin besar. Mencungkil dengan tusuk gigi ini dianggap sebagai cara yang ampuh untuk membersihkan makanan yang tersangkut di antara sela-sela gigi. Padahal, penggunaan tusuk gigi sama sekali tidak disarankan oleh para ahli karena dapat membahayakan kesehatan gigi dan juga gusi.

Jika kamu adalah salah satu yang kecanduan melakukan kebiasaan ini, baiknya kamu ketahui risikonya seperti dilansir Boldsky berikut ini.

Merusak enamel gigi

Enamel atau email merupakan lapisan terluar dari gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan. Enamel ini juga bisa rusak akibat zat asam penumpukan bakteri, maupun terkikis benda lain. Nah, saat kamu menggunakan tusuk gigi, tidak jarang permukaan gigi juga ikut tergesek benda keras yang terbuat dari kayu maupun plastik ini. Lama kelamaan, gesekan ini akan merusak struktur enamel gigi. Jika enamel gigi sudah rusak, maka mahkota gigi pun tidak terlindungi lagi. Alhasil, gigimu akan mudah terkikis dan habis.

Gusi berdarah

Saat sedang asyik mengakali makanan yang terselip di sela-sela gigi, bukan tidak mungkin jika gusimu juga ikut terkena sodokan si tusuk gigi. Permukaan gusi yang tipis dan cukup sensitif ini mudah sekali berdarah jika tertusuk benda runcing, apalagi dengan tekanan yang cukup keras. Akibatnya, gusi akan mengalami pendarahan dan jika diabaikan maka akan menimbulkan penyakit serius seperti penumpukan plak pada gigi hingga pembusukan pada gigi.

Gigi menjadi renggang

Terlalu sering mengulik makanan agar bisa keluar dari sela gigi juga bisa mengakibatkan gigi menjadi renggang. Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, gesekan benda tumpul pada gigi, lama kelamaan akan merusak enamel dan mengikis mahkota gigi. Jika hal ini terus menerus dilakukan, maka lama kelamaan akan tercipta ruang di antara gigi yang justru akan membuat makanan lebih mudah masuk ke dalamnya.

Akar gigi bermasalah

Selain menyebabkan kerusakan pada gusi, lebih jauh penggunaan tusuk gigi juga berdampak negatif pada akar gigi. Gusi merupakan tempat pertumbuhan gigi di mana akar gigi yang menjadi dasarnya. Ketika gusi terlalu sering bergeser akibat penggunaan tusuk gigi, maka akar gigi akan ikut terganggu posisinya. Jika akar gigi ini sampai rusak, rasa sakit dan ngilu pada gigi pun tak terhindarkan lagi.

Bau mulut

Memang, menggunakan tusuk gigi bertujuan untuk mengeluarkan makanan yang tersangkut di sela-sela maupun lubang gigi.  Karena jika makanan ini tidak segera dikeluarkan, maka akan memicu pertumbuhan kuman dan bakteri. Namun ternyata, penggunaan tusuk gigi juga menimbulkan dampak buruk yang sama. Alih-alih mengurangi risiko penyebaran kuman dan bakteri karena makanan yang tertinggal, tusuk gigi pun dianggap sebagai benda asing yang akan memperparah kondisi gigi. Tentunya ini akan menyebabkan bau mulut.

 

Gimana Kurmate, ternyata penggunaan tusuk gigi memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan gigi kita ya? Yuk mulai hentikan pemakaian tusuk gigi. Sebagai solusi, kamu bisa berkumur dengan air atau menyikat gigi setelah makan untuk mengeluarkan makanan yang terjebak di sela gigi, ya!



back