ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Butuh Motivasi Hidup? Tonton 10 Film Inspiratif yang Diadaptasi dari Kisah Nyata Ini

30 Mar 2017

Fungsi film bukan hanya untuk hiburan semata. Film juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para audiensnya. Apalagi jika film tersebut diangkat dari kisah nyata. Semuanya begitu terasa lebih dekat karena banyaknya fakta pendukung yang bisa kita cari di kemudian hari.

Kali ini, Nafoura akan memberikan rekomendasi 10 film yang diangkat dari kisah nyata. Semoga dengan menonton film ini, kamu jadi lebih termotivasi untuk meraih apa yang kamu impikan. Yuk langsung simak!

 

Habibie & Ainun

habibie-ainun-film-kedua.jpg

Indonesia banyak sekali memiliki film biopik. Salah satu film yang pernah mencuri perhatian adalah Habibie & Ainun. Film ini menceritakan kisah hidup mantan Presiden RI yang juga seorang genius di bidang teknologi, Bacharuddin Jusuf Habibie. Hal yang membuat kita bisa terkagum-kagum adalah tentang mimpinya. Dia bercita-cita menyatukan Indonesia lewat pesawat terbang buatannya.

Walau nuansa romansa dalam film ini sangat kental, namun film ini tak kehilangan nilainya untuk memotivasi. Ainun juga memiliki sumbangsih atas kesuksesan Habibie. Ia terus menjadi sosok penting di tengah perjuangan tiada henti Habibie dalam mengejar asanya. Pokoknya, kisah romansa dalam kesuksesan Habibie bisa membuat setiap pasangan cemburu.

 

Unbroken

unbroken-movie-wallpaper-6.jpg

Unbroken merupakan debut Angelina Jolie sebagai sutradara. Film ini diadaptasi dari kisah Louis Zamperini, mantan atlet Olimpiade sekaligus tentara Amerika Serikat yang ditawan Jepang selama Perang Dunia II.

Hidupnya hampir berakhir tatkala pesawatnya tertembak di tengah lautan lepas. Namun bersama dua awak lainnya, ia berhasil selamat meski terapung dalam sebuah rakit selama 47 hari. Itu bukanlah akhir penderitaan. Ia bersama temannya ditemukan oleh tentara angkatan laut Jepang, dan jadi tawanan perang. Menonton film ini kita harus siap dibuat emosional. Walau selalu jadi objek penyiksaan tentara Jepang, semangat Louis untuk bertahan dan menjaga kehormatannya patut ditiru…









Athirah

athirah-sarung.jpg

Pembalasan terbaik atas rasa sakit yang kita terima adalah dengan menjadi pribadi yang sukses. Begitulah inti dari film Athirah yang diadaptasi dari novel dan kisah nyata tersebut. Athirah sendiri merupakan ibunda dari wakil presiden RI, Jusuf Kalla. Film ini berisi tentang seorang perempuan yang dipoligami. Namun begitu, Athirah adalah sosok yang kuat, walaupun jiwanya sempat bergejolak tatkala tahu suaminya berpoligami. Akan tetapi, ia bertahan demi keutuhan keluarga dan kehormatan keluarganya.

Menariknya, Athirah tak tinggal diam menghadapi semuanya. Dia mengonversikan rasa sedih akibat luka pengkhianatannya ke hal yang positif. Ia memutuskan berjualan sarung, sampai kesuksesan diraihnya bahkan melebihi usaha suaminya. Momen puncak yang dapat membuat kita gemas adalah ketika suaminya mengalami kebangkrutan karena krisis ekonomi. Alih-alih mencampakan suaminya, Athirah malah menyelamatkan usaha suaminya. Sungguh sesuatu yang elegan melihat pembuktian ketangguhan perempuan versi Athirah.

 

The Pursuit of Happyness

the-pursuit-of-happyness-original.jpg

The Pursuit of Happyness merupakan film yand diadaptasi dari kisah nyata. Mengkisahkan Chris Gardner, seorang gelandangan, tapi sosoknya tak pernah berhenti berusaha meraih apa yang diinginkannya. Terbukti, kerja kerasnya mampu mengubahnya jadi salah satu pria sukses di Amerika Serikat. Jika kamu mencarinya di internet, kamu akan mendapati sosoknya sebagai seorang pengusaha, investor, pialang saham, motivator hingga penulis. Sungguh perjuangan yang luar biasa.

Kita akan disuguhkan bagaimana nyatanya keajaiban Tuhan pada orang-orang yang tak pernah patah semangat dalam berusaha. Pernah mendengar kutipan “usaha tak akan mengkhianati hasil”, bukan? Hal tersebut terbukti dalam film satu ini. Saran Nafoura, jangan lupa siapkan tisu ya. Film ini akan membuat kamu mengharu-biru.

 

Hacksaw Ridge

hacksaw1.jpg

Hacksaw Ridge mengadaptasi kisah klasik seorang pahlawan perang Amerika Serikat. Perjalanan hidup seorang tentara yang memiliki idealisme: tak ingin mengangkat senjata dan menyakiti siapa pun. Sebuah cerita unik, bukan? Desmond Doss adalah nama tentara idealis tersebut. Berbeda dengan tentara biasanya, sejak pelatihan militer, Desmond enggan mengangkat senjata. Keyakinan itu membuatnya dikucilkan dan diejek rekan-rekannya. Desmond memiliki cita-cita jadi tentara tapi sebagai paramedis. Bidang paramedis memang incaran Desmond sejak pertama kali daftar jadi tentara.

