ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Mau Menurunkan Berat Badan? Ini Waktu Terbaik Berolahraga

24 Jul 2017

Tidak hanya untuk tujuan kebugaran, olahraga juga dimanfaatkan oleh orang yang sedang menjalankan programdiet untuk mencapai berat badan yang ideal. Penting bagi mereka untuk mengetahui informasi tentang waktu terbaik berolahraga guna mencapai tujuannya; menurunkan berat badan. Kira-kira kapan ya waktu yang tepat? Yuk simak penjelasannya, Kurmate!

Pagi hari sebelum sarapan adalah waktu yang disarankan

2016-08-07-1470611179-5139689-MorningRun.png

huffingtonpost.com

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Steve Boutcher, Direktur Laboratorium Fat Loss di University of NSW, menunjukkan bahwa jika kamu ingin mengurangi lemak di tubuh, maka waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari sebelum sarapan pagi, seperti yang dilansir dari Total Well Being Diet.

Profesor Boutcher menjelaskan, “Tubuh telah secara efektif kehabisan karbohidrat atau gula untuk bahan bakar metabolisme tubuh. Sebagai gantinya, lemak lah yang akan digunakan sebagai proses pembakaran untuk menghasilkan energi saat berolahraga”. Hormon kortisol yang kadarnya lebih tinggi di pagi hari membantu mempercepat pembakaran lemak.

Lakukan jalan-jalan, senam ataupun berjemur

Top-10-Morning-Running-Tips-02.jpg

odlo.com

Demi mendapatkan manfaat tersebut, kamu disarankan untuk melakukan senam pagi ataupun berjalan kaki untuk memicu tubuhmu membakar lemak. Selain senam, studi terbaru, seperti dilansir dari Independent menunjukkan bahwa orang-orang yang berjemur di bawah sinar matahari pagi dalam waktu 2 jam setelah bangun tidur cenderung lebih kurus dan lebih mampu mengatur berat badan mereka daripada orang-orang yang tidak mendapatkan paparan cahaya matahari.

Terlepas dari apapun yang mereka konsumsi setiap harinya. Nah, ini adalah solusi yang tepat buatmu yang tidak terbiasa berolahraga di pagi hari sebelum sarapan. Kamu bisa melakukan hal simpel; berjemur.

Olahraga pagi juga memperbaiki suasana hati

Kak-pravilno-begat-tehnika-bega_07.jpg

phytomed.org

Kurmate, bukan hanya berat badan ideal yang akan kamu dapatkan jika berolahraga di pagi hari sebelum sarapan. Studi yang dilakukan oleh Universitas Glasgow menemukan bahwa latihan pagi meningkatkan mood hingga 30 persen lebih banyak daripada di waktu-waktu lainnya. Bangun pagi dan melakukan aktivitas lebih awal dapat membantu meningkatkan energi fisik dan kewaspadaan mentalmu untuk melalui hari.

Di sisi lain, saat terbangun, suhu tubuh sedang rendah-rendahnya, sehingga secara alami kamu pun memiliki tingkat energi dan aliran darah yang lebih rendah pula. Oleh karenanya, sangat penting untuk melakukan peregangan yang baik untuk mencegah terjadinya cedera.

Waktu hanyalah salah satu faktor yang memengaruhi manfaat khusus olahraga untuk menurunkan berat badan. Banyak faktor lain seperti intensitas dan durasi latihan, pola makan serta gaya hidup yang juga memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan -- yang seharusnya tidak kamu sepelekan. Semoga berhasil ya, Kurmate!  

 



back