ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

6 Manfaat Donor Darah Rutin yang Banyak Belum Diketahui

08 Aug 2017

Kurmate, pernahkah kamu melihat kegiatan donor darah tapi kamu takut untuk jadi pendonornya? Kamu biasanya takut karena berpikir darahmu akan berkurang banyak. Namun siapa sangka kondisi tersebut bukanlah sesuatu yang fatal dalam hal kesehatan, dan malah memiliki banyak manfaat lho! Dengan begitu, bisa dikatakan, tidak hanya penerimanya saja yang mendapatkan manfaat dari donor darah, tapi sang pendonor juga mendapatkan manfaat. Dikutip dari Daily Mail, yuk langsung simak saja manfaat-manfaatnya!

Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

healthy-aging-for-men.jpg

sharecare.com

Donor darah secara teratur ternyata dapat menurunkan kekentalan darah. Nah kekentalan darah ini adalah salah satu faktor terkena penyakit jantung. Kekentalan darah ini menimbulkan gesekan-gesekan yang dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah, yang lebih serem nya lagi bakal terjadi sumbatan pembuluh darah. Tak hanya itu, donor darah juga membantu membuang kelebihan zat besi dalam darah kamu. Dengan donor darah, kadar zat besi akan menjadi stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Menurunkan risiko kanker

largininemain.jpg

simplysupplements.co.uk

Zat besi yang berlebihan dalam tubuh kamu akan mengakibatkan kerusakan radikal bebas dan menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan. Kurmate pasti tak ingin hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk menurungkan potensi keburukan tersebut adalah dengan berdonor darah. Donor darah kamu akan menstabilkan zat besi yang ada di dalam tubuh kamu.

Membantu menurunkan berat badan

Fotolia_117447948_Subscription_Monthly_M.jpg

westchestermagazine.com

Sebetulnya sih tidak disarankan ya donor darah itu jadi pilihan program diet kamu. Tapi yang harus kamu tahu, saat mendonor darah rata-rata orang dewasa akan membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya. Hal itu berarti pendonor yang melakukan donor darah secara rutin dapat menurunkan berat badannya secara signifikan.

Manfaat kecantikan

8-best-womens-health-tips-ever.jpg

stikornews.com

Siapa sangka jika donor darah memiliki manfaat kecantikan juga. Selain menurunkan berat badan, melakukan donor darah secara rutin mampu mengencangkan kulit. Di sisi lain, pikiran menjadi lebih stabil, lebih fokus dalam melakukan kegiatan, dan tentunya bisa terhindar dari hal-hal yang membuat wajahmu murung setiap hari...

Mendeteksi penyakit serius

shutterstock_233241130-629x420.jpg

netdna-ssl.com

Sebelum melakukan donor darah kamu akan menjalani pemeriksaan dasar seperti pemeriksaan berat badan, pemeriksaan suhu badan, pemeriksaan nadi, pemeriksan tekanan darah, dan pemeriksaan  kadar hemoglobin dalam tubuh kamu. Selain itu, ada juga pemeriksaan darah untuk mendeteksi penyakit apa yang ada di dalam tubuh kamu, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi darah.

 

Lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia

Health-mistakes-made-by-women.jpg

Sebuah penelitian psikologi menunjukkan bahwa orang yang melakukan donor darah dengan tujuan menolong orang lain memiliki risiko kematian lebih rendah ketimbang mereka yang donor untuk diri sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali. Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang lebih membutuhkan akan mendapatkan kepuasan psikologis tersendiri untuk kamu, Kurmate.

Bagaimana, Kurmate? Sekarang sudah tahu kan manfaat-manfaat yang bisa kamu dapat saat donor darah secara rutin. Tak perlu lagi deh kamu untuk takut atau malas donor darah. Yuk datang ke acara-acara donor darah atau kamu bisa ke PMI terdekat di lingkungan kamu!



back