ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Agar Siap Hadapi Persaingan Dunia Kerja, 6 Hal Ini Wajib Dilakukan Mahasiswa

23 Mar 2017

Ketika kamu masuk masa kuliah, statusmu jelas telah berbeda dibanding jenjang sebelumnya. Kini ada kata “maha” pada statusmu. Bukan lagi sekadar siswa. Tanggungjawabmu terhadap diri sendiri diuji saat menjadi mahasiswa. Seperti kita ketahui, kebanyakan perguruan tinggi memiliki jadwal masuk kelas yang fleksibel dibanding masa SMA. Otomatis, waktu luang pun bisa lebih banyak.

Nah untuk mengisi waktu luangmu agar lebih bermanfaat lagi , kembangkanlah diri agar lebih siap menghadapi tahap selanjutnya selepas kuliah. Kali ini, Nafoura akan Memberikan alternatif yang bisa dijadikan pilihanmu untuk memaksimalkan waktu senggang selama jadi mahasiswa.

 

Aktif di organisasi kampus

LK-1.jpg

Mengikuti organisasi kampus sangat banyak manfaatnya untuk kamu. Selain kamu bisa memperluas lingkaran sosialmu, kamu juga bisa memiliki pengalaman bekerja dalam sebuah tim. Begitupun dengan jiwa kepemimpinan yang bisa kamu latih dengan dengan mengikuti kegiatan di organisasi. Tanamkan dalam diri kalau menunggu perintah itu akan menurunkan performa kamu. Menjadi anggota yang peka akan membuat mu dinilai aktif dan proaktif. Singkatnya, latihlah diri kamu untuk bisa mengeluarkan pendapat dan menuangkan ide-ide kreatif.




Bergabung di komunitas

Jakarta_262714_10151153071616218_1705268380_n4.jpg

Kamu punya minat di luar bidang akademis? Ikut bergabunglah dengan komunitas di luar kampus yang sesuai dengan minatmu. Selain jaringanmu akan lebih luas, kamu juga bisa berkembang pada hal yang menjadi minat dan bakatmu. Awalnya kamu mungkin akan canggung, tapi lambat laun kamu akan terbiasa kok. Para anggota komunitas juga akan senang dengan kehadiranmu yang akan menambah teman satu hobinya.

 

Berteman akrab dengan dosen

kki_5.jpg

Perlakukanlah dosen dengan baik, maka dosen pun akan memperlakukan kita dengan baik. Dosen tak selalu jadi sosok antagonis dalam dunia kuliah. Ia bisa jadi teman diskusi yang seru dan menyenangkan karena dosen senang jika melihat mahasiswanya antusias dengan ilmu yang sudah ia berikan. Kamu bisa menyerap pengetahuan darinya lebih eksklusif. Bahkan kalau beruntung kamu berpotensi memiliki pengetahuan yang nggak bisa kamu dapat di kelas.

 

Mulailah menulis

blog.jpg

Kemampuan menulis di masa sekarang sangat dibutuhkan. Lihat saja betapa banyaknya media massa, agensi periklanan dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan orang dengan kemampuan menulisnya. Agar kemampuan menulismu dapat terasah, rutinlah menulis. Bagi pemula, kamu bisa menuangkan apa pun pada blog. Begitu mulai terbiasa, mulailah menulis tentang hal-hal yang serius untuk kolom majalah kampus. Manfaat lainnya yaitu, daya kritis yang dapat terasah melalui menulis, sebab kamu diharuskan banyak membaca sebelum menuliskan satu permasalahan.

Selain itu, menulis juga akan membuat otakmu terbiasa untuk mencari ide-ide baru. Kamu pun jadi lebih tahu struktur kepenulisan jika rutin melakukannya. Perbendaharaan kata yang kamu miliki pun semakin beragam. Tugas menulis esai pun bukan beban lagi jika kamu suka menulis.

 

Memulai pengalaman bekerja

higher.jpg

Materi kuliah hanya akan menjadi kenang-kenangan kalau nggak kamu aplikasikan. Cobalah mulai mencari pengalaman kerja, entah itu magang atau kerja paruh waktu. Nafoura menyarankan supaya kamu memilih pekerjaan yang ada kaitannya dengan bidang kuliahmu. Namun, jika kamu tidak menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang kuliahmu, melakukan pekerjaan di luar bidang ilmu yang kamu miliki tentu tantangan tersendiri bukan?

 

Mulai menjalankan bisnis impianmu

bisnis yang disukai (2).jpg

Selagi masih muda, semangat menggebu-gebu yang kamu miliki perlu kamu manfaatkan sebaik mungkin. Mulailah bisnismu sedari dini. Jangan lupa mematangkan konsep bisnis dan memilih cara terbaik untuk memulai usahamu. Kegagalan adalah sesuatu yang wajar dalam sebuah usaha. Jadi, minimalisir perasaan takut gagalmu ya Kurmate. Karena rasa takutmu akan menghantui dan membuat rancangan bisnis usahamu tak kunjung berjalan.

 

Itulah kegiatan-kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luangmu selama kuliah. Sebutan kupu-kupu (mahasiswa kuliah-pulang-kuliah-pulang) pun takkan kamu dapatkan. Bagaimana? Sudah siap menjadi mahasiswa yang luar biasa, Kurmate?

 



back