ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Tuntutan Pekerjaan Membuatmu Stres? 5 Makanan Ini Dapat Membuatmu Tenang

04 Jul 2017

Kita semua kadang merasa terbebani stres dalam kehidupan sehari-hari. Masalah tuntutan pekerjaan, misalnya. Hal tersebut kerap kali menempatkan kita pada kondisi stres. Beberapa cara mungkin telah kamu pilih untuk mengurangi stres. Tapi kebanyakan dari kita sering menjadikan jalan-jalan atau traveling sebagai obat stres utama. Padahal memakan makanan yang tepat dapat memberikan kelegaan tersendiri atas rasa stres. Dikutip dari berbagai sumber, berikut Nafoura suguhkan informasi tentang makanan yang mampu mengurangi rasa stresmu..

1. Kacang-kacangan

04-FF-Pistachio 272-ab.jpg

financialtribune.com

Suka ngemil kacang? Apa yang Kurmate rasakan? Lebih rileks, ‘kan? Ternyata, kandungan vitamin B pada kacang ampuh mengurangi stres. “Vitamin B menjaga neurotransmiter kita tetap berada pada kondisi menyenangkan, dan membantu kita mengatasi respons atas datangnya stres,” kata Ellen Albertson, Ph.D., R.D., seorang psikolog di Burlington, sekaligus pendiri smashyourscale.com.

Selain itu, kalium pada kacang juga tidak kalah penting. Ilmuwan dari Penn State menemukan bahwa kacang pistachio dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi tekanan ketegangan yang ada di hati kita.

2. Paprika

Health-Benefits-of-Paprika.jpg

thealthbenefitsof.com

Jeruk sering diidentikan dengan vitamin C yang melimpah, paprika merah memiliki kandungan dua kali lebih banyak lho, Kurmate. Vitamin C dikenal mampu mengurangi stres. Dalam sebuah penelitian di Psychopharmacology, orang-orang yang mengkonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi sebelum terlibat kegiatan perangsang stres (seperti presentasi lisan atau ujian matematika) memiliki tekanan darah yang rendah.

3. Salmon

SV-Salmon-MK3_9397.jpg

chefsteps.com

“Agar diri terjaga dari kecemasan, kita memerlukan omega-3, terutama DHA,” ujar Elizabeth Somer, R.D. Dalam sebuah penelitian di Brain, Behavior and Immunity, orang-orang yang mengkonsumsi suplemen omega-3 harian (yang mana mengandung DHA dan EPA) selama 12 minggu ternyata mampu mengurangi kecemasan mereka sebanyak 20 %. Dalam sebuah laporan Eating Well, kita tidak akan bisa mendapatkan suasana hati yang lebih baik dari hanya mengkonsumsi makanan beromega-3 rendah pada rami, kenari dan kedelai. Makanan terbaik untuk mengurangi stres dan menjaga suasana hati adalah ikan salmon atau ikan-ikan yang kaya akan DHA.

4. Bayam

manfaat sayur bayam.jpg

arbamedia.com

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan magnesium yang dapat memberikan rasa nyaman bagi otak sehingga dapat mengurangi stres. Orang dengan asupan magnesium rendah cenderung memiliki tingkat kecemasan tinggi. “Magnesium membantu mengatur kortisol dan tekanan darah juga," kata Elizabeth Somer, R.D. Karena tubuh akan melepaskan magnesium ketika kita stres, maka sangat penting bagi kita mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium. Selain bayam, sumber magnesium padat lainnya adalah kacang-kacangan dan beras merah.

5. Cokelat

cokelat_20160111_223332.jpg

tribunnews.com

Kurmate, apakah kamu pernah merasakan perasaan lebih tenang saat memakan coklat? Perasaan tersebut mungkin muncul karena sugesti, tapi sebuah penelitian dalam Journal of Proteome Research menunjukan orang-orang yang mengkonsumsi coklat memiliki kadar hormon kortisol dan hormon fight-or-flight yang lebih rendah. Agar pereda stresnya lebih optimal, pilih makanan yang setidaknya 70 persen coklat asli. Tapi tidak dianjurkan juga buat kamu mengkonsumsinya terlalu banyak. Coklat hitam adalah makanan berkalori tinggi, jadi perlu kamu jaga porsi juga ya.

Walaupun rasa stress melanda kamu, jangan khawatir ya. Karena banyak pilihan cara untuk menghadapinya. Semoga dengan daftar makanan di atas tadi bisa bermanfaat bagi Kurmate yang kerap deadlock dengan rasa stres.

 



back