ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Punya Kebiasaan Minum Sambil Berdiri? 7 Dampak Buruk Ini Akan Menghantui

06 Apr 2017

Tidak sedikit dari kita yang sudah menjadikan minum sambil berdiri sebagai kebiasaan. Tampaknya baik-baik saja memang, tapi kebiasaan satu itu ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dilansir dari Vemale, kali ini Nafoura akan membagikan bahaya minum sambil berdiri. Yuk langsung disimak...

1. Terkena Artritis

Buat kamu yang sering menyepelekan minum sambil berdiri, maaf jika info ini menakutkan. Faktanya, keseimbangan cairan dalam tubuh akan terganggu saat air masuk dengan kita yang berada dalam posisi berdiri. Penumpukan cairan pun dapat terjadi di sendi-sendi tubuh yang nantinya memperbesar risiko artritis. Sebagai informasi, artritis merupakan penyakit radang pada persendian. Gejala penyakit ini biasanya disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak.

2. Merusak sistem pencernaan

Penjelasan satu ini pasti cukup logis buat Kurmate. Faktanya, air yang masuk saat berdiri tanpa proses penyaringan terlebih dahulu, berbeda dengan posisi duduk yang akan melalui proses penyaringan oleh jaringan muskular otot, sfringer.

Minum sambil berdiri, akan membuat air mengalir ke usus secara langsung juga membuat cipratan ke dinding perut. Dalam waktu yang lama, cipratan air ini dapat menyebabkan kerusakan sistem pencernaan seperti, dinding perut dan saluran pencernaan. Duh, ngeri ‘kan, Kurmate?

3. Rasa haus akan cepat datang lagi

Apa yang diharapkan orang ketika minum? Yang pasti, ya, Untuk melepaskan dahaga, bukan? Tapi ternyata kalau kita meminum sambil berdiri, rasa hausnya malah cepat datang kembali. Akhirnya kita berpikir bahwa rasa hausnya nggak hilang-hilang. Nafoura menyarankan kamu duduk sejenak ketika mengkonsumsi minuman agar haus dapat terobati.

4. Gangguan pada ginjal dan kandung kemih

Saat air masuk ke dalam tubuh, proses penyaringan sebenarnya terjadi juga. Namun, adakalanya saat minum sambil berdiri, proses penyaringan yang seharusnya dilakukan oleh ginjal tidak berjalan dengan optimal. Hal terburuknya, kotoran langsung menumpuk di ginjal dan kandung kemih, sehingga potensi gangguan saluran kemih semakin besar. Yang satu ini mungkin nggak mau kamu dengar, tapi yang pasti, jika kamu masih menjaga kebiasaan minum sambil berdiri, kerusakan permanen pada ginjal bisa terjadi di masa depan.

5. Nggak bisa mengatasi kadar asam

Ketika mengkonsumsi air, ada baiknya kita meminumnya sedikit demi sedikit dan perlahan sambil duduk. Kebiasaan tersebut harus mulai ditumbuhkan, sehingga berdampak baik pada proses pengenceran kadar asam di dalam tubuh. Minum sambil berdiri akan mengganggu proses pengenceran kadar asam pada tubuh.

6. Menyebabkan Ulser dan Heartburn

Konsumsi air memang sangat dianjurkan sambil duduk. Berdiri hanya akan membuat air mengalir dan menciprat ke area kerongkongan bagian bawah dengan cukup keras. Kemungkinan terburuk yang terjadi adalah terganggunya sfringer(unit serabut otot berbentuk cincin yang befungsi menutup jalur atau pembukaan alamiah pada tubuh). Selain itu, kebiasaan minum sambil berdiri juga dapat menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan, lantaran naiknya zat asam yang seharusnya betah di perut.

Sampai di situ saja? Ternyata minum sambil berdiri menambah risiko seseorang terkena ulser dan heartburn. Sebagai informasi, heartburn adalah gejala utama dari penyakit menyeramkan, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). GERD dapat terjadi ketika isi lambung terlalu sering naik lagi ke kerongkongan. Jangan sampai terjadi pada kita ya.

7. Saraf-Saraf Menegang Kalau Minum Sambil Berdiri

Kurmate mungkin nggak sadar sepenuhnya bahwa saraf tubuh dapat menegang tatkala minum, utamanya saat dalam kondisi berdiri. Kontras sekali saat kita dalam keadaan duduk. Sistem parasimpatetik akan terdorong untuk lebih rileks. Tidak akan ada ketegangan saraf terjadi pada saat itu.

Sekarang Kurmate udah tau ‘kan kenapa minum sambil berdiri itu nggak dianjurkan? Pantas saja waktu kecil dulu orangtua kita sering ngomel-ngomel pas kita minum sambil berdiri. Tenang, nggak ada kata terlambat kok untuk memulai kebiasaan yang lebih baik. Yuk biasakan minum sambil duduk, Kurmate.



back