ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

6 Manfaat Tak Terduga dari Konsumsi Jeruk Nipis

19 Jul 2017

Sebagian besar buah yang rasanya asam kaya akan vitamin C. Begitu pula dengan jeruk nipis. Biasanya jeruk nipis kita kenal sebagai salah satu bumbu pelengkap masakan, padahal sebenarnya buah ini cocok sebagai campuran air minum untuk dikonsumsi sehari-hari. Di balik rasanya yang menyegarkan, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan. Beberapa di antaranya telah Nafoura rangkum seperti yang telah dilansir dari Livestrong berikut. Yuk langsung scroll ke bawah!

Pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh

time-health-stock-meditation.jpg

health.com

Mengonsumsi jeruk nipis membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C, yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Menurut studi yang dilakukan University of Maryland Medical Center, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis mampu memperbaiki serta memelihara tulang dan gigi.

Selain itu, USDA melaporkan bahwa secangkir jus jeruk nipis segar mengandung 72,6 mg vitamin C yang juga membantu tubuh memproduksi kolagen, yakni protein yang berperan aktif dalam produksi pembuluh darah, kulit, tendon, ligamen dan tulang rawan.

Berfungsi sebagai antibiotik

closeup-of-smiling-woman-making-frame-gesture_1262-1764.jpg

freepik.com

Jeruk nipis mengandung senyawa aktif unik yang disebut flavonol glycosides, yang tidak hanya menawarkan antikanker dan manfaat antioksidan, namun juga memiliki sifat antibiotik. Sifat antibiotik yang dikandungnya terbukti melindungi terhadap kontraksi kolera, suatu penyakit yang menyebabkan bakteri yang disebut Vibrio cholera. Penelitian yang dipublikasikan di Tropical Medicine and International Health, menunjukkan bahwa minum jus jeruk nipis melindungi tubuh dari serangan penyakit, terutama penyakit kolera.

Mencegah kanker

1285_tageswellness_wellness_kiel_x48_y47_530x353.jpg

hotel-birke.de

Jeruk nipis diketahui memiliki manfaat anti karsinogenik. J. Robert Hatherill Ph.D, seorang ilmuwan riset, menyebutkan bahwa jeruk nipis mengandung beberapa senyawa anti kanker alami yang disebut flavonoid. Dalam bukunya berjudul ‘Eat to Beat Cancer’, disebutkan bahwa jeruk nipis memiliki efek anti kanker yang mencegah invasi sel kanker. Senyawa ini juga ampuh dalam menghambat pertumbuhan sel tumor lho Kurmate.

Detoksifikasi tubuh

Alexa.jpg

blogspot.com

Jeruk lime mengandung 8 jenis liminoid yang berbeda. Liminoid merupakan senyawa yang membantu aktivitas enzim dalam hati yang disebut glutathione-S-transferase atau GST, menurut Hatherill. Enzim hati ini berfungsi mendetoksifikasi berbagai bahan kimia penyebab kanker. Enzi mini menonaktifkan zat kimia berbahaya tersebut lantas mengeluarkannya dari tubuh bersamaan dengan urin.

Melancarkan BAB

health-wellness.jpg

juliansherman.net

Asam sitrat alami yang terkandung dalam jeruk nipis mampu memecah molekul makro dalam makanan. Kandungan flavonoidnya merangsang system pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam. Flavonoid ini jugalah yang merangsang gerakan peristaltik, yakni gerakan yang terjadi pada otot-otot saluran pencernaan yang memudahkan makanan masuk ke dalam saluran pencernaan. Karenanya, jeruk nipis terkenal sebagai obat pencahar alami yang baik dan tanpa efek samping.

Menurunkan berat badan

être-soi-meme.jpg

indicescibles.blogspot.co.id

Dilansir dari Organic Facts, segelas air hangat dengan jus jeruk nipis di dalamnya adalah minuman diet yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Asam sitrat yang ada di dalamnya adalah pembakar lemak yang sangat baik. Kamu bisa mengonsumsi 2 gelas campuran air hangat dan jeruk nipis dalam sehari. Lalu lihat hasilnya dalam seminggu.

Manfaat-manfaat yang telah Nafoura sebutkan di atas hanyalah beberapanya saja, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi jeruk nipis maupun lewat campuran air perasannya. Bagaimana Kurmate, tertarik untuk mengkonsumsi jeruk nipis setiap hari? Jangan lupa cobain varian baru Kurma Water Lime ya!

 



back