ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Agar Aktivitas Harianmu Produktif, Lakukan 8 Gerakan Sederhana Ini Sebelum Berangkat

13 Mar 2017

Pagi-pagi jelang menghadapi rutinitas kerja, jiwa dan ragamu kerap diselimuti perasaan tidak bersemangat. Demi produktivitas diri terus terjaga, kamu harus menanamkan perasaan positif pada diri. Pertanyaannya, adakah cara yang dapat membuat tubuh segar seharian meski harus dipenuhi aktivitas segudang? Pasti ada!

Kali ini Nafoura akan berbagi gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan jelang rutinitas di pagi hari. Gerakan-gerakan ini nggak butuh waktu berjam-jam kok. Proporsi setiap gerakan ini hanya akan memakan waktu sekitar 3-5 menit saja lho. Yuk langsung dibaca biar kamu bisa langsung praktek esok harinya!

 

  1. Senam leher

neck-exercises-for-neck-pain-750x487.jpg

Buat kamu yang setiap harinya harus berjam-jam memaku badan pada kursi dan memandang layar laptop atau komputer, gerakan ini cocok banget untuk dijadikan rutinitas.Waktu yang cocok untuk melakukan gerakan ini biasanya adalah setelah bangun tidur. Bahkan, kamu nggak perlu berdiri buat mengaplikasikan gerakan ini. Cukup berposisi duduk di atas kasur empukmu.

Mulailah dari gerakan statis seperti yang biasa diajarkan guru olahraga waktu zaman sekolah. Mematahkan leher ke kanan dan ke kiri, menundukan kepala, mengangkat kepala, memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri. Hitung lamanya masing-masing gerakan statis tersebut dari angka satu sampai delapan.

Biar lebih lengkap, tambahkan gerakan dinamis. Gerakan pertama, angkat kedua bahumu hingga mendekati telinga. Pada posisi tersebut, tahan napas terlebih dahulu selama tiga detik dan posisikan bahu seperti semula. Ulangi gerakan tersebut tiga sampai lima kali.

Gerakan kedua. Tanam tanganmu di pinggang, tarik napas dalam-dalam. Tatkala menghembuskan napas perlahan, tundukkan kepalamu hingga dagu menyentuh dada. Di momen tersebut, busungkan dada. Hal ini untuk membuat tubuh bagian atasmu ikut peregangan.

Gerakan ketiga, kamu bisa contek dari praktik gerakan statis. Lalu, buatlah gerakan tersebut jadi dinamis dengan gerakan yang teratur seperti memalingkan wajah ke kanan sebanyak dua kali, lalu balas kearah berlawanan. Rangkaian gerakan tersebut wajib kamu lakukan setiap hari agar membuat lehermu lebih sehat dan terhindar dari rasa nyeri karena kelamaan berhadapan di depan laptop atau komputer setiap harinya.

 

  1. Senam tangan

yoga-hand-exercise-007.jpg

Gerakan selanjutnya menitik beratkan pada tangan. Pukul telapak tangan menggunakan tangan lainnya, lalu ganti sebaliknya. Gerakan tersebut cocok untuk mengawali rangkaian lainnya. Selanjutnya, pukul juga bagian punggung tangan beberapa kali.

Tak cukup sampai di situ. Agar peredaran darah makin lancar, kamu perlu menarik ujung ruas jari ke belakang dengan telapak tangan satunya. Lakukanlah tarikan tersebut baik ke atas dan ke bawah. Biar seimbang, jangan lupa untuk menggerakan tangan satunya. Terakhir, sebagai peregangan, aplikasikan gerakan dinamis. Kibaskan tanganmu beberapa kali selama beberapa menit. Tujuan gerakan ini tak lain dan tak bukan untuk melemaskan otot tangan dan memperlancar peredaran darah. Gampang ‘kan?

 

  1. Jogging

155153-waktu-jogging.jpg

Jika diatas sudah membahas macam pergerakan tangan, kini saatnya mengupas aktvitas pergerakan pada kaki. Untuk melakukan gerakan yang satu ini, kami sarankan supaya bangun lebih pagi. Jadi, kamu bisa lari keliling taman atau komplek rumah. Selain di luar rumah, aktivitas ini bisa kamu lakukan di dalam rumah dengan melakukan gerakan lari di tempat, atau juga lari-lari kecil.

