ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

5 Gerakan Yoga Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah. Nggak Perlu ke Studio Yoga Deh

04 Apr 2017

Kalau ditanya olahraga apa yang hits di kalangan anak-anak muda sekarang, kamu mungkin bilang, “Banyak kok.” Kenyataannya memang gitu. Seenggaknya ada tiga olahraga yang lagi digandrungi anak muda, yaitu lari, freelatics, dan yoga.

Kali ini giliran Nafoura membahas tentang yoga. Kita mungkin akan berpikir bahwa olahraga yoga yang baik dan benar hanya bisa dilakukan di klub atau gym. Sayangnya, anggapan tersebut keliru. Yoga bisa juga kok kamu lakukan di rumah. Cukup space minimal 1,5 x 1,5 m dan sebuah matras, kamu dapat dengan mudah melakukan 5 gerakan ini. Yuk langsung geser aja layarnya ke bawah!

Tandasana

mountain-pose-samastithi-or-tadasana.jpg

Gerakan tandasana merupakan tahap pertama yang mesti kamu lakukan sebelum masuk ke gerakan-gerakan lain. Bisa dibilang ini pemanasannya. Caranya, berdiri tegak tapi tidak kaku. Pasang tanganmu di samping tubuh, tarik nafas dalam-dalam sambil merilekskan tubuh.

Pada gerakan ini kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan gerakan berjinjit sambil menarik kedua tanganmu ke atas sambil mengambil nafas. Setelah cukup, keluarkan nafas sambil menormalkan kembali tapak kakimu. Dalam satu sesi, kamu bisa melakukannya sebanyak 5-10 kali.

Lewat gerakan atau pose ini, tubuhmu dilatih untuk tetap tegak alami dan mampu bekerja secara seimbang. See? Walaupun tampak sepele sekali gerakannya, tapi siapa sangka jika dalam gerakan ini, kamu sebenarnya sedang dilatih keseimbangan diri.

Marjaryasana

cat-pose.jpg

Bagi pencinta kucing, kamu pasti tau banget dengan pose yang kucing ketika menggeliat. Tapi siapa sangka jika cat pose ada juga dalam gerakan yoga. Caranya nggak susah kok. Cukup berlutut, kemudian letakan kedua tangan di lantai dan kepala yang menghadap ke depan. Jika sudah siap dengan posisi tersebut, lengkungkan punggung ke arah bawah, seperti membentuk huruf U. Pada momen ini, hadapkan kepala ke atas.

Apa sudah cukup? Belum, Kurmate. Kamu perlu melakukan gerakan yang sama, tapi dengan arah lengkungan punggung yang berlawanan. Ulangi setiap gerakan masing-masing 5 kali saja. Gerakan yang kerap disebut cat pose tersebut sangat baik untuk menjaga kelenturan punggung.

Balasana

two-fit-moms-in-childs-pose.jpg

Bagi kamu yang masih pemula, kamu harus mengambil posisi bersujud. Kemudian condongkan badan ke depan secara perlahan, sambil menjulurkan tangan ke depan (kalau bisa sampai kepala nyentuh lantai). Hitung 5-10 detik.

Setelah hitungan tersebut, tarik tangan ke belakang sehingga berada di samping tubuh. Sambil melakukan gerakan tersebut, tutup mata Kurmate, ambil nafas mendalam, lalu keluarkan perlahan. Lakukan kurang lebih satu menit pada setiap gerakan. Gerakan ini mampu melatih organ pernapasan, fleksibilitas pinggul, dan otot-otot pada paha depan dan punggung.

Vrksasana

2111120928.jpg

Sebenarnya nggak ada yang susah untuk melakukan gerakan ini. Namun yang pasti, keseimbangan tubuhmu bakal ditantang. Langkah pertama, berdiri tegak di atas matras, angkat secara perlahan kaki kanan kamu, dan tekuk ke paha kirimu. Kemudian pertemukan kedua telapak tangan di depan dada layaknya menyambut orang. Setelah hitungan 5-10 detik, angkat kedua tanganmu ke atas. Pada momen-momen tersebut, keseimbangan tubuhmu akan diuji.

Jika sudah melakukan hitungan yang sama seperti pada posisi tangan di depan dada, normalisasi kembali pose ke posisi berdiri tegak, lalu lakukan oleh kaki yang sebaliknya. Cobalah gerakan tersebut minimal 3 kali agar bisa mengasah fokus, melatih keseimbangan, sekaligus menguatkan otot pahamu.

Sukhasana

maxresdefault.jpg

Gerakan satu ini bisa dibilang representasi yoga. Kita sering banget menemukan pose ini disisipkan pada medium visual maupun audiovisual. Bagaimana perasaan kita ketika melihat bahan publikasi tersebut? Mungkin bakal nganggap remeh pose tersebut sebagai gerakan yang gampang. Padahal dalam pose ini banyak hal yang harus diperhatikan agar ternilai baik dan benar.

Gerakan sukhasana mengharuskan seseorang duduk bersila dengan posisi tubuh tegap, dada membusung, dan kepala yang sedikit menengadah ke atas. Cukup di situ? Ternyata nggak. Posisi tersebut tetap mengharuskan kita berada dalam kondisi yang rileks atau nggak kaku. Jadi, meskipun dada membusung dan tubuh tegap, tapi otot dan pikiran tetap berada dalam posisi rileks.

 

Bagaimana, Kurmate? Tidak ada gerakan yang membuat kita memerlukan ruangan yang luas, ‘kan? Jadi kapan pun dan di mana pun, Kurmate bisa melakukan yoga dengan mudah deh. Selamat mencobanya di rumah atau di kosan ya!

 



back