ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

4 Risiko Negatif Jika Tidur Bareng Handphone

18 Jul 2017

Kurmate, punya kebiasaan meletakkan handphone di dekatmu saat tidur? Jika iya, yuk hentikan kebiasaan buruk ini mulai dari sekarang. Handphone menghasilkan pancaran radiasi yang punya dampak buruk bagi kesehatan. Dalam laman Step to Health, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa perangkat elektronik pada umumnya menghasilkan efek toksik yang berbahaya bagi kesehatan, bahkan meningkatkan kemungkinan terkena kanker. Berikut bahaya yang ditimbulkan oleh radiasi yang perlu kamu waspadai, seperti dikutip dari Health. Check this out!

Mengganggu ritme tidur

168855_menggunaka-gadget-saat-tidur.jpg

zvrya.blogspot.co.id

Handphone, termasuk juga tablet, TV, dan gadget lainnya dengan layar LED, mengeluarkan lampu biru yang dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hormon melatonin sendiri merupakan hormon yang dibutuhkan tubuh untuk bisa tidur nyenyak. Jika hormon melatonin sudah terganggu, maka otomatis ritme sirkadian kita juga terganggu. Akibatnya, kamu akan sering terbangun, tidur menjadi tidak nyenyak, atau tidak jarang kamu mengalami sakit kepala saat bangun pada pagi hari.

Berpotensi menyebabkan kanker

T_0417_cancer-results_486463654_A.jpg

www.nhs.uk

Pancaran radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh handphone dapat menyebabkan pertumbuhan tumor. WHO telah memperingatkan pada tahun 2011 bahwa radiasi ini bersifat karsinogenik bagi manusia, terutama bagi anak-anak, yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih kecil dan lebih rentan terhadap radiasi. Namun, tidak menutup kemungkinan efek ini juga bisa menyerang anak muda yang sehari-harinya berkutat dengan handphone, terlebih jika menjadikannya sebagai teman tidur.

Merusak otak

different-headaches-400x400.jpg

health.com

Dilansir dari Online Sense, Dr. Devra Davis, seorang ahli kesehatan lingkungan menyatakan bahwa pancaran radiasi dapat menyebabkan kerusakan otak. Molekul-molekul dalam radiasi ini akan melemahkan pelindung otak dan melepaskan radikal bebas yang sifanya reaktif dan merusak. Karena jika otak sudah terkontaminasi radiasi, maka bukan tidak mungkin jika kecerdasan akan menurun, menjadi pelupa, hingga cepat terkena penyakit demensia.

Risiko terbakar dan meledak

Sleep-smartphone-714258.jpg

express.co.uk

Terutama handphone yang diletakkan di bawah bantal dan dalam kondisi menyala, akan lebih berpotensi menyebabkan ledakan. Suhu handphone yang tertutup oleh bantal akan meningkat dan kemudian memicu adanya konsleting dan kemudian terjadi percikan api sehingga bisa meledak ataupun terbakar. Serem juga ‘kan, Kurmate?

Jadi gimana Kurmate, setelah membaca artikel ini, kamu masih mau menjadikan handphone sebagai teman tidur? Ada baiknya letakan handphone atau smartphone dari tempat tidurmu minimal 2 meter jaraknya. Semoga bermanfaat!



back