ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Hati-hati! Ini 4 Jenis Zat Makanan yang Cepat Bikin Perut Buncit

06 Jul 2017

Perut buncit menjadi masalah kesehatan yang tak hanya dialami oleh orang yang memiliki kelebihan berat badan. Mereka yang bertubuh ideal pun dapat memiliki perut buncit. Selain mengganggu penampilan, perut buncit juga dapat berisiko terhadap kesehatan karena menumpuknya lemak yang mengganggu organ di perut. Tak hanya gaya hidup, pola makan juga merupakan salah satu perut membuncit. Untuk mengantisipasinya, kamu perlu menghindari beberapa jenis makanan yang cepat bikin perut buncit, seperti dilansir dari Livestrongberikut.

 

Sirup jagung tinggi fruktosa

Benarkah-Sirup-Jagung-Aman-untuk-di-Konsumsi.jpg

italestari7.blogspot.co.id

Sirup jagung tinggi fruktosa atau high fructose corn syrup (HFCS) merupakan pemanis buatan terbuat dari jagung yang melalui proses pengolahan, biasanya digunakan dalam makanan olahan atau minuman kemasan. Meski merupakan makanan tambahan, namun jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan penumpukan lemak di perut. Hindari jenis makanan yang mengandung fruktosa seperti makanan ringan, permen, terutama minuman bersoda.

 

Karbohidrat olahan

spaghetti_con_filetto_y_albahaca_13_3.6_.56_326X580_.Jpeg

www.vebma.com

Karbohidrat olahan atau refined grain merupakan segala jenis biji-bijian seperti padi, gandum atau barley yang telah diolah dan diproses. Mengonsumsi karbohidrat olahan seperti nasi putih, roti, mi, pancake, maupun pasta, lebih berpotensi menaikkan lemak visceral di perut ketimbang mengonsumsi jenis biji-bijian yang belum diproses (whole grain). Hal ini juga diungkapkan dalam sebuah studi yang membandingkan pengaruh konsumsi refined grain dan whole grain terhadap lemak perut yang tercantum dalam American Journal of Clinical Nutrition.

 

Lemak trans

French-Fries.jpg

kuliner123.com

Lemak trans diproduksi dengan menambahkan hidrogen ke minyak cair untuk mengubahnya menjadi padatan, contohnya adalah margarin dan shortening. Lemak trans ini biasanya digunakan dalam pengolahan makanan cepat saji untuk meningkatkan rasa dan menambah daya simpannya. Jika dikonsumsi berlebihan, lemak trans akan menyebabkan kenaikan berat badan termasuk juga bikin perut buncit, bahkan saat asupan kalori tidak berlebihan. Makanya, mulai sekarang hindari burger, french fries, popcorn, dan makanan cepat saji lainnya yang mengandung lemak trans.

 

Lemak jenuh

minyak-goreng-hitam.jpg

tribunnews.com

Tak hanya lemak trans, lemak jenuh juga cukup berkontribusi dalam menaikkan jumlah lemak di tubuh termasuk juga menyebabkan perut buncit. American Heart Association merekomendasikan agar membatasi konsumsi lemak jenuh, yakni tidak lebih dari 5-6% dari kebutuhan kalori total harian. Lemak jenuh ini biasanya ditemukan pada minyak, daging, susu murni, dan olahannya, termasuk sosis, nugget dan ham. Lebih lanjut, makanan yang mengalami pengolahan dengan cara digoreng dalam minyak banyak sehingga bahan makanan benar-benar terendam minyak, memiliki kadar lemak jenuh yang juga tidak sedikit.

 

Nah, mulai sekarang kamu mesti jeli memilah-milah makanan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan termasuk juga mencegah perut buncit ya, Kurmate!



back