ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

4 Risiko Kesehatan Ini Bakal Menghantui Jika Terbiasa Menyimpan Dompet di Saku Belakang

07 Apr 2017

Bagi para cowok, menyimpan dompet di saku belakang celana adalah kebiasaan yang sudah lazim dilakukan. Bukan karena style yang memang ampuh membuat cowok kece, tapi juga karena ada perasaan nyaman ketika menaruhnya di saku belakang celana. Bukankah begitu? Namun kali ini Nafoura telah menemukan fakta mengejutkan soal kebiasaan tersebut. Yuk langsung simak!

Munculnya Hip-Pocket Syndrome atau Wallet-Neuropathy

Apa yang dilakukan para cowok selama ini ternyata menyimpan banyak risiko. Dikutip dari Men’s Health, para ahli menemukan fakta bahwa orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana berisiko mengganggu, bahkan merusak, saraf-saraf penting.

Keadaan ini bahkan mulai lazim di kenal masyarakat luar, sampai ada julukan hip-pocket syndrome atau wallet-neuropathy. Cowok sebagai kaum yang sering meletakkan dompet di saku belakang, jelas harus berhati-hati. Merekalah kelompok yang berisiko terkena kondisi hip-pocket syndrome atau wallet-neuropathy.

Sakit punggung bagian bawah

Seorang ahli fisioterapi di Buckhurst Hill Essex, Julian Forth, mengungkapkan peningkatan jumlah cowok yang mengeluhkan sakit punggung bagian bawah. Ia menduga kebiasaan menyimpan dompetlah yang menjadi asal muasal kondisi tersebut.

"Makin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul," ujar Julian dikutip dari BBCNews. Dompet, kata Firth, menekan saraf-saraf di tubuh ketika seseorang duduk, entah saat mengemudi kendaraan atau tatkala menghabiskan waktu di kantor.

Munculnya rasa sakit pada kaki dan panggul

Selain itu, menurut Firth, keadaan dompet yang menekan bagian saraf tersebut dapat melahirkan rasa sakit dan mati rasa pada pergelangan kaki, kaki bagian bawah dan menimbulkan rasa sakit saat berjalan, duduk atau berbaring.

Bila kamu sering meletakkan dompet di saku belakang, ada baiknya kamu berhati-hati, dan segera memindahkannya ke saku bagian depan. Menaruh dompet di bagian belakang juga bisa menciptakan ketidakseimbangan yang tidak disadari melibatkan otot, tulang, dan yang paling penting adalah sistem saraf.

Pernah nggak kepikiran bahwa kamu duduk cenderung miring karena terganjal dompet? Ternyata untuk tetap menjaga keseimbangan, panggul kita akan menjadi pusat penyeimbangan dan berusaha keras untuk melakukan itu.

Bahu merosot

Kondisi organ yang tidak sejajar saat seseorang duduk dapat melibatkan satu atau dua kurva kompensasi dari tulang belakang. Jika kebiasaan tersebut dijaga, bahu akan merosot sebelah. Jadi jangan heran jika kebiasaan tersebut nggak kamu hilangkan, rasanya nyeri pada leher, punggung dan juga bahu akan terjadi di masa mendatang.

Kalau Kurmate peduli dengan kesehatan, ada baiknya mulai menghindari kebiasaan sepele yang satu ini. Pindahkan saja dompetmu di bagian depan saku celana. Selain bisa terhindar dari risiko kesehatan, kemungkinan dicopet pun makin kecil. Hihihi…



back