ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Biar Tidak Cedera Saat Berolahraga, Jangan Sepelekan 6 Hal Ini

20 Jul 2017

Apa pun tujuannya, berolahraga adalah aktivitas yang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun yang pasti, kita tidak ingin mengalami cedera setelah melakukannya. Mengalami cedera alias kerusakan pada struktur atau fungsi tubuh karena sesuatu paksaan, tekanan fisik atau kimiawi akan mengganggu aktivitas kita, termasuk juga terkendala untuk kembali berolahraga. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Orthopedic Surgeons menunjukkan bahwa tingkat cedera dapat dikurangi hingga 25 persen jika atlet mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Dan dilansir dari Verywell, berikut Nafoura berikan tips untuk menghindari cedera saat berolahraga...

Siapkan kondisi fisik yang tepat

Sebelum berolahraga, kamu perlu mempersiapkan kondisi fisik yang kondusif. Jika badanmu tidak cukup fit untuk berolahraga, terlalu capek atau sebagainya, maka bukannya sehat dan bugar yang akan kamu dapat. Sebaliknya, kemungkinan kamu akan mengalami cedera makin besar.

Istirahatkan badanmu setidaknya beberapa jam sebelum memulai olahraga, atau tidak melakukan aktivitas yang berat di hari kamu akan berolahraga. Hal ini akan membantu memulihkan tenaga dan mempersiapkan fisikmu untuk bisa digerakkan dan mendapatkan manfaat yang diharapkan dari olahraga.

Ketahui dan patuhi aturan olahraga

Run Friends 580.jpg

active.com

Setiap jenis olahraga, khususnya olahraga yang sifatnya kompetitif, memiliki aturannya masing-masing. Aturan ini dirancang untuk menjaga tubuh agar tetap aman. Aturan ini juga berlaku bagi siapapun yang akan memulai olahraga. Maka, sebaiknya kamu ketahui dan patuhi aturan main yang berlaku. Jangan sekali-kali kamu melanggar aturan yang telah ditetapkan agar tubuhmu terhindar dari cedera ya Kurmate.

Pakailah perlengkapan pelindung yang sesuai

the-girls-2012-swimbikerun-gear-i-use-list-7.jpg

dcrainmaker.com

Seperti halnya aturan, beberapa jenis olahraga tertentu juga memiliki peralatan atau perlengkapan yang wajib dikenakan. Seperti misalnya helm; bantalan leher, siku, dada atau lutut; kacamata; sarung tangan, jenis sepatu atau lainnya. Penggunaan perlengkapan ini juga perlu dipatuhi dan jangan disepelekan. Jika kamu menggunakan running shoes untuk bermain basket, kemungkinan terkena ankle pun lebih besar ketimbang kamu menggunakan sepatu basket dengan potongan yang lebih tinggi melebihi mata kaki.

 

Pemanasan itu wajib hukumnya

Dynamic Warm Up.jpg

active.com

Sudah jadi aturan umum, bahwa sebelum berolahraga kita harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh, melemaskan otot, mempersiapkan diri secara mental, dan juga mencegah cedera. Pemanasan yang dilakukan tergantung dari olahraga yang akan dilakukan. Misalnya, jika kita akan berenang, maka pemanasan yang perlu dilakukan seperti latihan pernafasan serta peregangan tangan dan kaki.

Istirahat

runner3.jpg

odzadu.startitup.sk

Olahraga juga butuh istirahat. Kebanyakan atlet dengan intensitas latihan yang tinggi beranggapan bahwa mereka akan bermain semakin baik serta berpotensi kecil untuk cedera. Padahal, atlet dengan intensitas latihan yang terus menerus tanpa latihan justru lebih tinggi berpotensi cedera lho!

Jika lututmu sudah terasa sakit, ini tandanya kamu perlu memulihkannya. Jangan sungkan untuk memberi jeda waktu tubuhmu untuk beristirahat agar terhindar dari kelelahan otot, hilang konsetrasi, termasuk juga cedera.

Melakukan pendinginan

warming-up-and-stretching.jpg

jacquelyndkirkland.wordpress.com

Tidak hanya pemanasan, pendinginan usai melakukan olahraga juga sama pentingnya. Pada momen berolahraga, otot akan bekerja dan meningkatkan kemampuan dan kecepatan metabolismenya untuk berusaha memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan. Lalu, sisa metabolisme tersebut menciptakan asam laktat yang bisa menyebabkan kelelahan pada otot-ototmu.

Pendinginan akan mengurangi penumpukan asam laktat ini sehingga mengurangi potensi cedera. Selain itu, pendinginan juga berguna untuk mendapatkan kembali kondisi tubuh yang maksimal setelah berolahraga.

Jadi Kurmate, sebaiknya jangan kamu sepelekan cara-cara sederhana yang perlu dilakukan sebelum dan setelah olahraga ini, ya. Selain memaksimalkan manfaat dari olahraga yang diharapkan, juga penting untuk mencegahmu dari cedera. Selamat berolahraga, Kurmate!

 



back