ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

#LocalHero: Hore Heroes, Pahlawan Keceriaan Kaum Dhuafa Semarang

22 Jun 2017

Tahukah Kurmate? Nyatanya, nongkrong itu tidak selalu identik dengan aktivitas yang negatif ataupun tidak bermanfaat. Karena ternyata ada pula mereka yang nongkrong sekaligus berpikir tentang bagaimana bisa bermanfaat bagi orang lain. Mungkin itulah definisi singkat untuk menggambarkan awal lahirnya komunitas sosial Hore Heroes di Semarang.

Pada 18 September 2016, koordinator Hore Heroes, Jaduk Gilang, mengatakan, awalnya mereka hanya pemuda-pemudi yang suka nongkrong sambil membahas hal-hal yang kurang bermanfaat. “Tapi lama-lama kepikiran, ‘Daripada nongkrong nggak jelas gini, kenapa nggak ngamal, nyumbang ke panti asuhan, atau drop donasi seperti orang nyumbang pada umumnya?” kata Jaduk.

Akhirnya Jaduk dan kawan-kawan memutuskan membuat sebuah komunitas sosial. Seiring berjalannya waktu, kata Jaduk, mereka merasa ketagihan dengan kegiatan sosial dan jadilah Hore Heroes seperti sekarang ini.

Lebih lanjut, Jaduk menjelaskan tentang makna di balik nama Hore Heroes. Nama unik tersebut ternyata gabungan makna dari perasaan gembira, semangat, dan keceriaan, dengan orang-orang berjiwa pahlawan. Jadi Hore Heroes bisa diartikan sebagai kumpulan orang yang membawa misi untuk berbagi keceriaan kepada orang-orang yang membutuhkan.

“Kami ingin anak-anak muda dapat berbagi keceriaan kepada mereka yang kurang beruntung dan tentunya orang yang membutuhkan, seperti kaum dhuafa dan anak yatim piatu yang diasuh di Panti Asuhan,” tutur Jaduk.

Setiap bulannya, Hore Heroes selalu menggelar kegiatan sosial. Kegiatannya pun tidak hanya sekadar berdonasi, tetapi senantiasa membuat acara keceriaan. “Minimal sebulan sekali, kami biasanya bikin ‘keributan’ (bikin acara keceriaan) yang berbeda di tiap bulannya,” kata Jaduk.

Hore Heroes pun tidak tertutup dengan instansi atau komunitas lain untuk bekerja sama. Belum lama ini, Hore Heroes bekerja sama dengan Sedekah Nasi untuk membagikan paket nasi dengan sasaran utamanya para pekerja jalanan.

Menurut Jaduk, Hore Heroes ingin mengembangkan kegiatan sehingga nantinya tidak hanya menggelar di panti asuhan saja. “Kita pengen memperluas ke target lain. Seperti panti jompo, rumah difabel, mungkin juga rumah para anak jalanan. Sehingga kita bisa lebih, setidaknya ikut merasakan apa yang mereka rasakan,” harap Jaduk.

Dengan segudang latar belakang profesi, minat, dan skill yang dimiliki oleh tiap anggota di komunitas ini, Hore Heroes berharap bisa menjadikannya sebuah uniqueness. Keunikan lain yang dimiliki Hore Heroes adalah kesadaran akan konten.

“Kami berusaha membuat beberapa konten di dalam kegiatan sosial yang kami lakukan dan selalu berbeda-beda setiap bulannya. Di antaranya menyelenggarakan lomba untuk anak-anak, kajian Islam mengundang ustadz, edukasi mengenai hal-hal yang ada di sekitar kita, seperti menanam produk holtikultura, memberikan keterampilan dan merangsang kreatifitas anak-anak untuk kemudian diharapkan dengan itu mampu berwirausaha,” paparnya.

“Intinya, kami juga berusaha untuk terus beristiqomah dan konsisten untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut setiap bulan," tambah Jaduk.

Terbuka terhadap siapapun

Sebagai kordinator Hore Heroes, Jaduk ingin Hore Heroes terus ada sampai kapanpun, dan terus meregenerasi anggota. Jaduk berkata, “Kisah komunitas di mana-mana pasti sama. Anggotanya mungkin akan terus bertambah, dan mungkin juga ada yang mundur karena kesibukan atau prioritasnya.”

Oleh karena itu, Jaduk dan kawan-kawan di Hore Heroes tidak muluk-muluk untuk menggaet anggota baru. Menurutnya, syarat utama sangat sederhana; murah hati, murah senyum, dan senang berinteraksi dengan orang lain. “Karena konsep kita yang selalu berbagi keceriaan, mungkin tiga hal itu yang sudah sewajarnya menjadi syarat utama untuk bergabung dengan kami. Nggak berat kan ya?” ujar Jaduk.

Bagaimana Kurmate? Bagi kamu yang ingin berbagi keceriaan dengan orang-orang yang kurang beruntung, kamu bisa juga melakukannya dengan cara yang paling sederhana lho. Dari kisah Hore Heroes yang telah Nafoura berikan di atas, semoga Kurmate bisa membangun semangat serupa di kota masing-masing. Yuk kita tebarkan keceriaan di sekitar kita, Kurmate!



back