ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Siapa Bilang Nangis Itu Buruk? Ini 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Karena Menangis

11 Apr 2017

Kurmate, masih ada yang ingat kapan terakhir kali menangis? Para cewek mungkin masih ingat kapan terakhir kali menangis. Kita tahu sendiri kalau cewek adalah kaum yang sering mengedepankan perasaan. Lalu bagaimana dengan cowok? Cowok kebalikannya. Mereka jarang sekali menangis. Dalam sebuah penelitian, rata-rata cowok hanya menangis tujuh kali dalam setahun, sedangkan cewek bisa sampai 47 kali. Nggak heran kalau kaum cowok sering menilai cewek itu cengeng.

Namun untuk cewek jangan marah dulu. Air mata yang keluar saat kamu menangis itu ternyata bermanfaat untuk dirimu sendiri. Nggak percaya? Dikutip dari laman Life Hack, Nafoura akan berbagi informasi tentang manfaat menangis. Yuk langsung simak!

  1. Menurunkan tingkat stres

Melalui tangisan, emosi yang sudah memuncak bisa tersalurkan hingga membantu mengurangi beban pikiran yang sedang dihadapi. Beberapa bahan kimia dan hormon yang terbentuk akibat stres keluar ketika kita menangis. Nggak heran kalau kita sering merasa lebih lega dan muncul perasaan nyaman setelah menangis. Berbeda halnya jika kamu menahan diri. Tindakan tersebut malah berbahaya bagi jiwamu. Stres akan meningkat, dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular.

  1. Merangsang proses detoksifikasi

Detoksifikasi adalah pengeluaran racun yang terdapat dalam tubuh. Menurut ahli biokimia, William Frey, air mata hasil tangisan yang penuh emosional ternyata mengandung racun. Dengan kondisi tersebut, racun yang terdapat dalam tubuh dikeluarkan lewat proses menangis. Secara tidak sadar, kita telah membuat tubuh membebaskan diri dari racun-racun yang tadinya ada di dalam tubuh.

  1. Mencegah dehidrasi pada selaput mata

Rutin mengeluarkan air mata merupakan cara memberi pelumas yang baik untuk selaput pada bola mata. Air mata berfungsi sebagai pemberi kelembaban, mencegah dehidrasi dan pendukung yang baik dalam rangka melindungi mata dari debu dan bakteri. Air mata memiliki kandungan lisozim, yang mampu membasmi bakteri dalam waktu 5 menit.

  1. Membersihkan rongga hidungmu dari lendir

Saat kamu sedang menangis, tanpa terasa cairan dalam hidung pun juga keluar? Sering nggak sih merasakan hal tersebut? Ternyata ada fakta ilmiahnya lho. Air yang keluar dari mata sebelumnya mengalir melewati rongga hidung. Pada momen mengalir tersebut, calon air mata bertemu dengan mukus. Sebagai informasi, mukus merupakan cairan atau lendir kotoran yang lumrah kita sebut ingus. Menangis jadi sangat bermanfaat untuk mendorong dan mengurai mukus yang menumpuk di rongga hidung. Jadi, menangislah supaya kotoran di dalam rongga hidungmu terbuang.

 

Jadi nggak selamanya menangis itu negatif, ‘kan? Kebalikannya, beberapa manfaat di atas akan kamu dapatkan. Jadi, kalau Kurmate ingin menangis, menangislah. Emosi yang kamu rasakan adalah hal lumrah. Jangan menahan lama-lama emosi yang sedang kamu rasakan ya. Nanti takutnya jadi penyakit.



back