ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Kurmate, Hati-hati Salah Pilih Sabun Mandi!

05 May 2017

Sabun mandi merupakan bagian dari produk perawatan tubuh yang menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Selain untuk membersihkan tubuh dari bakteri, menggunakan sabun saat mandi juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Memang, setiap orang memiliki preferensi sendiri dalam memilih sabun mandi yang ingin digunakannya. Sayangnya, tidak semua orang cocok dengan produk sabun yang dimilikinya. Bukannya menjaga kesehatan tubuh, keliru memilih sabun mandi justru akan memperparah kondisi kulitmu.

Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu kenali terlebih dahulu jenis kulitmu sebelum memilih produk sabun mandi yang akan digunakan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa sabun tersebut bukan hanya sekadar membersihkan kotoran dari tubuh, tapi juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan terawat.

Nafoura akan menjelaskan macam-macam jenis kulit berikut jenis sabun mandi yang cocok untuk kamu gunakan sehari-hari. Simak, ya!

 

Kulit kering

Jika kulitmu cenderung terlihat kusam, berkerut, bersisik, mudah gatal dan mengalami iritasi, maka kamu memiliki jenis kulit kering. Seperti yang dilansir dari laman Alodokter, bahwa kebanyakan sabun mandi akan menghilangkan minyak alami pada tubuh, meskipun berguna untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri. Hilangnya minyak alami ini akan menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah iritasi. 

Untuk mengatasinya, gunakan sabun berjenis body wash atau shower gel yang mengandung moisturizer atau pelembap alami seperti minyak bunga matahari, cocoa butter, atau minyak zaitun. Hindari menggunakan sabun batang yang mengandung sodium hidroksida karena kulitmu akan semakin kering dibuatnya.

 

Kulit berminyak

Ciri-ciri kulit berminyak adalah pori-pori yang melebar dan terlihat mengilap. Keuntungannya, kulitmu lebih elastis dan dipercaya awet muda. Tapi di sisi lain, kulit yang terlalu berminyak akan membuat bakteri berkembang biak lebih cepat.

Seperti yang dilansir dari laman Beautynesia, kamu bisa gunakan gunakan sabun berjenis shower gel antibakteri untuk mencegah hal ini. Kandungan lavender atau chamomile dalam sabun juga sangat bagus untuk mengontrol produksi minyak di kulit, lho.

 

Kulit normal

Jenis kulit normal memang diidamkan oleh setiap orang. Jenis kulit ini tidak kering tapi juga tidak terapat minyak berlebih. Selain itu, pori-pori kulitnya tidak begitu terlihat karena ukurannya yang kecil sehingga kondisi kulitnya tampak kenyal dan bersinar.

Kamu tidak memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kesehatan kulitmu. Dalam laman Alodokter telah dijelaskan bahwa sabun berjenis body wash cocok untuk kamu gunakan karena cenderung lebih cair dibandingkan dengan shower gel yang bertekstur kental. Pilihlah body wash yang mengandung pelembap ringan seperti petrolatum yang berguna menjaga kulit tetap lembut.

 

Kulit sensitif

Kulit sensitif biasanya sering ditandai dengan gejala gatal, terbakar, kering, dan kemerahan. Selain itu, kulit sensitif juga lebih mudah terkena iritasi jika terlalu lama terpapar sinar matahari langsung atau karena kotoran yang menumpuk. 

Sabun mandi yang cocok untukmu adalah sabun dengan tanpa atau hanya sedikit mengandung parfum atau pewangi. Sabun mandi dengan parfum umumnya ditambahkan dengan alkohol yang bisa membuat kulit kering dan mengalami iritasi. Termasuk juga sabun dengan kandungan bahan antibakteri dan deodorant, seperti yang dilansir dari laman Livestrong. Pastikan sabun yang kamu pilih memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang (pH balanced).

 

Kulit kombinasi

Kulit berjenis kombinasi dicirikan dengan kulit yang terasa kering, bersisik dan mudah teriritasi di bagian tertentu, namun juga terasa berminyak di area lain. Karena terdiri dari kulit kering dan berminyak, pemilihan sabun menjadi agak repot karena harus disesuaikan dengan masing-masing kondisi kulitnya. Berdasarkan informasi yang didapat dari laman Alodokter, pilihlah sabun yang mengandung pelembap dan non alkohol untuk area kulit kering. Sementara itu, kamu memerlukan sabun yang mengandung benzoil peroksida untuk mencegah peradangan atau kemunculan jerawat pada area kulit yang berminyak.

 

Nah, mulai sekarang Kurmate bisa mengenali jenis kulit tubuh sekaligus memilih sabun mandi yang cocok untuk merawatnya, bukan? Jangan salah beli lagi, ya!



back