ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Selamat Tinggal Kulit Kepala Berminyak, Selamat Datang Rambut Lebat dan Sehat!

06 Aug 2018

Secara umum, kulit merupakan salah satu bagian terpenting pada tubuh kita. Selain berfungsi sebagai organ pengatur panas, tempat penyimpanan air, dan pelindung sistem syaraf sensorik dermis, kulit juga berperan penting sebagai alat ekskresi (pengeluaran). Dalam perannya tersebut, dalam hal ini, kulit kepala tidak hanya dapat mengeluarkan keringat, tetapi juga minyak yang terdapat didalam jaringan dermis. Kulit yang berminyak dapat disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan berminyak, masalah hormon, faktor genetik, atau terlalu sering membersihkan wajah.

 

Walaupun jenis kulit kepala berbeda-beda, namun jenis kulit kepala yang berminyak perlu perhatian khusus agar tidak menyebabkan bau dan lepek pada rambut sehingga mengancam penampilanmu. Lalu, apa yang harus kamu lakukan agar kekuatan dan kesehatan rambutmu tetap terbebas dari permasalahan kulit kepala berminyak? Simak tips berikut!

 

 

1. Batasi Waktu Mencuci Rambut

 

Banyak yang belum tahu, semakin sering mencuci rambut, semakin banyak pula minyak natural yang turut terangkat saat proses keramas berlangsung. Hal inilah yang membuat kulit jadi memproduksi lebih banyak minyak lagi dan justru membuatnya jadi kian berminyak. Jadi, atur intensitas keramasmu menjadi 2 kali seminggu agar kulit kepalamu mendapat jeda bertemu dengan shampoo.

 

2. Gunakan Dry Shampoo atau Hair Powder

 

Dry Shampoo atau Hair Powder berfungsi untuk menyerap kandungan minyak berlebih yang ada pada kulit kepala. Karena saat Anda merasa rambut Anda lepek, belum tentu sudah tiba waktunya untuk mencuci rambut kembali.

 

3. Pilih Jenis Shampoo dan Kondisioner

 

Jaman sekarang ini, semakin banyak variasi shampoo dan kondisioner yang hadir dengan masing-masing kegunaannya untuk mengatasi segala permasalahan pada rambut baik bagi pria maupun wanita. Namun, pastikan selalu bahwa shampoo dan kondisioner yang Anda gunakan adalah jenis yang cocok untuk tipe rambut dengan kulit kepala berminyak. Anda dapat menggunakan Moisturizing Shampoo dan Lightweight Conditioner untuk membantu menjaga kelembapan yang hilang pada kulit kepala.

 

4. Gunakan Purifying Shampoo atau Treatment Berkala

 

Rambut dengan kulit kepala berminyak ternyata memang tidak bisa sembarangan saat mencuci rambut. Selain menggunakan mosturizing shampoo, purifying shampoo juga dapat dijadikan pilihan untuk mengangkat sisa kotoran yang menumpuk dan minyak pada kulit kepala. Lengkapi dengan treatment rambut secara berkala untuk menjaga kekuatan dan kesehatan rambut Anda.

 

5. Kontrol Penggunaan Hairdryer

 

Saat Anda mengeringkan rambut menggunakan hairdryer, pastikan heat level yang Anda set pda hairdryer Anda berada dalam level yang terendah. Angin panas yang terlalu sering terpapar pada rambut dapat menyebabkan produksi minyak berlebih jadi lebih cepat. Lebih buruknya lagi, dalam waktu yang berkepanjangan tanpa diimbangi dengan perawatan, rambut Anda justru malah semakin kering dan rapuh sehingga sangat mudah patah dan rontok.



back