ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Ini Waktu Terbaik yang Disarankan untuk Mandi

03 Jul 2017

Kebanyakan dari kita menjalani aktivitas harian berdasarkan kebiasaan. Mandi misalnya, kita sudah diajarkan untuk membiasakan diri membersihkan badan sebanyak dua kali setiap harinya. Padahal kebiasaan ini belum tentu benar lho. Dr. Ranella Hirsch dalam artikel Essence mengatakan bahwa tidak baik jika kamu terlalu sering mandi setiap hari karena akan mengganggu proses alami yang terjadi di kulit, rambut, dan kuku. Dikutip dari Bustle, berikut Nafoura berikan fakta tentang waktu terbaik untuk mandi berdasarkan kajian ilmiah.

Antara pukul 6-9 pagi

tam-nuoc-am-sau-khi-tam-e1471940041182.jpg

stayathomemum.com.au

Bukan hanya karena tuntutan kebiasaan, mandi pagi terutama di antara pukul 6 hingga 9 memang sangat dianjurkan. Mandi di jam-jam ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan menyegarkan tubuh, terlebih jika menggunakan air dingin.

Di samping itu, mandi di jam-jam ini sangat cocok buatmu yang ingin bercukur. Hal ini dikuatkan dengan pernyataan dari National Center for Biotechnology Information bahwa jumlah trombosit yang meningkat dan proses pembekuan darah sedang aktif-aktifnya di jam ini. Hal ini tentu akan mengurangi kemungkinan terjadinya pendarahan akibat kekeliruan dalam bercukur.

Mandi pagi untuk memicu kreativitas

taking a bath.jpg.838x0_q67_crop-smart.jpg

safebee.com

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan jasmani saja, mandi pagi juga bermanfaat untuk mengaktifkan otak dan memicu kreativitas. Seperti yang diungkapkan oleh Shelley Carson, Ph.D, seorang ahli psikologi, bahwa mandi pagi adalah kunci untuk dapat melakukan pekerjaan yang menuntut kreativitas. Singkatnya, karena lancarnya peredaran darah sebagai manfaat dari mandi pagi, otak yang tadinya dalam masa inkubasi selama kita tidur akan aktif kembali. Otak kembali mendapatkan asupan darah segar yang juga bagus untuk memicu kreativitasnya.

Mandi saat kesulitan tidur

tips-on-how-to-survive-a-sleepless-night-and-a-day-after.jpg

globe-views.com

Jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur ataupun gejala insomnia, mandi adalah solusinya. National Center for Biotechnology Information mengungkapkan bahwa penurunan suhu tubuh yang terjadi setelah mandi air hangat akan sama fungsinya dengan penurunan suhu tubuh alami yang terjadi menjelang tidur sesuai ritme sirkadian. Proses penurunan suhu tubuh ini akan membuatmu perlahan mengantuk. Dikatakan dalam situs kesehatan dan gaya hidup Greatist, menyarankan untuk mandi selama 5-15 menit dengan air hangat yang suhunya tidak lebih dari 40 derajat Celsius untuk membantu mengurangi insomnia.

Mandi malam baik bagi pemilik kulit berminyak

miliki-kulit-berminyak-jangan-lakukan-hal-ini-DPjUojoj8c.jpg

Mandi malam hari ternyata disarankan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak lho. Menurut Bethanee Schlosser, M.D., Ph.D, Asisten Professor Dermatologi dan Direktur Program Kesehatan Kulit Wanita untuk Pengobatan Northwestern, produksi minyak wajah memuncak pada pukul 1 siang, sehingga mandi di malam hari sangat membantu mencegah kemunculan jerawat. Mandi malam hari usai beraktivitas dipercaya akan membersihkan kulit lebih maksimal, menghilangkan minyak, debu dan kotoran yang menumpuk di kulit dengan tuntas.

Mandi tiap 2-3 kali sehari untuk pemilik kulit sensitif

article-new-thumbnail-ehow-images-a00-09-j1-bath-postpartum-800x800.jpg

www.methyme.org

Mendengar fakta ini, tentu banyak dari Kurmate yang tercengang. Sementara kebiasaan yang kita lakukan adalah mandi dua kali setiap hari, justru hasil penelitian menyebutkan bahwa mandi tiap 2-3 kali sehari juga bagus untuk kesehatan, khususnya bagi mereka yang berkulit sensitif. Dr. Joshua Zeichner,

Asisten Profesor Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York dan juga Dokter Kulit Dr. Ranella Hirsch, mengatakan bahwa mandi terlalu sering terutama dengan air panas dapat mengiritasi kulit, membunuh bakteri baik, dan meningkatkan risiko infeksi. Hal ini ditujukan kepada mereka yang memiliki kulit sensitif. Upayakan untuk mengurangi intensitas mandi terlalu sering menggunakan air hangat.

Ternyata banyak manfaat yang akan kamu dapat bila tahu waktu yang tepat untuk mandi. Selain itu, kamu harus sesuaikan dengan rutinitas, ritme alami tubuh, dan seberapa kotor kamu sehingga memerlukan mandi di waktu tertentu. Semoga bermanfaat ya, Kurmate!

 



back