ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

7 Sumber Kalsium Selain Susu. Cocok untuk Kamu yang Intoleransi Laktosa

07 Jul 2017

Kalsium merupakan sumber mineral penting yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tak hanya itu, kalsium juga dibutuhkan tubuh untuk memastikan sel, otot, dan saraf bekerja dengan baik. Salah satu sumber kalsium tinggi yang paling popular adalah susu. Orang dewasa sendiri dianjurkan untuk mengonsumsi asupan kalsium setidaknya 1.000 mg per hari, atau setara dengan 3 gelas susu agar kebutuhan kalsium dalam tubuhnya tetap terjaga.

Namun, bagaimana dengan mereka yang intoleransi laktosa? Atau tidak suka minum susu? Seperti dilansir Health, untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut Nafoura berikan alternatif sumber kalsium selain susu yang bisa kamu konsumsi setiap harinya.

Sayur Kale

easy-kale-recipes-400x400.jpg

Kale termasuk ke dalam superfood, yang kaya akan kalsium, vitamin A, C dan K serta hanya memiliki 30 kalori per porsi. Kale memang belum familiar di Indonesia, sayuran berdaun hijau dan keriting ini masih satu keluarga dengan kubis, kalian, dan brokoli. Menurut Connie M. Weaver, PhD, professor terkemuka dan Kepala Departemen Ilmu Gizi di Purdue University, dalam laman Prevention, kale mentah yang mengandung 201 kalsium, bioavailabilitasnya lebih tinggi daripada susu, sehingga lebih mudah dicerna dan bereaksi dengan enzim di tubuh.

Sarden

Sarden.jpg

resepkoki.id

Tahukah kamu sarden memiliki banyak manfaat? Sekaleng sarden mengandung 888 mg kalsium, lho. Tak hanya itu, sarden juga merupakan sumber vitamin B12 tinggi yang baik sebagai nutrisi utama saraf dan otak. Juga kaya akan vitamin D yang berkontribusi besar bagi kesehatan tulang.

Brokoli

brokoli.jpg

Lagi-lagi sayuran hijau, yang kali ini menyumbang sebanyak 86 mg kalsium dalam 2 cangkirnya. Dan ternyata, brokoli merupakan sumber vitamin C yang 2 kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk, lho. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet brokoli dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan kandung kemih.

Almond

Almonds.png

atkins.com

Almond merupakan salah satu kacang terbaik untuk menunjang kesehatan. Di dalam kacang almond 12 persen asupan protein harian, kaya vitamin E dan potasium. Jenis lemak baik yang terkandung di dalamnya mampu menurunkan kolesterol jahat jika dikonsumsi sesuai takaran. Almond menyumbang sebanyak 75 mg kalsium per ons-nya.

Bok choy

bok-choy-1-1024x669.jpg

thewateringmouth.com

Menurut Dr. Weaver, sayuran yang terkenal dengan kubis Cina ini merupakan satu-satunya sayuran yang memiliki daya serap kalsium tinggi. Setiap 2 cangkirnya mengandung 148 mg kalsium. Kebutuhan vitamin A, vitamin C dan potasium kamu pun dapat terpenuhi dengan mengonsumsi bok choy.

Jeruk

jeruk LR2.jpg

superindo.co.id

Meski terkenal dengan sumber vitamin C, buah jeruk juga bisa kamu konsumsi sebagai asupan kalsium. Takarannya adalah 74 mg dalam satu buah jeruk berukuran besar dan 27 mg dalam secangkir jus jeruk. Buah ini juga kaya akan kandungan antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas dan memelihara kekebalan tubuh.

Tahu

cut-tofu-squares.jpg

authoritynutrition.com

Dikenal sebagai sumber protein nabati, tahu juga merupakan sumber kalsium yang luar biasa. Jumlah takarannya adalah 434 mg per setengah cangkirnya! Siapa sangka, jika mengonsumsi setengah porsi tahu ini setara dengan segelas susu berikut kalsiumnya.

Kurmate, tidak perlu khawatir lagi jika kamu termasuk orang yang intoleransi laktosa atau tidak suka minum susu. Karena makanan-makanan yang telah Nafoura sebutkan di atas pun mampu menyediakan sejumlah kalsium yang berguna untuk pembentukan dan kesehatan tulangmu. Semoga bermanfaat, ya!



back