ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Sering Di-Bully, Faldi Efadua Sukses Jadi Selebgram di Bidang Olahraga

16 Aug 2017

Memiliki postur tubuh yang ideal, dengan berat badan yang proporsional  bisa dikatakan adalah impian semua orang. Banyak kaum Adam yang mendambakan tubuh yang atletis dan juga six pack, namun untuk mendapatkannya memang tidak semudah berwacana.

Kali ini Nafoura akan menampilkan salah satu tokoh yang menjadi influencer bagi anak muda. Buat kamu yang suka nge-gym pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Faldi Efadua. Anak muda yang saat ini menjadi duta untuk sebuah ajang fitnes bertaraf internasional bernama Goifex.

Padahal, Faldi sempat bercerita bahwa semasa SMA ia di-bully karena memiliki badan yang kecil, dengan tinggi 172 cm, berat badan 52 kg, tetapi perutnya buncit. Karena sering di-bully, akhirnya ini yang menjadi trigger tersendiri baginya untuk hidup sehat. Nah untuk tau lebih lanjut mengenai perjalanan hidup Faldi, kita simak di bawah yuk...

Menginspirasi dengan memberi contoh pada diri sendiri sebelum memberikan contoh kepada orang lain

Kamu tentu ingin memiliki tubuh yang sehat, bukan? Mari kita baca terlebih dahulu penuturan Faldi biar kamu tidak salah langkah. Faldi menuturkan bahwa untuk anak muda di bawah usia 30 tahun memiliki pendekatan yang berbeda mengenai kegiatan berolahraga. Mereka belum memikirkan yang namanya kesehatan. Anak muda pada usia ini lebih melihat kepada progress, misalnya akan mudah terpengaruh jika melihat tubuh atletis temannya. Oleh karena itu, mulailah dari diri sendiri.

”Nah, kalau kamu ingin mengatakan sehat ini seperti ini lho, kamu harus rajin olahraga, makan sehat dan sebagainya. Jika kamu tidak memberikan contoh, hanya omongan belaka, anak muda tidak akan ada  mau mengikuti. Oleh karena itu, kamu harus olahraga terlebih dahulu, kamu harus memiliki pola hidup sehat terlebih dahulu. Jika kamu sudah melakukan tanpa diminta pun, mereka pasti akan bertanya kepadamu bagaimana cara memiliki tubuh yang sehat,” ujarnya.

Manajemen waktu adalah kunci utama jika kamu ingin memiliki tubuh yang bagus

Kamu memiliki jadwal yang begitu sibuk setiap harinya sehingga tidak memiliki waktu untuk berolahraga? Ini hal yang juga terjadi di Faldi, ia memiliki kesibukan sehingga untuk dapat berolahraga dengan rutin itu bukanlah hal yang mudah. Menurut Faldi, kuncinya adalah pada manajemen waktu yang tepat, ia perlu merancang apa yang dilakukan selama beberapa hari kedepan, dan tidak terbiasa dengan jadwal yang dadakan.

Mengenai jadwal olahraga, ia selalu berolahraga minimal satu jam setiap paginya dengan sedikit waktu istirahat. Faldi memilih pagi sebagai jadwal berolahraga karena baginya pagi itu waktu yang tepat karena udaranya masih segar, jumlah orang masih sedikit, jadi bebas menggunakan alat di gym.

Keseimbangan antara olahraga, pola makan dan istirahat adalah kunci jika kamu ingin hidup sehat

Olahraga itu harus dirutinkan tidak hanya ikut-ikutan. Pada saat nge-gym, Faldi memilih untuk dekat kepada orang-orang yang serius saja, mereka yang memberikan dampak positif dan rutin berolahraga. Ia menyebut mereka sebagai mentor. Faldi menegaskan kenapa ia hanya fokus kepada orang yang serius berolahraga karena jika ada teknik yang ia tidak ketahui, ia bisa minta diajarkan sehingga pengetahuannya selalu bertambah.

Bagi Faldi, memiliki tubuh yang atletis harus mampu menyeimbangi antara olahraga, pola makan dan istirahat. Untuk asupan makanan, ia mengutamakan kadar kalori yang masuk ke dalam tubuhnya. “Saya juga menghindari makanan yang mengandung minyak, jeroan dan junk food,” jelas Faldy.

Dengan kesibukan yang menyita waktu, Faldi selalu mengupayakan untuk tidur minimal 7 jam per harinya. Menurutnya, tidur cukup itu sangat penting. “Tubuh yang sehat juga butuh jam istirahat yang cukup”, tuturnya. Kurmate yang sering begadang, mulai sekarang pola tidurnya harus lebih teratur ya.

Media sosial membuka jalannya menjadi selebgram bagi anak muda, hingga menjadi duta Goifex International 2017

Bagi Faldi media sosial hanyalah diary, tempat ia mem-posting gerakkan yang dia pelajari selama latihan. Ternyata kebiasaan ini dilirik oleh salah satu brand sportwear ternama, yaitu Adidas. “Ya, ini semua karena mereka sudah melihat track record saya, sedangkan untuk Goifex, awalnya karena ikut media gathering di Singapura dan selama nge-gym saya juga sering menjadi ikon model mereka,” jelasnya.

Sebagai anak muda, menurut Faldi perlu melakukan hal-hal yang bermanfaat, dan gunakan waktu sebaik mungkin karena apa yang dilakukan hari ini akan dituai pada masa tua nanti. “Muda itu masih banyak tenaganya. Jadi manfaatkan sebaik mungkin untuk mempersiapkan tubuh sehat di masa depan,” ujar Faldy.

Bagaimana Kurmate? Semoga penjabaran dari Faldi bisa menginspirasi untuk mengatur pola hidup lebih sehat lagi ya! Untuk kamu yang ingin tau lebih luas tentang kehidupan Faldi, kamu tinggal kepoin aja akun Instagramnya di @efaldy.



back