ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Jangan Buang Kulit Pisang! Banyak Manfaat di Baliknya

13 Jul 2017

Pisang adalah buah yang terkenal kaya akan kandungan kalori, gula alami, serat dan protein yang punya manfaat mengenyangkan. Nggak heran jika buah ini kerap digunakan sebagai menu sarapan pagi. Kebanyakan orang terbiasa membuang kulit pisang setelah mengonsumsi buahnya. Padahal, kulit pisang punya beberapa manfaat yang tidak banyak diketahui. Meski tidak selalu punya alasan ilmiah, banyak orang yang sudah membuktikan keabsahan khasiat dari kulit pisang ini lho. Simak ulasan Nafoura yang dikutip dari Diply yang ditulis oleh Erin C. berikut.

 

Memutihkan gigi

home-remedies-header.jpg

teethwhiteningathometips.com

Kandungan kalium dalam kulit pisang bisa membantu memutihkan gigi. Untuk mengaplikasikannya, pilihlah pisang matang yang kadar potasiumnya optimal. Ambil kulitnya, lalu gosokkan bagian dalam kulit pisang ke permukaan gigi hingga benar-benar terlapisi pasta pisang. Biarkan selama sekitar 10 menit, lalu bersihkan gigi dengan menyikatnya dengan pasta gigi.

 

Menghilangkan jerawat dan kerutan di wajah

power-of-smile_0.jpg

womenshealth.com

Menggosokkan bagian dalam kulit pisang di wajah yang berjerawat juga bisa membantu menghilangkan jerawat tersebut. Pun berkhasiat untuk mengurangi kerutan yang mengganggu penampilan. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat di dalamnya meningkatkan produksi kolagen dan membantu sirkulasi darah pada kulit yang bermasalah.



Meringankan gatal akibat gigitan nyamuk

mosquitos-cropped.jpg

aaaai.org

Meski tidak ada bukti ilmiah yang mendukung, banyak orang yang percaya bahwa menggosok bagian dalam kulit pisang dapat mengurangi rasa gatal dan meminimalisir pembengkakan akibat gigitan nyamuk. Kandungan di dalam pisang dapat menarik cairan liur nyamuk yang tertinggal di kulit yang menjadi penyebab gatal.



Mengilapkan sepatu

1542317_41f99d0c-7157-11e2-9bb6-f7b22523fab8.jpg

tokopedia.net

Kulit pisang merupakan bahan alternatif pengganti semir sepatu. Cukup dengan menggosokkan kulit bagian dalam ke permukaan sepatu dan dibersihkan dengan kain, maka sepatu akan tampak mengilap seperti habis disemir. Potasium dan minyak alami yang terdapat di dalam kulit pisanglah yang menjadi agen pembersihnya.



Menyembuhkan luka

Obat-Luka-Di-Lutut-Kaki.jpg

ramuanobatluka.com

Menurut Dr. Oz, kulit pisang bisa membantu menghilangkan goresan luka. Caranya, tutupi goresan tersebut dengan bagian dalam kulit pisang lalu kencangkan dengan plester, biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Kandungan dalam kulit pisang akan membantu mengaktifkan enzim yang melembutkan kulit dan menghilangkan luka goresan secara perlahan.

 

Menyingkirkan kutu daun

ciri-ciri-daun-afrika.jpg

khasiatdaun.com

Beberapa tukang kebun percaya bahwa kulit pisang membantu mengendalikan penyebaran kutu daun. Caranya mudah, tinggal potong-potong kulit pisang lalu sebarkan ke sekitar tanaman. Atau, kamu juga bisa melakukannya dengan mengubur kulit pisang di sekitar tanaman. Lihatlah, kutu daun tidak akan kembali menyerang tanaman kesukaanmu lagi.

 

Ternyata kulit buah sekalipun memiliki banyak manfaat tersembunyi ya,  KUrmate… Jadi, masih mau membuang kulit pisang secara cuma-cuma?



back