ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Kamu Jarang Minum Air Putih? Siap-siap Hadapi 7 Dampak Mengerikan Ini

20 Jun 2017

Kurmate, tahukah kamu jika 2/3 bagian dari tubuh kita terdiri dari air? Artinya, kita membutuhkan sekitar 60 hingga 70 persen asupan air untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh. Sejak dulu, kita selalu diingatkan untuk rajin minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas per harinya. Disadari atau tidak, anjuran ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Namun, tidak jarang kita kerap meremehkan kebiasaan minum air putih teratur setiap hari hanya karena lupa akibat banyaknya aktivitas yang dijalani. Padahal hal ini sangat fatal akibatnya jika terus menerus terjadi.

Nah, kali ini Nafoura akan memaparkan dampak negatif yang akan kamu alami jika kurang asupan air putih. Seperti yang dikutip dari laman Dr. Health Benefits berikut ini.

 

Peredaran darah terganggu

Darah yang terdiri atas 90% air akan terganggu sirkulasinya jika kekurangan air. Akibatnya, terjadi penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan pergerakan darah menjadi terbatas. Hal ini akan membuat jantung terus berusaha keras untuk memompa darah, maka terjadilah tekanan darah tinggi. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini bisa memicu serangan jantung koroner dan gejala stroke yang mematikan.

 

Hilang konsentrasi dan mudah lupa

Salah satu tugas darah adalah membawa air dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk juga ke otak. Saat peredaran darah terganggu karena kurang cairan, otomatis otak juga akan kekurangan asupan oksigen. Hal ini menyebabkan sel-sel otak menjadi kurang berkembang bahkan tidak aktif hingga menciut. Kondisi ini membuat seseorang kehilangan konsentrasi dan mudah lupa.

 

Merusak ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang paling parah terkena dampak akibat tubuh kurang cairan. Tugasnya untuk menyaring darah yang mengandung limbah serta racun dalam tubuh sangat memerlukan peran air untuk mengangkut zat yang tidak berguna tersebut dalam bentuk urine. Nah, jika tubuh sampai kekurangan air, maka ginjal akan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan limbah dan racun akan menumpuk dalam darah. Lama kelamaan, ini akan menganggu fungsi ginjalmu.

 

Radang otot dan persendian

Tulang rawan persendian terdiri atas kurang lebih 80 persen kandungan air. Asupan air yang cukup akan melumasi gerakan otot dan persendian serta menghaluskan permukaannya. Ketika seseorang kurang minum air putih, maka terjadi gesekan antar sendi yang akan menimbulkan arthritis atau radang sendi. Begitu juga otot yang akan mengempis dan tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan kram otot.

 

Suhu tubuh tidak stabil

Salah satu peran air dalam tubuh adalah menjaga kestabilan suhu tubuh, sehingga enzim dalam sel-sel dapat berfungsi dengan baik. Air juga menyerap panas yang terbentuk karena efek samping metabolisme lalu membuangnya dalam bentuk keringat. Saat mengalami dehidrasi atau kekurangan air, maka tubuh akan berhenti berkeringat alhasil suhunya akan meningkat.

 

Mudah lelah, mengantuk, pusing hingga sakit kepala

Seseorang yang kurang mengonsumsi air putih akan mudah merasakan lelah. Hal ini disebabkan karena suplai oksigen ke darah menurun. Tanpa pasokan oksigen, otot, organ dan fungsi syaraf akan bekerja lebih lambat sehingga menjadikan seseorang merasa mudah lelah dan cepat mengantuk. Begitu pula suplai oksigen ke otak yang terhambat, sehingga mengakibatkan seseorang terasa pusing hingga sakit kepala.

 

Kulit kering dan kusam

Minum cukup air sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit sehat dan bercahaya. Kondisi kulit bisa menjadi lebih buruk jika kadar air kurang terpenuhi hingga menyebabkan dehidrasi. Hal ini terjadi karena resistensi dan fungsi enzim tidak mampu bekerja dengan baik sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar akibat struktur lapisan kulit luar yang memburuk.

Setelah mengetahui dampak negatif yang ditimbulkan akibat kurang minum air putih, yuk biasakan untuk meminum secara teratur tiap harinya!



back