ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Males ke Gym? Sulap 5 Barang di Rumah Ini Jadi Alat Olahraga

05 Apr 2017

Punya tubuh yang sehat memang bukan trik sulap semata. Semua pasti harus dibarengi usaha. Salah satunya dengan cara olahraga. Tapi namanya juga anak muda, selalu ada aja alasan kenapa menunda olahraga, sampai akhirnya jadi sebuah ‘wacana’. Padahal olahraga bisa kamu lakuin dengan beragam perabotan di rumah. Nggak percaya? Kali ini Nafoura bakal bagi-bagi info barang-barang rumah apa aja yang bisa dipake olahraga. Check this out!

 

1. Kursi

athomeexercise_chairdips_featured.jpg.optimal.jpg

Pengen punya tangan yang lebih kenceng dan berotot? Pakailah kursi kayu atau sofa di rumah sebagai alat. Dengan menggunakan kursi, kamu yang pemula untuk jenis push up bisa terbantu dengan mudah lho. Caranya gampang kok. Jadikan kursi sebagai pegangan, lalu mulailah push up. Buat kamu yang masih awal, cukup lakukan dua sesi saja setiap harinya. Setiap sesi kamu isi 10 kali push up.

Cuma itu doang? Ternyata nggak lho. Selain push up, kamu pun dimudahkan untuk melakukan triceps dips. Sebagai bagian awal, posisikan tubuh membelakangi kursi. Raih ujung tempat duduk kursi paling luar, kemudian turunkan tubuh secara perlahan. Pastikan punggung lurus dan kedua lengan menumpu dengan baik. Sebelum memulainya, luruskan kaki ke depan, kemudian berat badan ditempatkan pada kedua tangan. Lakukan gerakan naik turun pada saat itu juga.

Sebagai saran, jika kamu masih pemula dalam hal ini, ada baiknya lutut cukup ditekuk saja. Biar gerakanmu optimal, setiap posisi yang sedang kamu ambil sebaiknya kamu hitung masing-masing 3 detik.

Yakin deh, dengan dua contoh olahraga mengguanakan kursi di atas, lenganmu bakal lebih kencang dan nggak bergelambir kalau rutin melakukannya.

2. Tangga

sidewayscardiorun.jpg

Kurmate kurang pede dengan bentuk kakimu dan males jogging di luar rumah karena panas? Kamu bisa me manfaatkan tangga di rumahmu. Lakukan lari-lari kecil naik dan turun tangga di rumah. Jika rumahmu hanya terdiri dari satu lantai dan nggak punya tangga, nggak usah kuatir. Kamu bisa memakai pakai undakan. Carilah bagian  lantai di salah satu rumah yang berdekatan dan memiliki kontur yang berbeda. Minimal beda tingginya 15 cm, kamu bisa melakukan home work-out di sana dengan gerakan naik-turun. Dengan rutin melakukannya, betismu bakal mengencang dan nggak lagi bikin kamu minder.

3. Ember air

Cara Buang Air Kecil di Ember.jpg

Kamu punya ember kecil? Daripada nganggur, mending kita pakai olahraga. Isi ember dengan air, lalu kamu bisa menggunakannya untuk berolahraga. Ember tersebut bisa membantu kamu yang ingin menghilangkan lengan bergelambir. Sambil duduk di sebuah kursi, fungsikan tabung gas 3 kg tersebut sebagai barbel. Kalau kamu rutin menggunakannya, cukup kamu angkat 5-10 kali per sesi, lengan kamu pasti lebih kencang.

Nggak cuma itu, ember yang berisi air pun dapat jadi pendukung kamu untuk melakukan gerakan dumbbell side bend. Buat kamu yang insecure dengan lemak pada perut bagian samping, gerakan ini cocok banget menuntaskan ketakutanmu. Berdirilah dengan tegak, angkat tabung menggunakan satu tangan, kemudian lakukan gerakan seperti tarik-ulur tangan yang sedang memegang tabung. Lakukan hal serupa menggunakan tangan lainnya. Asalkan kamu rutin melakukannya, dua gerakan di atas pasti akan membantu mengurangi permasalahan bentuk tubuh yang kamu miliki.

4. Kusen Pintu

80b553415ccd6b8fd85d2a1434a04cf1.jpg

Penggunaan kusen pintu untuk berolahraga memang terbilang langka. Namun buat yang nggak punya alat bantu gerakan pull up, kamu bisa banget pakai kusen. Seperti yang kita tahu, kusen jendela khas design rumah Indonesia menyediakan sela-sela kosong yang fungsinya sebagai ventilasi.

Lakukanlah pull up minimal 10 kali sehari menggunakan kusen. Menurut para praktisi olahraga, setiap satu kali pull up yang kamu lakukan, kamu berarti telah mengangkat beban yang sama seukuran berat tubuhmu. Selain itu, otot tangan dan punggung pun terasah jika kamu sering pull up. Lumayan juga ‘kan?

5.  Karet lompat tali

Lompat-Tali-5-www.panoramio.com_.jpg

Kamu punya banyak karet yang nggak terpakai? Ubah  jadi alat skipping saja. Hitung-hitung nostalgia waktu masa kanak-kanak. Lompat tali merupakan olahraga kardiovaskular yang mudah dan efektif membakar kalori. Bahkan bukan hanya otot kaki, otot lengan ikut bergerak juga lho. Jika kamu mampu bertahan lompat tali sampai satu jam saja, jumlah kalorimu yang terbakar bisa sampai 550.

Itulah 5 perabot di rumah yang bisa kamu gunakan berolahraga. Nggak ada alesan lain ‘kan buat nggak olahraga’, karena mereka semua ada di sekitarmu. Yuk mulai sehat dari hal-hal sederhana!

 



back