ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Sering Dianggap Sama, Apa Bedanya Jus dengan Smoothies?

21 Aug 2017

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Berbagai cara mereka lakukan agar stamina tetap terjaga seperti rutin olahraga, gym dan pastinya mengkonsumi sayur dan buah-buahan.  Terkait sayur dan buah, biasanya akan diolah menjadi minuman yang fresh seperti jus ataupun smoothies.

Nah, jus atau smoothies, dua minuman ini kerap dipandang sama oleh kita. Tapi ternyata dua minuman tersebut punya beberapa perbedaan lho. Kira-kira, apa saja perbedaannya? Yuk langsung simak rangkuman ini...

Tektur jus berupa cairan yang diambil dari sari pati buah atau sayur, sedangkan smoothies memiliki tekstur yang padat

landscape-1462989593-delish-smoothies-index.jpg

cdn.co

Dikutip dari jussehat.com, jus adalah cairan murni yang dihasilkan dari proses pemerasan buah atau sayur. Untuk menghasilkan sari buah tersebut anda harus memeras secara langsung tanpa memerlukan alat khusus atau bisa menggunakan juicer untuk mempermudah perkerjaan kamu. Pastikan kondisi buah atau sayur yang anda gunakan dalam keadaan segar ya, biar nutrisi yang diasup oleh tubuh adalah yang terbaik

Terkait komponen pada jus lebih cair dibandingkan smoothies karena setelah diblender, jus yang diambil hanya airnya saja sehingga lebih mudah dicerna oleh usus pada saat kamu mengkonsumsinya. Sama-sama berasal dari bahan utama buah atau sayur, smoothies memiliki tektur yang lebih padat dibandingkan jus sehingga membuat perut menjadi lebih cepat kenyang. Singkatnya, jus adalah hasil blending buah atau sayur yang disaring. Sedangkan smoothies tidak disaring sama sekali.

Soal nutrisi, smoothies ternyata lebih kaya kandungannya dibanding jus

fruit-smoothies-today-tease-1-150805_f1b20de057704b0707570a6613e1f25a.jpg

today.com

Dengan cara pengolahan yang memasukan semua komponen yang ada pada sayur atau buah, dikutip dari Health.com, smoothies lebih menyehatkan dibandingkan jus karena semua nutrisi masih berada di dalam satu komponen yang utuh.

Selain itu, untuk kamu yang memiliki kesibukan sehingga sering telat makan, smoothies juga bisa menjadi alternative asupan gizi kamu agar stamina tetap terjaga. Kamu hanya perlu mencocokan jenis buah atau sayur apa yang sesuai untuk menganti makan pada saat jam sibuk.

Tidak hanya itu, untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, smoothies merupakan minuman yang paling pas juga karena asupan yang kaya gizi yang terkandung dalam setiap buah atau sayur yang  ada akan membuat perutmu terasa cepat kenyang. Ini kontras sekali dengan meminum jus. Smoothies mampu menunda rasa laparmu. Wah, bisa dijadikan alternative progam diet kamu, ya…

Jus tidak memerlukan campuran pada saat pengolahan, sedangkan smoothies kamu bisa menambahkan gula, sirup ataupun susu

1371593499746.jpeg

sndimg.com

Nah, seperti yang kamu ketahui dalam pengolahan jus hanya dibutuhkan sayur atau buah segar yang sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya, lalu ditambahkan dengan sedikit air saja. Sehingga rasa asli dari buah masih bisa kamu nikmati.

Sedangkan untuk smoothies kamu bisa menambahkan aneka campuran lainnya baik itu berupa gula, sirup ataupun susu. Pada saat meminumnya pun rasa original dari buah atau sayur akan bercampur dengan bahan yang sudah ditambahkan.

Sama-sama berasal dari bahan utama buah atau sayur, smoothies memiliki tektur yang lebih padat dibandingkan jus sehingga membuat penampilannya menjadi lebih menarik dibandingkan jus. Bagaimana? Sudah tau ya bagaimana bedanya jus dan smoothies? Jangan sampai salah sebut lagi ya Kurmate! ?



back