ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Siapa Bilang Makanan Enak Jahat? 5 Makanan Ini Bisa Kamu Siasati Kok

19 Apr 2017

Makanan enak identik dengan makanan yang mengandung kalori tinggi. Nggak aneh kalau makanan-makanan ini sering jadi musuh para pegiat gaya hidup sehat. Namun siapa kira kalau ternyata banyak juga makanan enak yang rendah kalori. Dikutip dari Fitness For Men, Nafoura sudah mengumpulkan informasi buat kamu. Sudah gak sabar ya? yuk langsung cek aja makanan enak yang tetep bisa menjaga kesehatan kamu!

1. Burger

20140929-salmon-burger-yasmin-recipe-7-thumb-1500xauto-411983.jpg

Sehat nggaknya burger bisa kamu cek dari potongan dagingnya. Lumrahnya semakin enak dan empuk daging burger, semakin melimpah juga lemak di dalamnya. Tapi kamu bisa kok menyiasatinya. Ketika kamu beli daging di supermarket, pilihlah yang paling tipis. Selain daging, lengkapi dengan irisan bawang bombay, sedikit minyak zaitun, dan cheddar cheese yang rendah kalori. Kamu tetap bisa makan enak tanpa takut banyak kalori yang masuk deh.

Kandungan: Low fat beef mengandung - 96 kalori dan - 11.1 gram lemak

2. Spaghetti

27SPAGHETTI-superJumbo.jpg

Spaghetti juga bisa jadi rendah lemak kok kalau kamu menggunakannya dari bahan gandum. Tetapi Kurmate harus berhati-hati memilih sausnya, karena saus yang beredar di pasar kebanyakan mengandung gula yang tinggi. Caranya, baca kolom ingredients, lalu adakah kandungan gula atau frusktosa. Kalau ada, bandingkan dengan saus lainnya, dan pilihlah yang paling rendah kandungan gulanya.

Kandungan: Wholewheat pasta - 20 kalori dan + 5.2 gram serat, Pasta sauce mengandung - 35 kalori dan - 4.4 gram karbo

3. Nachos

0613d99d-bf81-46a6-b7f7-abb174c6a131.jpg

Nachos adalah makanan asal Meksiko yang dikenal sebagai salah satu makanan enak di dunia. Namun untuk mengubahnya jadi lebih sehat, fried corn chips-nya sebaiknya Kurmate masukan ke dalam panggangan. Ini bertujuan agar kandungan lemaknya berkurang.

Untuk sausnya, Kurmate bisa membuat saus low fat cheese sendiri. Caranya, campurkan segelas susu dan satu setengah gelas low fat cheddar cheese, lalu masak dengan api sedang. Biar lebih kental dengan cita rasa asli Meksiko, taburkan light sour cream, salsa (yang rendah gula), dan jalapeno peppers ke atas nachos. Panaskan pakai microwave, makanan enak nan sehat pun siap kamu santap.

Kandungan: Oven-baked corn chips – 50 kalori dan – 10 gram lemak, Cheese sauce – 40 kalori dan – 16.1 gram lemak

4. Sup tomat

10-Amazing-Health-Benefits-Uses-Of-Tomato-Soup.jpg

Dalam membuat sup tomat, hindari penggunaan air, dan lebih baik gunakan susu kacang kedelai. Jika kamu menggunakan air putih, maka akan membuat supmu terlalu encer. Susu kacang kedelai juga mengandung protein tinggi, sehingga baik untuk kesehatanmu. Biar tambah enak dan lengkap, tambahkan juga potongan ayam dan sayur-sayuran, seperti bayam atau brokoli. Selain itu, sebaiknya pilih biskuit gandum daripada roti kering. Voila! Sup tomat siap dihidangkan deh. Sebagai sentuhan akhir, celupkan biskuit gandum ke dalam sup tomat. Menyantapnya di kala hujan akan terasa lebih nikmat lho kurmate..

Kandungan: Menambahkan susu kacang kedelai + 8.8 gram protein dan + 88 kalori

5. Mac and Cheese

20161028-baked-macaroni-cheese-sodium-citrate-vicky-wasik-20.jpg

Untuk menciptakan Mac and Cheese yang sehat tanpa kehilangan rasa enaknya, kamu hanya butuh mengubah sedikit cara produksinya. Hindari penggunaan mentega, sebab bahan tersebut mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak. Lalu, pilih salah satu bahan antara susu kacang kedelai atau susu skim agar makanan lebih creamy, namun lemak dan kalori tetap terkontrol. Kalau ingin tambah sehat, berikan juga potongan brokoli. Brokoli memiliki kandungan vitamin C, vitamin B, potassium dan serat.

Kandungan: Tanpa mentaga – 11 kalori dan – 16.2 gram lemak, Brokoli + 1.9 gram protein dan + 5.6 gram karbo

Gimana Kurmate? Makanan favoritmu ternyata bisa dibuat versi sehatnya, ‘kan? Semoga ini membantu kamu untuk terus bersemangat menjalani program hidup sehat ya!

 



back