ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Mengapa Harus Rajin Membersihkan Tangan?

30 Nov 2018

Tangan adalah salah satu organ pada tubuh kita yang paling sering kita gunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari; makan, minum, mengangkat benda, membawa barang, mandi, berias, memakai baju, memasak, hingga membersihkan tempat yang kotor sekalipun. Oleh karena banyaknya aktifitas yang memerlukan bantuan tangan, kita kerap kali lupa menjaga kebersihannya. Padahal, ada banyak sekali kuman tak terlihat yang bersarang di telapak tangan.

 

Kalau kalian termasuk salah satu diantara yang malas memperhatikan kebersihan tangan, kalian harus tahu banyak fakta mengenai kuman yang ada di tangan. Pada tahun 2013, ada sebuah penelitian di Michigan, Amerika yang menunjukkan bahwa sebanyak 95% orang diam-diam tidak mencuci tangan mereka setelah beraktifitas. Mereka meyakini bahwa cairan sanitizer sudah cukup untuk membersihkan tangan mereka. Sementara itu, fakta mengejutkan lainnya terjadi ketika Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit juga merilis studi mengenai praktek kebersihan yang dilakukan di industri restoran. Hasilnya, sebanyak 62% pegawai restoran tidak mencuci tangan mereka terlebih dahulu sebelum menyajikan makanan. Nah, masih ada satu fakta lagi yang membuat kalian harus benar-benar sadar bahwa kebersihan tangan itu sangat penting. Bukan hanya terjadi pada kasus pegawai restoran, tetapi juga pada pegawai rumah sakit. Ternyata, sebanyak 70% pegawai rumah sakit tersebut tidak mencuci tangan mereka usai berinteraksi dengan para pasien. Padahal, prosedur medis harus dipatuhi.

 

Menurut situs Hand Hygiene Europe, manusia memiliki hinggal 10 juta kuman yang berada di sekitar area jari hingga siku dan bertambah dua kali lipat saat kita menggunakan toilet. Ketika tangan kita dalam kondisi basah, maka ada 1000 kuman yang tersebar lebih banyak dibandingkan dengan kondisi tangan yang kering dan mampu bertahan hidup hingga 3 jam. Bayangkan jika kalian terus menerus beraktifitas tetapi tidak segera mencuci tangan atau langsung tidur lelap, bisa jadi sebagian kuman sudah masuk kedalam tubuhmu, lho.

 

Nah, jadi kalian sudah tahu kan bahwa menjaga kebersihan tangan bukanlah sebuah tuntutan, melainkan kebutuhan, karena segala sesuatu berawal dari apa yang kita pegang dengan tangan kita. Biasakan selalu untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, makan dan menjelang tidur. Saat sedang berada diluar, kalian juga harus menyiapkan tisu basah yang aman digunakan dan bebas alkohol. Kadar alkohol yang terdapat dalam tiap lembar tisu basah dapat mengakibatkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh kita akibat tidak dapat menguap dengan sempurna. Perhatikan pula tata cara penggunaan yang benar. Hindari penggunaan tisu basah yang dimulai dari tangan ke muka karena hal tersebut justru akan memindahkan kuman yang ada di permukaan telapak tangan ke kulit muka kita.



back