ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

4 Cara Ampuh Menjaga Diri dari Rasa Lelah dan Kantuk Selepas Begadang

24 Mar 2017

Ketika kamu menghabiskan malam dengan bekerja, belajar atau hal-hal penting lain yang mendesak, kamu mungkin takkan merasakan lelah pada saat itu juga. Bahkan kamu bisa saja merasakan bahwa itu akan menjadi sebuah prestasi ketika mampu menyelesaikannya. Akan tetapi, cerita bisa berubah tatkala matahari menampakan sinarnya. Ia memberi tanda pada kamu bahwa sudah saatnya kamu melakukan rutinitasmu.

Semua antusiasme kemudian menghilang. Hal ini terjadi lantaran kamu sebenarnya sangat membutuhkan jam tidur yang lebih lama, tapi ada kewajiban yang membuatmu tak bisa menuntaskan lamanya kelayakan jam tidur. Kali ini Nafoura ingin mencoba membantu kamu lewat tips sederhana supaya kamu bisa tetap terjaga sepanjang hari. Terus geser ke bawah ya!

1. Luangkan waktumu 5-10 menit untuk berjalan kaki. Cari udara dan suasana segar sejenak

Berlama-lama duduk di kantor bukan hanya berbahaya bagi kesehatan, tapi juga tak baik untuk menjaga keprodukstivitasanmu. Umumnya, puncak meningkatnya rasa lelah akibat kekurangan tidur terjadi di meja kantor. Maka dari itu, kamu perlu berdiri dan jalan-jalan sejenak. Biar lebih afdol, jalan-jalanlah di lingkungan yang udaranya bersih. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuhmu dan akan menolongmu untuk membuat tubuh tetap terjaga.

2. Bangkitlah dari kursi kerjamu, dan buatlah secangkir kopi untuk menemani harimu

Kopi adalah stimulan paling ampuh untuk mendukung seseorang menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini terjadi karena kandungan kafein pada kopi dapat menahan rasa kantuk dalam beberapa jam. Maka dari itu, ketika kamu sedang merasa kelelahan atau merasa ngantuk, pergilah ke pantry dan buat secangkir kopi.
Sangat disarankan bagi kamu untuk meminumnya secara perlahan, jangan sekaligus kamu habiskan. Namun kamu juga harus ingat: terlalu banyak mengkonsumsi kopi pun tak baik untuk kesehatan. So, penting bagi kita menjaga dosis kopi yang akan kamu konsumsi.

3. Konsumsilah banyak air mineral. Tak masalah jika mesti sekali dua kali bolak-balik toilet demi menjaga kesegaran tubuhmu.

Menjaga kesegaran tubuh dan menghindari rasa kantuk memang banyak caranya. Salah satunya dengan mengkonsumsi air putih atau air mineral. Selama berada di jam kantor, bekalilah diri kamu dengan minimal 1,5 liter air putih. Metode satu ini cocok sekali buat kamu kurang tidur.

Selain baik untuk metabolisme dan menghindari rasa kantuk, meminum air putih akan membuatmu tetap terjaga lantaran kantung kemih yang senantiasa penuh terisi. Efeknya cuma bakal bikin kamu bolak-balik toilet untuk buang air kecil saja kok.

4. Eliminasi makanan-makanan tak bergizi dan ganti dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Hindari dirimu untuk memakan makanan cepat saji. Sebab, makanan tersebut dapat membuatmu lebih cepat mengantuk. Untuk mengeliminasi rasa kantuk, usahakan dirimu untuk memakan buah dan sayuran. Jika kamu mengkonsumsi hal-hal tersebut, tubuhmu akan terjaga dari rasa lelah dan kantuk lebih lama. 

Buah seperti pisang dapat me-recharge energi sepanjang hari. Buah-buah lain yang cocok untuk menemani harimu yang kurang tidur adalah jeruk, stroberi, buah naga dan papaya. Mereka yang kaya akan vitamin C tak cuma bakal menjaga kesegaran, tapi juga menjaga sistem imunitas tubuh.

Terkadang, begadang di malam hari adalah suatu keharusan untuk menyelesaikan kewajiban kita masing-masing. Alasan di balik itu bisa berbeda; bisa karena kuantitas pekerjaan, tugas kuliah, atau persiapan untuk acara yang signifikan. Namun yang pasti, kita harus tetap segar di hari selanjutnya menggunakan 5 cara di atas. Kalau tidak segar keproduktivitasanmu bisa terganggu, dan bisa jadi masalah baru lagi di malam selanjutnya.



back