ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

5 Camilan Sehat Ini Tidak Akan Membuatmu Gemuk

23 May 2017

Camilan biasanya identik dengan makanan ringan yang minim kandungan gizi dan kurang menyehatkan. Dibandingkan dengan nutrisinya, kebanyakan camilan lebih tinggi kadar lemak atau gulanya. Nggak heran, jika camilan dianggap kurang bersahabat bagi kesehatan, khususnya untuk kamu yang sedang diet.

Padahal, ada beberapa camilan yang mengandung banyak serat dan nutrisi penting bagi tubuh lho, Kurmate. Selain mengenyangkan, makanan ringan pilihan ini pun mampu menjaga berat badan dan nggak bikin gemuk. Dikutip dari Health.com, kali ini Nafoura akan berbagi informasi tentang hal tersebut. Penasaran? Geser gadget-nya ke bawah, yuk!

Kacang almond

almonds-in-a-bowl-on-wooden-table-max.jpg

authoritynutrition.com

Bagi Kurmate yang senang ngemil dan nggak bisa berhenti ngunyah, kacang-kacangan sangat cocok buat dijadikan camilan. Selain gampang dibawa kemana-mana, makanan ringan ini juga kaya serat dan protein tinggi. Jenis kacang-kacangan yang paling direkomendasikan untuk dijadikan camilan adalah kacang almond karena khasiatnya yang mampu menstabilkan kandungan gula dalam darah, dan yang paling penting: cepat bikin kenyang.

Ubi jalar

Manfaat-Ubi-Jalar-Ungu.jpg

disehat.com

Ubi jalar dikenal sebagai salah satu makanan sumber kalori seperti halnya kentang, singkong dan jagung. Kandungan seratnya yang tinggi menyehatkan pencernaan dan bikin perutmu kenyang lebih lama. Ubi juga mengandung mineral penting seperti zat besi dan magnesium guna meningkatkan energi yang dibutuhan untuk beraktivitas. Sebaiknya, konsumsi ubi jalar yang diolah dengan cara direbus dan hindari ubi jalar yang digoreng atau diberi campuran macam-macam agar tubuhmu terhindar dari lemak berlebih yang tidak diinginkan.

Smoothies

o-SMOOTHIE-facebook.jpg

huffpost.com

Smoothies dapat dikategorikan sebagai minuman sekaligus makanan ringan karena teksturnya yang lebih kental dari jus dan minuman lain pada umumnya. Jika dibuat dengan cara yang benar, smoothies menjadi sarana yang tepat untuk mengonsumsi buah serta mendapatkan asupan protein dan nutrisi penting lainnya, sekaligus dapat membantu menurunkan berat badan. 

Blender pisang yang sudah matang bersama dengan susu rendah lemak. Jika kamu suka, tambahkan yoghurt dan bubuk kayu manis. Selain mengenyangkan, kandungan pada smoothies bisa meningkatkan energi dan terbebas dari kandungan lemak tak sehat.

Puding

jelly.jpg

partypieces.co.uk

Agar-agar dan jeli menjadi dua bahan utama untuk membuat puding. Teksturnya yang kenyal membuat puding jadi camilan favorit. Puding memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Bahkan jika dikonsumsi secara teratur, puding ternyata bisa membuat tubuh langsing. Sebaiknya hindari mengonsumsi puding yang berlabel bebas lemak karena biasanya justru mengandung sodium dan bahan pemanis buatan yang berbahaya bagi kesehatan.

Kurma

dates-skin-benefits-1.jpg

stylecraze.com

Kurma mengandung banyak serat larut dan kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat ini menarik air ke saluran pencernaan yang akan membuatnya berjalan dengan lancar. Selain baik untuk pencernaan, serat dan antioksidan yang terdapat pada daging buahnya juga membantu meningkatkan energi. Uniknya lagi, kurma juga menguatkan bakteri baik di perut lho, Kurmate! Buah yang identik dengan bulan Ramadan ini juga bebas kolesterol dan memiliki sedikit lemak, sehingga cocok jadi pilihan camilan.

Nah, mulai sekarang Kurmate nggak perlu khawatir lagi untuk mengonsumsi camilan. Asalkan pintar memilih makanan ringan yang tepat, maka selain kesehatan tubuh tetap terjaga, badan pun jadi tidak gampang gemuk. Selamat mencoba!



back