ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

#LocalHero: Cita-cita Mulia @KulinerMedan dalam Mengembangkan Pariwisata Daerah

25 Apr 2017

Berbanggalah kita pada anak-anak muda yang turut bersumbangsih terhadap pariwisata daerahnya masing-masing. Salah satunya para pegiat komunitas kuliner. Setiap kota rasanya kini memiliki komunitas satu ini. Kegiatan mereka pun beragam. Tak hanya kegiatan offline seperti kopi darat, icip-icip atau hunting bareng, melainkan juga kegiatan online. Bahkan kegiatan online itulah yang jadi senjata keeksisan mereka di zaman sekarang.

Namun ada satu hal yang tak kalah penting,itu adalah sumbangsih mereka terhadap nilai pariwisata daerahnya. Kalau dilihat dari luarnya saja, kita mungkin bertanya-tanya, apa hubungan perkembangan wisata dengan dunia kuliner. Tapi ketika tahu ada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wisatawan mengabiskan hampir 40% anggaran wisata mereka untuk kebutuhan makan saat berpergian, mungkin Kurmate sudah mengantongi sendiri jawabannya.

Komunitas kuliner pada umumnya bukanlah bentukan pemerintah lewat dinas pariwisatanya, melainkan putra-putri daerah yang kebetulan memiliki hobi sama dan senang berbagi informasi satu sama lain tentang kuliner yang sedang hits.

Salah satu komunitas yang terus eksis menjaga aktivitasnya, baik secara offline maupun online, adalah @kulinermedan. Indra Halim, founder @kulinermedan, mengatakan akun kuliner media sosial sudah jadi kebutuhan. Sekarang, kata Indra, orang-orang mencari referensi lewat akun media sosial. “Akun medsos atau komunitas kuliner itu awalnya, ya, karena hobi. Lalu secara nggak sadar, kita jadi media untuk memberitahu kepada publik yang lebih luas tentang info-info kuliner,” kata Indra.

Saat ini orang-orang cenderung senang berbagi ulasan menggunakan media sosialnya. “Dulu ‘kan kita pakai metode mouth to mouth,” tambah Indra saat ditemui pada acara Instafoodies Meet Medan yang digelar Kurma Water.

Menurut Indra, setiap komunitas kuliner di berbagai kota pasti memiliki tujuan yang sama. Mereka tak hanya mewadahi orang-orang yang punya hobi sama, tapi juga ikut mendorong pariwisata. “Kami (@kulinermedan) ingin Medan jadi salah satu kota rujukan untuk penggila kuliner di Indonesia,” tutup Indra.

Secara tak sadar, keberadaan komunitas kuliner menumbuhkan semangat masyarakat untuk semakin mencintai warisan budaya Indonesia, terutama dalam hal kuliner. Keaktifan komunitas tersebut memiliki harapan dalam pengembangan potensi wisata kuliner daerah masing-masing.



back