ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Bukan Hanya Jeruk, 5 Buah Ini Ternyata Lebih Kaya Akan Vitamin C

01 Mar 2017

Apa yang ada di dalam benak kita ketika mendengar “Vitamin C”? Pasti jawaban pertama adalah: jeruk. Entah dari mana asalnya pengasosiasian tersebut, tapi yang pasti banyak perusahaan makanan atau minuman yang menggunakan jeruk sebagai representasi dari kandungan Vitamin C.

Namun siapa yang sangka jika ternyata banyak jenis buah lain yang kandungan vitaminnya tak kalah, beberapa bahkan kandungannya ada yang melebihi jeruk. Nama-namanya pun tak terlalu asing di teling. Kira-kira buah apa saja ya? Yuk langsung geser aja layarnya!

1. Kurma

Kamu pasti takkan menyangka bahwa buah mungil khas Timur Tengah ini kaya akan kandungan gizi. Kurma bisa disebut “kecil-kecil cabe rawit”. Cabe rawit dalam pernyataan tersebut bukan mengacu cabe rawit secara harafiah, melainkan tentang kekuatan buah yang ukurannya kecil tapi memiliki kandungan vitamin banyak.
Selain vitamin C, kurma juga mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin B1, B2, B3 hingga vitamin B5. Hal ini jelas opsi luar biasa buat kamu yang ingin mencukupi kebutuhan vitaminmu.

Di samping sistem imunitas yang terjaga, kamu juga mampu memelihara fungsi mata dan menghindarinya dari berbagai macam penyakit. Sangking banyaknya, kamu juga bisa mendapatkan kemampuan menenangkan sistem syaraf dan relaksasi jantung jika mengkonsumsi kurma setiap harinya.

2. Jambu Biji

Buah yang satu ini nggak kenal musim. Setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan, kamu bisa dengan mudah menemuinya di toko-toko buah atau supermarket. Jambu biji memiliki struktur yang khas. Tak berbeda dengan jambu-jambu pada umumnya, tapi jambu jenis ini memiliki rasa yang lebih manis, wanginya harum, dan dagingnya berwarna merah.

Dari berbagai macam buah-buahan, jambu biji adalah buah yang memiliki kandungan Vitamin C tertinggi dibanding buah-buah lainnya. Kandungan Vitamin C dalam buah jambu biji berada di angka 378 mg per 60 gram. Kebutuhan Vitamin C yang ideal yang dibutuhkan Kurmate setiap harinya, berada di angka 500 mg. Jadi, cukup mengkonsumsi dua buah jambu biji setiap harinya lho!

3. Buah Leci

Buah leci biasanya bisa kamu temui sebagai perisa rasa minuman. Namun buah yang satu ini enak juga kok untuk dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu jadi sirup. Struktur buah yang lembut dan rasanya yang manis segar begitu cocok untuk kita nikmati di siang hari.

Sebagai informasi, dari setiap 100 gram, buah leci memiliki kandungan vitamin C sebanyak 132 mg yang dapat menjadi antioksidan dalam tubuh sehingga mampu menangkal berbagai jenis virus penyakit. Tidak Cuma itu, kandungan B Kompleks, dan flavonoid dalam buah leci ternyata mampu menjaga tubuh dari serangan kanker dan tumor.

4. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang sangat khas di Indonesia. Dan papaya merupakan salah satu buah yang cukup mudah untuk ditanam sekalipun di pekarangan rumah.
Buah yang satu ini bisa dengan mudah kita temui di mana-mana, harganya pun relatif murah. Setiap 100 gram buah pepaya mengandung 54 kalori, 3 gram serat dan 0.7 gram protein.

Ada hal yang tak kalah penting soal pepaya, yaitu vitamin C yang dikandungnya. Dari 100 gram buah pepaya yang kita konsumsi, secara tidak langsung kita sudah mengkonsumsi 85 mg vitamin C. Selain sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dalam pepaya juga sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama pencegahan penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam buah pepaya juga sangat baik untuk memelihara kecantikan kulit.

5. Stroberi

Bagi kamu yang hidup di dataran tinggi, buah stroberi bisa dengan mudah kita temukan di sekitar. Kita tahu sendiri bahwa buah ini akan tumbuh baik di daerah yang memiliki temperatur suhu rendah. Untuk kurmate yang tinggal di dataran rendah tidak perlu khawatir karena stroberi juga dapat dengan mudah kita temui di supermarket. Warna merah merona, dengan struktur permukaan sedikit kasar, dan rasa manis bercampur asam, sungguh sangat menggoda untuk dikonsumsi.

Kamu juga dapat mengkonsumsinya sebagai buah, jus, atau olahan makanan lainnya. Dan sebagai informasi, setiap 100 gram buah stroberi, mengandung vitamin C sebanyak 83 mg. Buah yang satu ini memiliki khasiat yang baik untuk mencegah peradangan, serangan jantung, radikal bebas. Satu hal yang tak kalah penting yang bisa kamu dapat dari buah ini adalah mampu menurunkan resiko kanker.

Bagaimana, kurmate? Jadi, bukan hanya jeruk lho yang identik dengan kandungan vitamin C. Lima buah di atas bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh, dan di sisi lain mulai bosan mengkonsumsi buah jeruk. Selamat mencoba!



back