ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Nggak Mau Cepet Keriput? Hindari 7 Kebiasaan Sepele Ini

09 Apr 2017

Siapa sih yang nggak pengen punya kulit halus dan awet muda? Nafoura yakin semua orang ingin memiliki kulit seperti itu. Nggak heran banyak orang yang memilih perawatan mulai dari pengobatan alami hingga perawatan medis. Namun, dikutip dari Daily Mail dan Elite Daily, semua usaha tersebut akan percuma kalau kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan ini. Penasaran apa saja kebiasaan yang bisa bikin cepat keriput? Yuk geser layarnya ke bawah!

  1. Keseringan main HP

Pertama kali mendengar hal ini, kamu mungkin ingin menyanggahnya. Tapi menurut seorang ahli kosmetik, Eva Alexandrides, menggunakan ponsel tanpa kenal waktu ternyata bisa memberikan efek buruk pada kulit. Seperti perpindahan bakteri pada ponsel yang bisa berujung munculnya jerawat, dan juga bentuk teks yang kecil pada layar membuat kamu menyipitkan mata agar bisa melihatnya, ini berpotensi memunculkan garis-garis halus pada ujung kedua mata.

Nggak hanya itu, Elizabeth Rimmer, seorang ahli perawatan kulit mengungkapkan bahwa kepala yang keseringan menunduk karena maen HP bisa berakibat buruk terhadap mengendurnya wajah bagian bawah.

  1. Terlalu sering minum pake sedotan

Dalam hidup ini pasti ada yang baik dan buruk. Seperti cara minum, misalnya. Penggunaan sedotan memang dapat mencegah rusaknya atau menguningnya gigi bila terpapar kopi dan teh. Namun siapa sangka jika menyedot minuman bisa bikin kita keriput, terutama di sekitar mulutmu.

  1. Posisi tidur yang keliru

Salah posisi dalam tidur mungkin kadang nggak bisa kita kuasai karena hidup berada di bawah alam sadar. Namun menurut ahli perbaikan kulit, Lorena Oberg, tidur menyamping bisa menciptakan lipatan pada kulit. Dengan begitu, secara perlahan keriput akan terbentuk. Tidur telungkup pun tidak dianjurkan, lantaran bikin wajah menjadi bengkak.

Posisi tidur terbaik adalah berbaring. Pada saat itu, wajah menghadap langit-langit dan bisa menghindarkan tertariknya kulit dan terlipat. “Tidur telungkup membuat cairan terjebak pada wajah, makanya ketika bangun muka akan bengkak dan pucat,” kata perawat kulit, Emma Coleman.

  1. Keseringan mandi air panas

Buat kamu yang suka mandi pakai air panas, hati-hati ya. Temperatur air yang terlalu panas ternyata bisa bikin kulit kita lebih kering. Terlalu sering mandi menggunakan air panas dapat membuat kulit pecah-pecah keadaan kulit yang sangat kering.. Akibatnya, keriput-keriput halus dapat terlihat lebih jelas.

  1. Nonton televisi hingga lupa waktu

Nonton TV pun harus bijak. Penuaan dini dapat terjadi bagi siapa pun yang terlalu lama menatap televisi secara terus menerus. Sinar biru yang yang dipancarkan dari layar TV secara nggak sadar mampu masuk ke dalam kulit. Menurut penelitian, sinar biru tersebut berbahaya terhadap proses kerja enzim MMP-1 dalam tubuh. Mereka memecah kolagen dan elastin, struktur penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan pada kulit.

Menurut Tempo.co, beberapa penelitian menunjukkan sinar HEV berdampak pada pengrusakan kulit lebih cepat daripada sinar ultraviolet matahari. Paparan sinar tersebut dapat mempercepat penuaan dan mengurangi kemampuan regenerasi sel kulit.

 

  1. Menggosok-gosok kulit

Siapa yang sering menggosok produk perawatan wajah saat memakainya? Ternyata menggosok berulang kali yang niatnya cepat terserap, amat tidak baik untuk kesehatan wajah. Menurut Lorena Oberg, cara tersebut justru keliru lantaran memungkinkan kulit kulit tertarik dan menciptakan keriput dini pada wajah. Pakailah produk perawatan kulit cukup dengan menepuknya secara perlahan, tanpa harus menggosok-gosoknya.

 

  1. Salah pilih sabun

Pemilihan sabun pun menjadi penting untuk menjaga kulit. Alih-alih memuluskan atau menjaga kondisi tubuh, pemilihan sabun yang salah malah menyebabkan kita lebih cepat keriput. Salah pilih sabun membuat kulit menjadi kering, yang berakibat pada munculnya keriput dan garis-garis halus pada wajah menjadi lebih terlihat.

 

Bagaimana, Kurmate? Kebiasaan-kebiasaan tersebut ternyata sering banget kita lakukan sehari-hari ya? Yuk hindari kebiasaan kecil tersebut agar awet muda. Selamat mencoba!



back