ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Kamu Cowok yang Gampang Jerawatan? Lakukan 7 Hal Wajib Ini Biar Lebih Bersih

23 Jun 2017

Tidak dipungkiri lagi, jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dialami dan menjadi keluhan banyak orang. Ternyata tidak hanya cewek saja, beberapa cowok pun kerap mengalaminya. Seperti yang dilansir dari laman Tempo, Samuel Lukas Simon, dokter spesialis kulit dan kelamin, mengemukakan bahwa tipe kulit berminyak adalah masalah yang dihadapi banyak cowok. Produksi minyak yang berlebih ini dipicu oleh kadar hormon testosteron, yang kemudian menjadi pangkal dari banyak masalah kulit, termasuk jerawat.

Jangan khawatir dulu ya, Kurmate, untuk mengatasi hal ini, Nafoura telah mengumpulkan beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar wajahmu tidak jerawatan. Geser gadget-mu yuk!

 

Hindari makanan yang pedas dan berminyak

Sulit rasanya untuk menolak makanan pedas dan berminyak seperti gorengan, junk food, maupun makanan olahan lain yang kini sedang ramai dijual di pasaran. Padahal, kandungan lemak trans di dalamnya, selain membuat perutmu membuncit, juga memicu kemunculan jerawat.

Seperti yang dikutip dari laman CNN, jika kita mengkonsumsi cabai dalam jumlah yang berlebihan, maka minyak alami yang terdapat dalam cabai akan ditransfer ke dalam kulit dan mengendap pada kelenjar minyak. Hal ini akan memicu produksi minyak di kulit wajah yang berlebih dan menimbulkan jerawat.

 

Perhatikan jam tidur

Jam tidur merupakan salah satu faktor penyebab jerawat yang paling sering diabaikan oleh para cowok. Saat kita tidur, tubuh akan melakukan tugasnya untuk membuang racun-racun dalam tubuh termasuk juga meregenerasi sel-sel kulit. Maka, jika kamu sering tidur larut malam, berarti kamu telah memotong jumlah tidur yang dibutuhkan untuk peremajaan tubuh, seperti yang dilansir dari Buzzle. Biasakan untuk tidur 7-8 jam setiap harinya. Jika kamu mengalami kesulitan tidur atau insomnia, segera cari solusinya agar jam tidurmu tidak terbuang percuma.

 

Berhati-hati dalam mencukur

 

Sebaiknya, kamu lebih berhati-hati saat mencukur, terutama jika kamu sudah punya jerawat di wajah. Mencukur adalah salah satu penyebab di balik masalah jerawat pada cowok. Selalu gunakan pisau yang bersih dan tajam saat bercukur. Sebelum mencukur, gunakan krim pelembap agar kulit tidak teriritasi. Selain itu, jangan melakukan terlalu banyak tekanan pada daerah yang berjerawat karena akan memperburuk kondisi jerawatmu.

 

Pilih sabun wajah yang cocok

Sebelum menggunakan sabun wajah, kenali terlebih dahulu jenis kulitmu. Hal ini dilakukan untuk memilih produk yang mengandung bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulitmu. Seperti yang dilansir dari Mens Health, jika jenis kulitmu berminyak, sensitif atau kombinasi, baiknya pilihlah sabun wajah yang oil free atau berbasis air dan mengandung asam salisilat yang ampuh melawan bakteri penyebab jerawat.

 

Bersihkan wajah dengan teratur

Bukan cuma cewek saja, untuk urusan mencuci wajah cowok juga harus melakukannya minimal sehari 2x ini sangat penting lho, Kurmate. Selain mengangkat kotoran dan debu-debu di wajah, membersihkan kulit juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengelupas kulit. Jika kamu jarang membersihkan kotoran atau debu-debu yang menempel di wajah, terutama sebelum tidur, akan sulit kamu bisa memiliki wajah yang bersih dan bebas jerawat.

 

Menjaga kebersihan rambut

Kurmate, untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah, ada baiknya kamu juga menjaga kebersihan rambut. Caranya adalah dengan rutin mencuci rambut atau keramas tiap dua hari sekali. Kenapa? Dilansir dari laman Livestrong, kotoran dan minyak dari rambut bisa turun dan berpindah ke wajah, leher, punggung dan bahu, terutama saat kamu berkeringat. Usahakan untuk menjaga rambutmu lebih pendek di musim panas untuk mencegah kemunculan jerawat, ya!

 

Mandi usai berolahraga

Cowok lebih banyak memproduksi keringat ketimbang cewek. Itulah sebabnya, setiap saat kamu selesai berolahraga, jangan lewatkan untuk membersihkan badan serta wajah setelahnya. Keringat yang bercampur dengan minyak akan terjebak di pori-pori kulit jika kamu tidak segera membersihkannya. Alhasil, jerawat juga bakal di wajah, bahkan di leher atau bahumu juga.

 

Mulai sekarang, lakukan hal-hal yang telah Nafoura jabarkan di atas ya, Kurmate. Jangan remehkan soal jerawat, karena masalah kulit ini bisa saja terjadi di wajahmu jika kamu tidak rajin merawatnya, lho!



back