ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Jerawat Muncul Tiba-tiba? Siasati dengan 9 Cara Ini

15 May 2017

Kurmate, pernahkah kamu tiba-tiba menemukan jerawat di wajah saat bangun tidur? Padahal, di hari-hari sebelumnya bahkan sebelum tidur pun, tidak ada satu pun jerawat baru yang muncul di wajah. Kemunculan jerawat baru ini tentu saja bikin kamu kesal dan nggak habis pikir, kok bisa ya? Ya, yang namanya jerawat memang tidak bisa disepelekan. Sedikit saja kita lengah, maka ini seperti kesempatan emas untuk jerawat bisa mampir ke wajah.

Nah, Nafoura akan membagikan beberapa cara mudah yang bisa dilakukan sebelum tidur untuk mencegah jerawat bermunculan keesokan harinya. Simak dan praktikkan triknya berikut ini.

 

1. Rajin cuci muka sebelum tidur

Cuci muka sebelum tidur itu wajib hukumnya. Ritual ini akan mengangkat debu dan kotoran di wajah sekaligus mencegah kemunculan jerawat. Sebelum memulai ritual ini, pastikan kamu sudah mencuci bersih tanganmu dengan sabun antiseptik. Cara ini dimaksudkan untuk mematikan kuman dan kotoran yang ada di tangan dan mencegahnya agar tidak berpindah ke ke wajah.

 

2. Jika perlu, gunakan masker wajah

Jika wajahmu memang punya masalah kulit berminyak yang perlu perawatan khusus, maka menggunakan masker merupakan salah satu metode yang cocok dan bisa diterapkan untuk mencegah dan juga mengatasi jerawat saat bangun tidur. Kamu bisa memilih masker alami seperti alpukat, jeruk nipis, putih telur ataupun masker tomat yang memang punya khasiat untuk mengurangi minyak di wajah. Karena, di saat kamu tidur, kulit lebih bisa menyerap kandungan masker yang digunakan.

 

3. Hindari membawa ponsel ke tempat tidur

Kurmate, tahu tidak? Seperti yang dilansir dari laman Today, ternyata ponsel termasuk benda yang paling banyak disinggahi bakteri - yang bisa dengan mudah berpindah ke wajah lewat jari-jari tanganmu. Untuk mengantisipasinya, sebisa mungkin hindari menyentuh ponsel dan membawanya ke tempat tidur. Jika terpaksa, selalu ingat untuk mencuci tangan setelah menggunakannya. Oh iya, bersihkan juga ponsel dengan tisu basah beralkohol secara berkala ya!

 

4. Hindari ngemil sebelum tidur

Baiknya hentikan aktivitas makan satu hingga dua jam sebelum tidur. Selain tidak baik untuk pencernaan, ngemil sebelum tidur juga berpotensi memunculkan jerawat di wajah. Seperti yang dikutip dari laman Facing Acne, makanan-makanan seperti cokelat, kacang-kacangan, kedelai, makanan berminyak atau berlemak akan memicu peningkatan sebum di kulit wajah yang nantinya berpotensi memunculkan jerawat.

 

5. Biasakan minum air putih secara teratur

Tidak hanya mengupayakan pencegahan wajah berjerawat dari luar, dengan meminum air putih secara teratur, akan membantu proses munculnya jerawat dari dalam tubuh lho. Hal ini dikarenakan, air putih mengandung mineral yang sangat berguna untuk menutrisi kulit. Selain itu, minum air putih akan membantu proses keluarnya racun dari dalam tubuh serta pori-pori kulit. Hal ini tentu akan sangat berguna untuk mengeluarkan toksin serta kotoran yang selama ini menyumbat dan menjadi penyebab utama jerawat. Memang hanya dengan mengonsumsi air putih, masalah kulit bisa segera lenyap.

 

6. Menata rambut saat hendak tidur

Kelihatannya memang sepele, namun menata rambut saat hendak tidur sangatlah penting untuk mencegah munculnya jerawat di wajah. Usahakan agar jangan ada rambut yang menyentuh wajah ketika akan tidur di malam hari. Apalagi jika beberapa hari kamu belum keramas. Seperti yang dikutip dari laman Clear Skin Study, minyak pada rambut bisa saja turun ke wajah ketika kamu sedang tertidur dan membuat wajah menjadi semakin berminyak saat kita terbangun di pagi hari. Nggak jarang, minyak yang berlebih di wajah ini juga menimbulkan jerawat keesokan harinya.

 

7. Mengganti sarung bantal tidur secara berkala

Karena sarung bantal jadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan bakteri, sarung bantal harus terjamin kebersihannya. Kotoran, debu dan minyak dari rambutmu juga bisa terakumulasi di sarung bantal. Seperti dikutip dari laman Today, usahakan untuk selalu mengganti sarung bantalmu secara rutin minimal dua kali dalam sebulan. Kamu juga bisa gunakan sarung bantal berbahan serat alami seperti katun atau satin yang nggak menyerap kelembapan kulit dan mengurangi gesekan kulit dengan kain.

 

8. Hindari tidur dalam posisi miring

Dalam laman Huffington Post, posisi tidur juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Salah satunya adalah tidur miring ke salah satu sisi yang akan membuat wajah mengalami kontak langsung dengan permukaan bantal. Jika bantal yang kamu gunakan tidak cukup bersih, tentu akan memicu lebih banyak jerawat yang muncul. Sebaiknya, hindari tidur dengan posisi miring ke kiri atau ke kanan. Biasakan untuk tidur dalam posisi telentang dan tinggikan kepala dengan bantal untuk menghilangkan efek mata bengkak di pagi hari. Cara ini juga baik untuk mencegah munculnya kerutan kulit.

 

9. Atur waktu tidur agar berkualitas

Tubuh punya jam biologis yang perlu kamu perhatikan agar kita terhindar dari berbagai gangguan, termasuk juga jerawat sebagai masalah kulit wajah. Kamu perlu beristirahat selama 7-8 jam untuk mendapatkan jam tidur yang berkualitas. Buang jauh-jauh kebiasaan begadang atau tidur larut malam agar kulit wajah bisa beregenerasi dengan maksimal. Selain itu, baiknya hindari kebiasaan membawa masalah di tempat tidur. Karena stres yang berlebihan bisa membuat produksi minyak di kulit meningkat dan menimbulkan jerawat.

 

Nah, Kurmate, cara-cara di atas bisa kamu praktikKan untuk mencegah jerawat mampir di wajah saat bangun tidur. Semoga membantu ya!



back