Dengan perawakannya yang kecil dan tak berisi, Desmond Doss dipandang sebelah mata. Orang-orang sekitarnya menilai dia takkan berguna di arena perang. Akan tetapi, siapa yang bisa menyangka jika di kemudian hari, Desmond mampu mengukir sejarah baru. Desmond berhasil jadi satu-satunya paramedis yang berhasil mendapatkan penghargaan Medal of Honour dari pemerintah Amerika Serikat. Dia telah menyelamatkan puluhan tentara di medan perang.

 

Top Secret a.k.a The Billionaire

The-Billionaire-2012-Trailer.jpg

Top Secret a.k.a The Billionaire juga film kisah nyata yang harus ditonton. Mengangkat sosok Top Ittipat yang memiliki cita-cita jadi pengusaha sukses. Saat berusia 17 tahun, Top menjajal dunia usaha kacang goreng khas Thailand di supermarket Namun banyak jalan terjal yang dihadapinya.

Usaha kacang goreng tersebut awalnya menguntungkan. Buktinya, ia langsung membuka cabang dan mendapat bantuan pamannya. Namun usaha tersebut gagal karena dibatalkannya kontrak sewa tempat oleh pengurus supermarket. Dia dianggap merusak keindahan supermarket lantaran asap hasil proses produksi kacang gorengnnya membuat langit-langit menjadi hitam.

Di tengah keterpurukan ekonomi dan keluarga, Top mendapatkan ide ketika jalan-jalan bersama kekasihnya. Ia melihat dan merasakan snack rumput laut. Alhasil, snack rumput laut jadi fokus baru yang digeluti Top. Ia kemudian memutuskan untuk berbisnis itu, dan sukses dengan produk tersebut.



Temple Grandin

temple-grandin-1920.jpg

Pernah menggunakan kata autis untuk mengejek teman yang sibuk dengan gadget? Kayaknya kamu perlu berpikir ulang untuk mengeluarkan ucapan tersebut, dan harus menonton film Temple Grandin. Film ini mengisahkan seorang perempuan autis yang tak pernah berhenti membuktikan kemampuannya. Dia jadi bukti bahwa kekurangan seseorang dapat menjadi kelebihan.

Kita akan melihat perjalanan from zero to hero. Anak perempuan autis yang dipandang sebelah mata, tapi kemampuannya dalam dunia ilmu pengetahuan membuatnya jadi orang yang diperhitungkan. Kemudian, berkat kemampuannya, Grandin menjelma jadi ilmuwan top di bidang industri peternakan. Film ini mengungkapkan bahwa orang autis bukanlah orang aneh. Mereka adalah orang spesial yang memiliki kemampuan indera di atas rata-rata.

 

Sang Pencerah

sang-pencerah-4.jpg

Ini merupakan kisah Ahmad Dahlan, anak dari seorang khotib di masjid besar Kauman, yang memberikan banyak perubahan terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. Ahmad Dahlan tak hanya menginspirasi lewat perjuangannya menyatukan masyarakat di tengah masa kolonial Belanda.

Ia juga sosok yang peduli terhadap pendidikan anak-anak bangsa. Sebagai bukti,  ia sampai membuka sekolah sendiri, walau hanya bermodalkan surau sebagai tempat belajar. Sang Pencerah tak cuma berbicara tentang aliran Muhammadiyah. Sosok Ahmad Dahlan juga berhasil mengenalkan kita tentang wajah Islam yang modern, terbuka, serta rasional.



Race

race-still.jpg

Race adalah film yang mengisahkan atlet kulit hitam Amerika Serikat, Jesse Owens. Film ini menceritakan tentang sebuah keberanian, kelapangan hati dan juga kuatnya persahabatan sejati antara Jesse Owens dan pelatihnya, Larry Snyder. Owens sungguh membuat kita semua terinspirasi dan tak pernah berhenti mengejar cita-cita demi tampil di Olimpiade.

Politik pengagungan kulit putih sangat kental pada masa 1930-an. Apalagi pada masa tersebut, Olimpiade tahun1936 diselenggarakan di Jerman, negara yang saat itu dikuasai Adolf Hitler. Ia adalah sosok etnosentris atas supremasi bangsa Arya. Akan tetapi, Owens berhasil membuktikan bahwa orang kulit hitam juga manusia dan mampu berprestasi di kancah olahraga dunia.




The King’s Speech

the-kings-speech.jpg

Film The King’s Speech bukanlah film yang mengisahkan perjalanan from zero to hero. Sebab orang yang jadi pemeran utama dalam film tersebut adalah Raja George VI. Dia memiliki kesulitan ketika berbicara di depan umum. Fakta tersebut baru diketahui banyak orang tatkala Raja George VI diberi kesempatan untuk berpidato pada acara penutupan Pameran British Empire 1925 di Wembley. Pidatonya jauh dari kata lancar, bahkan tak sedikit hadirin yang menilainya gagap. Keresahan orang-orang pun lahir ketika mengetahui petinggi negerinya tak memiliki kemampuan berbicara di depan umum.

Pihak kerajaan tak tinggal diam. Demi menyembuhkan Raja George VI dari masalah kemampuan public speaking, mereka menggaet beberapa terapis. Sayangnya, tak satu pun terapis yang berhasil, hingga pada akhirnya bertemu Lionel Logue, terapis asal Australia. Banyak sandungan dan perselisihan dalam proses terapi tersebut. Namun berkat kegigihan dan arahan Logue, Raja George VI berhasil menjadi sosok yang lebih baik ketika berbicara di depan publik.


Nah itulah 10 film inspiratif yang diadaptasi dari kisah nyata. Jika kita terus berusaha dan bertahan, kita pasti bisa meraih apa yang kita inginkan. Semoga setelah menonton film tersebut, Kurmate bisa jadi termotivasi lagi ya dalam menjalani hidup. Singkirkan keluhannya, ciptakan semangatnya.



back