ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Lakukan 8 Hal Ini, Kamu Pasti Akan Terlihat Lebih Pintar di Mata Orang

31 Mar 2017

Zaman sekarang bukanlah zaman di mana seseorang bisa dinilai bagus tidaknya dari penampilan fisik semata, tetapi juga dari kecerdasannya. Nggak sedikit pula orang-orang yang memiliki ketartarikan terhadap kepintaran seseorang dibanding kecantikan atau kegantengannya. Oleh karena itu, istilah sapioseksual mulai dikenal dikalangan masyarakat sejak tahun lalu.

Kali ini Nafoura mau membantu kamu supaya tampak lebih pintar. Penasaran dengan kiat-kiatnya? Yuk langsung scroll ke bawah.

  1. Seringlah membaca buku, setidaknya baca resensinya.

o-READ-BOOK-facebook.jpg

Buku adalah jendela dunia. Kurmate pasti paham dengan slogan yang satu itu. Nah untuk bisa membuatmu tak hanya terlihat pintar dari luar saja, maka kamu sangat dianjurkan banyak membaca. Mulailah membaca jenis buku yang paling kamu gemari. Setelah kamu rasa sudah saatnya naik level, baca buku-buku dengan topik lain.

Bagi kamu yang ekstra malas dengan kegiatan baca-membaca, Nafoura punya alternatif lain. Bacalah resensi-resensinya saja. Kamu memang nggak tahu secara mendalam, tapi setidaknya garis besar dari buku tersebut bisa kamu ketahui.

  1. Intip ada berita hangat apa di pagi hari

shutterstock_399944488.jpg

Sempatkanlah diri untuk mengintip headline yang ada di koran konvensional atau pun koran online. Waktu yang paling tepat untuk mencari tahu itu adalah pagi hari. Pada saat itu pikiran masih fresh dan otak masih mudah untuk menerima informasi. Dengan kebiasaan tersebut, Nafoura jamin Kurmate akan lebih siap menghadapi hari dan berbincang dengan kerabat di kantor atau kampus. 

  1. Sering-seringlah gunakan Twitter dan pantengin berita terbaru di sana

use-twitter.jpg

Untuk urusan media social,pilihlah media social yang bisa membuat kurmate update terhadap apa yang sedang menjadi pembahasan umum dari segala bidang. Sebagai contoh adalah Twitter,dimana dia masih setia dengan linimasa kronologis waktu bukan menggunakan sistem algoritma.

Kurmate bakal lebih tahu apa isu yang sedang hangat pada momen itu juga. Biar lebih update, jangan lupa untuk banyak follow akun-akun berita. Selain tambah berpengetahuan, Kurmate juga bisa terlihat lebih pintar ketika ada teman yang melihat tabel following akunmu. 

  1. Tak malu untuk mengungkapkan pendapat

L0209speakup-breakout.jpg

Orang yang mampu mengungkapkan pendapatnya terkait suatu bahasan mampu menarik perhatian dari pendengarnya. Makanya, Kurmate harus bisa menghindari rasa malu untuk mengungkapkannya di depan umum. Selama kamu fokus dengan topik yang sedang dibahas, kamu pasti akan terlihat lebih pintar saat berani speak up.

  1. Gunakanlah bahasa formal dan kosakata khusus

o-GAY-MEN-TALKING-facebook.jpg

Menggunakan bahasa formal dan kosakata khusus mampu membuatmu lebih bisa terlihat pintar. Cara ini berlaku untuk komunikasi lisan dan tulisan. Ketika Kurmate menggunakan gaya ini, Kamu bisa terlihat lebih pintar karena menggunakan kosa kata yang tidak jarang digunakan oleh orang kebanyakan.

Selanjutnya, dengan penggunaan bahasa yang tepat kamu bisa menempatkan diri sesuai dengan situasi yang berlaku. Kamu bisa terlihat lebih pintar karena menggunakan kosakata yang jarang digunakan oleh orang kebanyakan. Selanjutnya, dengan penggunaan bahasa yang tepat kamu bisa menempatkan diri sesuai dengan situasi yang berlaku.

  1. Fokus pada bidang yang kamu mengerti.

talk less do more.jpg

Orang bijak berkata, “Tak ada seorang pun yang bisa menjadi pakar di berbagai bidang.” Memang begitu kenyataannya. Daya pikir manusia tak bisa menampung semua hal secara dalam. Kita hanya bisa fokus pada beberapa persoalan saja. Bila memang dalam sebuah pembicaraan kamu tak mengerti persoalannya, sebaiknya tak perlu kamu ikut membahas panjang lebar. Cukuplah menjadi pendengar yang baik daripada mengutarakan pendapat yang tidak sepenuhnya kita pahami. Setelah fokus mendengar dan memahaminya, barulah saatnya kamu untuk bertanya jika memang ada yang ingin kamu tanyakan. Bertanya adalah hal manusiawi yang menandakan kamu fokus dan penasaran terhadap bahasan tersebut.

  1. Arahkan pandangan ke lawan bicara atau ke audiens saat menyampaikan sesuatu. Jangan menunduk

Spending-a-nice-coffee-break.jpg

Salah satu gestur dalam berkomunikasi ini perlu kamu pelajari. Saat menyampaikan sesuatu pandangan, arahkanlah pandangan pada audiens atau tatap mata lawan bicara kamu. Gaya tersebut akan menambah citra positifmu di hadapan orang sebagai orang yang pintar plus percaya diri. Maka dari itu, hindari menunduk ya kurmate.

  1. Ekspresif saat berbicara, dan beri penekanan pada poin penting yang kamu sampaikan

Women-networking.jpg

Ekspresi, intonasi dan bahasa tubuh pun mampu menunjang pandangan orang lain terhadap kamu ketika sedang berbicara. Lurus seperti tak kenal tanda baca dan diam memaku adalah tindakan yang mencitrakan diri lesu dan tidak bersemangat. Itu hanya akan membuatmu tidak antusias dan kurang mengapresiasi lawan bicara. Bubuhkan juga penekanan pada hal-hal penting yang sedang kamu ungkapkan. Percaya deh nilai positif akan kamu dapatkan dari orang-orang di sekitarmu.

 

Itulah 8 hal yang bisa bikin kita tampak lebih pintar oleh orang lain. Sudah siap mencobanya, Kurmate?

 



back