Selain itu, bila kediamanmu memiliki dua lantai, kamu bisa lari-lari kecil naik-turun tangga. Yang satu ini memang terasa lebih berat, tapi usaha takkan mengkhianat hasil kok. Gerakan ini dapat melatih kamu melancarkan pernafasan dan peredaran darah, menambah stamina, melatih detak jantung, mengencangkan otot punggung, paha, kaki, bahkan sampai membakar lemak.

 

  1. Simple jumping atau jumping jack

jumping-jacks-health-750x750.jpg

Kurmate, seringkali kamu bangun dengan rentang waktu yang dekat dengan jam masuk kantor atau kuliah? Kamu bisa melakukan satu gerakan yang cocok banget dengan waktu yang singkat tersebut. Lakukan gerakan loncat-loncat di tempat setelah bangun tidur.

Berdirilah dengan keadaan tegak dan kaki sejajar. Pertama, aplikasikan gerakan loncatan kecil seperti bermain skipping. Kedua, jika kamu sudah siap naik level, gunakan satu kaki saja untuk menopang tubuh, lalu loncat-loncat kecil. Jangan lupa pakai satu kaki yang lain untuk gerakan yang sama. Lakukan masing-masing gerakan lewat 10-20 kali loncatan. Jika terasa kurang, tambah porsi loncatanmu. Gerakan ini bisa membakar lemakmu, dan membuat tubuhmu terasa lebih segar sepanjang hari.



  1. Push up

dHW3b.jpg

Gerakan yang satu ini mungkin tak asing di telinga, tapi bisa jadi asing bagi tubuh. Push up memang berat, tapi tahukah kamu jika gerakan tersebut setara dengan menahan beban tubuh. Bukan hanya lemak yang akan terbakar, otot kamu pun bisa lebih kencang terutama di bagian lengan dan punggung.

Bila kamu belum kuat dengan posisi kaki dalam keadaan lurus. Gunakanlah setengah kaki saja dengan lutut yang jadi tumpuan paling belakang. Untuk pertama kali, kamu cukup menghitung sampai 10 kali gerakan push up. Kamu bisa melakukan gerakan ini di manapun karena cuma butuh ruangan seukuran badanmu saja.

 

  1. Sit up

sit-up-0.JPG

Sit up, menurut para pakar kebugaran, sangat baik untuk kamu aplikasikan di pagi hari, ketika keadaan perut masih kosong. Gerakan ini mampu membuat perutmu lebih kecil sekaligus mengencangkan otot di sekitarnya.

Untuk mengaplikasikannya, kamu harus mengawalinya dengan posisi terlentang (usahakan menggunakan alas). Tekuk kedua kaki dengan sudut 90 derajat, lalu angkat badan sampai mendekati lutut, kemudian turunkan lagi. Supaya lebih konstan, saat tubuh turun, ambil napas. Dan buang napas kembali saat badan kamu naikkan. Untuk pengalaman pertama, lakukan gerakan hingga 10 kali.



  1. Cat and camel pose

Cat-Posture.png

Sering mengalami pegal atau nyeri pada bagian punggung? Bisa jadi ini terjadi karena kamu terlalu lama duduk di bangku. Untuk itu, kamu sangat dianjurkan melakukan gerakan mudah yang satu ini di pagi hari. Gerakan ini akan meregangkan otot yang tegang dan kaku akibat terlalu sering duduk.

Praktiknya cukup mudah. Bertumpulah di atas lantai. Jadikan telapak tangan dan kedua lututmu bertumpu tegak lurus. Lalu, lengkungkan punggung ke atas dengan pandangan ke bawah. Hitung sampai 10 hitungan. Gerakan selanjutnya, turunkan pinggang dengan pandangan lurus ke depan. Terus tekan sampai maksimal, lalu tahan 10 hitungan. Ulangi gerakan dari 10 sampai 15 kali. Mudah bukan?

 

  1. Balancing table pose

YW-yoga-pose-4.jpg

Membuat punggung dan lengan yang kuat, tak hanya dengan cara push up. Kamu bisa melakukan gerakan balancing table pose. Menariknya, gerakan yang satu ini bikin otot kaki juga ikut bekerja.  Awali gerakan seperti posisi orang yang akan merangkak. Sekiranya sudah siap dengan posisi tersebut, kamu bisa mulai mengangkat perlahan tangan kananmu lurus ke depan. Pada saat berasamaan, angkat kaki kiri lurus ke dan tahan selama kurang lebih 5 detik. Ulangi gerakan yang sama, tapi dengan tangan dan kaki yang sebaliknya.

Bagaimana? Gampang ‘kan? Jangan lupa awali juga harimu dengan Kurma Water agar selalu segar dan sehat pastinya!



back