ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Apa Penyebab Telinga Kita Tersumbat Saat Naik Pesawat?

10 Jul 2017

Kumate, pernahkah kamu merasakan telinga yang tersumbat, berdengung bahkan sakit saat naik pesawat? Jangan panik dulu, hal ini merupakan kondisi normal yang biasa menyerang hampir setiap orang. Permasalahannya adalah karena adanya perbedaan tekanan udara.

Dilansir dari KLM Blog, ketidakseimbangan tekanan udara ini kemudian memengaruhi keseimbangan tubuh yang merupakan salah satu fungsi dari organ telinga yang terhubung dengan tenggorokan dan juga hidung. Kondisi tubuh kita pun terkena dampak yang mengarah pada timbulnya sumbatan, berdengung hingga rasa nyeri di telinga yang berkesinambungan.

 

Saat pesawat mulai lepas landas

30e56bef4fce943be60f52b45fda9fda.jpeg

baidu.com

Saat pesawat mulai naik, tekanan udara di dalam kabin turun secara bertahap hingga pesawat berada pada ketinggian jelajah untuk bisa terbang dengan nyaman. Karena tekanan udara ini akan lebih rendah daripada di permukaan tanah, artinya beberapa udara yang terperangkap harus dilepaskan dari bagian dalam telinga agar seimbang.

Jika tidak, tekanan yang lebih tinggi akan menyebabkan gendang telinga menonjol keluar. Tabung eustachius yang berada di bagian dalam telinga lah yang berperan dalam melepaskan sisa udara yang terperangkap.

 

Saat pesawat akan mendarat

120111043618-plane-landing-cross-winds-story-top.jpg

Ketika tiba di situasi ini, tekanan udara dalam kabin secara bertahap akan meningkat. Tekanan udara yang meningkat ini pun akan mendorong gendang telinga masuk ke dalam. Untuk mengatasi hal ini, tekanan udara di sisi lain gendang telinga, yakni di bagian dalam telinga juga harus meningkat agar seimbang. Agar kondisi ini bisa tercapai, udara harus dihisap melalui tabung eustachius.

Entah saat pesawat lepas landas ataupun mendarat, peregangan gendang telinga tetap akan menimbulkan rasa nyeri. Selama proses ini, gendang telinga otomatis tidak bisa bergetar. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa pendengaranmu menurun dan suaramu yang teredam, termasuk juga telinga yang tersumbat, berdengung maupun nyeri.

Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan beberapa cara berikut, dilansir dari Healthy Hiring.

 

Menelan

1437758308742.jpg

foxnews.com

Cara sederhana ini akan merangsang terbukanya saluran telinga, sehingga tekanan udara yang terperangkap bisa keluar dari dalam telinga. Begitupun udara akan lebih mudah masuk saat tekanan di bagian dalam telinga terlalu rendah. Dengan ini, telinga tersumbat dan rasa nyeri pun bisa diminimalisir.

 

Mengunyah permen karet

woman-putting-piece-of-gum-into-mouth.jpg

foxnews.com

Mengunyah permen karet ataupun menghisap permen yang padat akan merangsangmu untuk sering menelan untuk membantu menyamakan tekanan udara.

 

Gerakan menutup hidung dan mulut

maxresdefault.jpg

Coba lakukan teknik menahan napas dengan menutup hidung mulut secara bersamaan dalam waktu yang bisa kamu tolerir. Kemudian bukalah hidung dan mulut lantas kembali menghirup udara seperti biasanya. Jika cara ini berhasil, maka secara otomatis udara yang terperangkap dalam saluran telinga akan bisa keluar dengan sendirinya.

 

Bagaimana Kurmate, sudah terjawab ‘kan rasa penasaranmu saat naik pesawat? Jangan lupa bawa Kurma Water untuk menemani kamu jalan-jalan ya!





back