ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Stres Menghadapi Tuntutan Deadline? Ini Tips Menghadapinya

05 Jul 2017

Tidak bisa dipungkiri, semakin dewasa seseorang, maka beban dan tanggung jawab yang ia hadapi juga semakin besar. Pekerjaan adalah satu di antara banyak tuntutan yang harus dipikul oleh mereka yang beranjak dewasa. Hal lain seperti keluarga, hubungan dengan lingkungan sekitar, masalah percintaan, dan juga masa depan, masing-masing menjadi tantangan tersendiri dalam kehidupan. Dilansir dari  Fast Company, berikut Nafoura suguhkan tips bertahan menghadapi tuntutan deadline...

Fokus dengan satu masalah

fokus.jpg

kreativa.co.id

Multitasking terkadang memang perlu. Namun, akan mengacaukan saat kamu sedang dihadapkan pada banyak deadline. Kamu perlu fokus untuk menyelesaikannya satu persatu. Selain agar deadline cepat terselesaikan, fokus diperlukan agar permasalahan atau tantangan yang sedang dihadapi bisa ditangani dengan maksimal. Tidak meninggalkan masalah baru yang bikin kamu jadi kerja dua kali, ‘kan?

Buatlah spekulasi

man-laptop.jpg

www.eharmony.co.uk

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, baik tentang hal-hal positif yang akan menghampiri ataupun masalah yang akan menimpa. Untuk menghadapinya, buatlah beberapa rencana strategi untuk menyikapi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Misalnya, dengan membuat rumus sederhana seperti, “Jika X terjadi, maka saya akan melakukan Y”, begitupun sebaliknya. Lakukan pengandaian ini untuk segala macam kemungkinan yang bisa kamu prediksi sebelumnya.

Jadilah fleksibel

attractive-man-closed-smile_zdirzw.jpg

sheknows.com

Selain harus fokus, Kurmate juga memerlukan fleksibilitas untuk menghadapi deadline. Tidak peduli seberapa hati-hati kita merencanakannya, sadarlah bahwa akan selalu ada kemungkinan bahwa situasi akan berkembang di luar yang telah kita rencanakan. Untuk mengatasinya, kamu perlu menjadi fleksibel. Jangan letakkan segala harapanmu pada apa yang sudah kamu rencanakan. Kamu harus punya kemampuan untuk berpikir cepat dan mengubah strategi sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapkan.

Minta bantuan

Small-Talk-for-Lawyers.jpg

thelawyersedge.com

Jangan letakkan semua beban di pundakmu. Jika kamu sudah merasa tidak sanggup menghadapi segala deadline dan tantangan hidup yang menghampirimu, jangan takut untuk minta bantuan. Terkadang kamu hanya panik karena merasa sendiri dan akan lebih tenang ketika ada seseorang yang membantu meringankan beban pikiran. Percayalah bahwa ada kenyamanan untuk ‘tidak sendiri’ ketika dihadapkan pada masalah.

Atur nafas

breath__large.jpg

portlandtherapycenter.com

Poin satu ini memang sepele, tapi penting. Kapan pun kita sedang cemas, kita cenderung mengambil nafas cepat dan dangkal. Situasi ini biasa disebut hiperventilasi, yang mana membuat kita merasa pusing, panik, dan mengganggu penilaian kita. Cobalah untuk menghirup nafas dalam-dalam melalui hidung, tahan barang 1 detik, lalu lepaskan lewat mulut. Ulangi latihan ini sampai kamu merasa lebih tenang. Cara ini adalah salah satu bentuk meditasi dasar sebagai kunci mengendalikan diri.

Melalui tips-tips sederhana yang telah Nafoura sebutkan di atas, percayalah jika deadline yang sedang kamu hadapi sebenarnya bisa kamu kuasai. Asalkan kamu bisa tenang, maka apapun permasalahannya niscaya akan dapat tertangani dengan baik. Stay positive ya, Kurmate!



back