ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Bosan dengan Infused Water Lemon? Yuk, Gunakan 5 Buah yang Tak Kalah Bergizi Ini

17 Mar 2017

Sebuah survey yang diadakan tim litbang Seputar Indonesia mencatat: 33% pecinta infused water lebih sering menggunakan lemon sebagai buah untuk infused water. Semenjak konsumsi olahan buah  menjadi lebih bervariasi dan gaya hidup yang dikembangkan, buah tidak lagi hanya dijus, dibuat selai atau dimakan langsung, disatu sisi konsumsi olahan buah yang akrab disapa infused water ini membuat buah lemon menjadi buah yang tenar dan digandrungi oleh penikmat gaya hidup sehat.

Namun ternyata bukan hanya lemon saja buah yang dapat dijadikan bahan untuk infused water. Kali ini kami bakal berbagi informasi tentang buah yang bisa jadi alternatif dan tidak kalah kaya akan khasiatnya selain lemon. Yuk langsung digeser saja layar gadget-nya!

1. Jeruk

Berbagai macam jeruk lainnya, seperti jeruk nipis atau sunkist sangat layak kamu coba untuk dijadikan bahan infused water. Jenis buah yang satu ini kayak akan vitamin C. Bahkan jika kita hitung, kandungan vitamin C pada jeruk bisa 53,2 mg per 100 gram. Hal ini setara dengan kecukupan 90% kebutuhan harian. Di musim pancaroba seperti saat ini, infused water berbahan jeruk tentu sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin meningkatkan sistem imunitas dan daya tahan tubuh.

Menariknya, nggak hanya kandungan vitamin C yang bisa kamu dapat. Masih banyak berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin B1, vitamin A serta antioksidan. Itu semua bisa kurmate dapatkan ketika memilih jeruk sebagai bahan infused water.  Kurmate tertarik untuk mencoba?

 

2. Kiwi

Nama kiwi memang cukup asing di telinga kita sebagai orang Indonesia. Buah impor yang berasal dari negeri Tiongkok ini  nyatanya tidak sulit untuk kurmate dapatkan di supermarket terdekat. Untuk membuat infused water, buah kiwi adalah salah satu alternatif buah yang tepat karena kandungannya yang kaya dengan nutrisi, sehingga patut kamu coba.

Khasiatnya pun tidak perlu ditanya lagi. Zespri Health Scinece Research mengungkapkan bahwa vitamin C yang berasal dari buah kiwi bahkan lebih banyak dari jeruk. Cocok sekali untuk digunakan sebagai antioksidan dalam tubuh  dan mampu membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi. Walaupun harganya yang relatif mahal, untuk kepentingan kesehatan tidak ada salahnya bukan sesekali untuk kamu coba.  Ditambah lagi khasiat buah kiwi yang sangat baik bagi kesehatan jantung, menangkal radikal bebas dalam tubuh dan memperbaiki metabolisme tubuh.

 

3. Apel

Tahukah kurmate kalau buah Apel juga bisa dijadikan sebagai bahan infused water?Karena buah apel tercatat memiliki banyak nutrisi dan gizi di dalamnya. Dalam 1 buah Apel yang kamu konsumsi, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C. Mengetahui manfaatnya saja sudah berhasil membuat takjub dengan kandungan buah yang satu ini.

Terkait dengan khasiat buah satu ini, buah apel tidak perlu dipertanyakan lagi. Buah yang satu ini baik sekali untuk kesehatan kulit, serta dapat mencegah lahirnya sel kanker dalam tubuh. Untuk kesehatan tulang, apel juga mampu mengurangi masalah osteoporosis. Lebih dari itu, apel juga mampu mengatur kandungan gula dalam darah agar tetap berada dalam kadar normal.

 

4. Stroberi

Berbicara kandungan vitamin C dalam buah, kurmate tidak boleh lupa dengan buah mungil dengan warna merah merona nya. Ya, apalagi kalau bukan buah stroberi.  Selain memiliki kandungan vitamin C yang juga tinggi, Stroberi ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi daripada buah-buah lainnya.

Sama seperti membuat infused water dengan bahan buah lainnya, pertama-tama iris dahulu buah stroberi yang sudah tersedia. Lalu iris stroberi dengan ukuran yang sesuai selera. Setelah stroberi diiris, kamu bisa langsung memasukanya ke dalam botol berisi air, lalu simpan beberapa jam. Supaya lebih terasa kesegarannya, kamu bisa menyimpan infused water tersebut di lemari es. Lebih dari kandungan vitamin C dan aktioksidan yang tinggi, khasiat buah stroberi selanjutnya yaitu untuk mencegah lahirnya hipertensi, mengontrol zat gula dalam darah, melancarkan pencernaan, mencegah kanker, mengatasi stroke dan masih banyak lagi. Dengan kemudahan untuk mendapatkan buah stroberi ini, masih berpikir dua kali untuk menjadikannya pilihan untuk infused water-mu, Kurmate? .

 

5. Anggur

Ada dua cara untuk menjadikan anggur sebagai bahan infused water. Pertama kamu bisa membelahnya terlebih dahulu atau langsung memasukan buah anggur secara utuh ke dalam botol berisi air. Langkah berikut bisa diaplikasikan sesuai selera kurmate ya :) Karena apapun pilihan caranya, tidak akan mengurangi kandungan nutrisi pada anggur yang sangat banyak.

Buah kecil satu ini terkenal akan kandungan antioksidan karena memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C didalamnya. Di samping itu, anggur juga mengandung kalsium, yodium, mangan, kalium, selenium, serta gula alami seperti dektrosa dan glukosa. Waah kurmate yakin mau melewatkan konsumsi buah anggur ini dalam infused water mu? Maka wajar jika para ahli kesehatan mengatakan anggur sangat berkhasiat untuk kesehatan jantung, mencukupi kebutuhan mineral, menjaga sistem imunitas dan menjadi sumber gula darah yang baik bagi tubuh.

Dari kelima buah di atas, mana buah favoritmu, Kurmate? Biar nggak bosen dengan lemon, yuk lebih variatif lagi membuat infused water-nya! Selamat mencoba...



back