ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

5 Website Ini Mampu Tingkatkan Kapasitas Diri. Semakin Cerdas, Kenapa Tidak?

13 Apr 2017

Nggak bisa diragukan lagi, internet sekarang jadi hal yang sulit dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Tapi coba deh pikirin lagi, seberapa sering kamu benar-benar memanfaatkan internet untuk meningkatkan kapasitas diri? Sebuah survey yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menunjukan hanya 39,8% orang Indonesia yang memanfaatkan internet sebagai pendukung aktivitas belajar.

Nafoura yakin bahwa 60,2% sisa pengguna internet di Indonesia hanya belum tahu keberadaan situs-situs website yang bagus buat belajar. Oleh karena itu, Nafoura berbagi informasi tentang website-website yang menyediakan informasi berkualitas ini ya. Dijamin kapasitas diri kurmate akan semakin meningkat. Check this out!

 

Khan Academy

Sedari masa kecil sampai di usia sekarang, hidup kita dipenuhi dengan proses pembelajaran. Tapi proses belajar nggak selalu harus selalu di kelas sekolahan atau perkuliahan. Melalui internet, kita juga bisa belajar banyak tentang banyak hal. Salah satu website berkualitas yang Nafoura rekomendasikan buat jadi proses belajar kamu adalah Khan Academy.

Apa itu Khan Academy dan bagaimana cara kerjanya? Sesuai dengan misinya, Khan Academy ingin mengubah pendidikan dengan cara menyediakan pendidikan gratis kelas dunia untuk siapa pun dan di mana pun secara online. Beragam bidang ilmu mereka suguhkan dalam websitenya. Bahkan kerennya lagi, proses pembelajaran dilengkapi video (ada juga yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia) dan layout website yang menarik, membuat kita betah berlama-lama di sana.

Ratatype

Ketik-mengetik sudah menjadi kemampuan yang wajib dimiliki setiap orang di zaman sekarang ini. Nafoura yakin banyak dari kita bisa mengetik, tapi bicara soal kecepatannya, terutama efektivitas mengetik, mungkin nggak sedikit juga yang masih terbilang payah. Buktinya, banyak ‘kan yang sering typo? Hayo ngaku aja. Maka dari itu, kita perlu berlatih lebih sering lagi.

Dalam rangka mengasah kemampuan ketik-mengetik, Nafoura merekomendasi sebuah website bernama Ratatype. Webiste ini cocok banget buat kamu yang ingin mempertajam skill mengetik. Yang nggak kalah penting, Ratatype menyuguhkan pelatihan kemampuan ketik-mengetik yang didukung fitur kecepatan jumlah kata per menit dan efektivitas pengetikan. Ratatype pun bisa memberikan e-certificate, jika kamu mengikuti pelatihannya.

CodeAcademy

Percaya nggak, orang-orang terkaya di dunia ini sekarang mulai dikuasai orang-orang yang bergerak di bidang IT? Sebut saja Bill Gates, Mark Zuckerberg atau Jack Ma. Sebuah situs cocok banget buat kamu yang ingin mulai menekuni dunia IT, khususnya dunia pemrograman. Mereka menawarkan program interaktif untuk mempelajari HTML, CSS, Javascript dan PHP.

Namanya adalah Codecademy, sebuah situs yang dapat membantu kita belajar pemrograman step-by-step. Untuk kamu yang belum paham banget, kamu nggak usah khawatir karena mereka menyuguhkan pelatihan yang lebih mudah untuk dipelajari. Dukungan lain bagi para pemula, yaitu desain layout situsnya yang simpel dan gampang buat dicerna mata pasti bisa bikin kamu anteng belajar coding di sana. Jadi kalau kamu punya mimpi punya aplikasi atau situs sendiri, nggak usah sewa jasa developer deh. Lebih murah, ‘kan?

Quora

Kamu termasuk orang yang skeptis atau punya banyak pertanyaan di kepala tentang beragam hal? Tanyakan saja pada Quora. Di sana banyak pakar dan ahli yang siap menjawab setiap pertanyaan para penanya. Uniknya, nggak cuma pertanyaan ilmiah yang bisa kamu tanya. Pertanyaan remeh-temeh (tapi sebenernya nggak terlalu juga sih), seperti kekuatan tokoh Naruto sampai Game of Thrones.

Situs akan menjamin kamu mendapatkan jawaban terbaik, entah dari seorang yang memang ahli di bidangnya atau bahkan sampai seseorang yang pernah memiliki pengalaman langsung. Daripada kamu nanya-nanya di media sosial yang belum tentu mendapatkan feedback cepat, ada baiknya alihkan pertanyaan-pertanyaan tersebut ke Quora.

WikiHow

Jika dibandingkan dengan generasi-generasi jauh sebelum kita, manusia masa kini jelas telah mendapatkan banyak kemudahan dalam melakukan banyak pekerjaan. Kemudahan tersebut berkat semakin canggihnya dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, yang mana ada internet di dalamnya. Internet menyuguhkan informasi lengkap kepada para penggunanya, salah satunya tutorial how to.

WikiHow adalah sebuah situs yang kini telah menjadi pangkalan data pedoman cara. Jadi kalau kamu butuh bimbingan bagaimana melakukan suatu atau lebih pekerjaan, carilah di WikiHow. Bedasarkan data yang kami peroleh dari Wikipedia, WikiHow telah menerbitkan lebih dari 23.000 artikel pedoman cara. Selain itu, WikiHow sudah memiliki versi Bahasa Indonesia. Jadi nggak usah bingung lagi deh kalau butuh bimbingan.

Gimana, Kurmate? Udah mengunjungi kelima situs di atas tadi? Kalau udah, jangan lupa tulis di komentar ya situs yang menjadi favorit kamu!

 



back