ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

Penggunaan High Heels Bikin Sakit? Jajal 4 Cara Normalisasi Ini

02 May 2017

Bagi banyak perempuan urban, sepatu berhak tinggi adalah sebuah kebutuhan tersendiri. Alasannya beragam, mulai dari penampilan sampai aturan kantor. Terlepas dari hal itu semua, sebuah survey di Amerika Serikat yang diterbitkan Live Strong melaporkan bahwa 71 persen perempuan mengeluh dengan sepatu hak tinggi atas ketidaknyamanan yang dihasilkannya.

Seorang dokter yang juga juru bicara penelitian tersebut, dr. Jackie Sutera, berkata, "Ketika kamu menggunakan high heels, distribusi berat badanmu akan bergeser ke depan.” Untuk mengimbanginya, kata Sutera, lutut dan pinggul maju ke depan. Ketidaksejajaran tersebut dapat menyebabkan rasa sakit di seluruh tubuh. "Mungkin awalnya di daerah kaki sakitnya, tapi ke sininya bisa merusak pergelangan kaki, lutut, pinggul, punggung Anda. Seluruh kerangka tubuhmu benar-benar terpengaruh oleh tinggi tumit," tambah Sutera.

Menanggapi permasalahan high heels ini, Nafoura akan berbagi informasi bagaimana cara memperlakukan kaki yang sering menggunakan high heels agar tetap sehat dan jauh dari potensi merusak bagian-bagian tubuh yang lain. Yuk langsung simak aja, Kurmate!

Pilih Sepatu yang Lebih Aman

Choose_Comfortable_Shoes.jpg

Bila kamu terlalu sering memakai sepatu hak tinggi setiap hari, lama-kelamaan kakimu dapat mengalami kerusakan permanen, seperti tendon achilles yang mengecil dan mereduksi bantalan lemak di kaki. Oleh karena itu, kamu memerlukan sepatu yang lebih aman. Menurut Sutera, ia merekomendasikan penggunaan sepatu seperti wedges sebagai alternatif lantaran lebih bersahabat terhadap kesehatan.

Regangkan kaki

590.jpg

Sebelum berangkat ke kantor, ada baiknya Kurmate melakukan peregangan kaki guna melancarkan aliran darah. Teknik paling mudah yang bisa kamu praktikkan di rumah adalah duduk 90 derajat di sebuah lantai yang datar. Bungkukkan secara perlahan, sampai jari tangan menyentuh jari-jari kaki. Agar optimal, kamu harus memastikan kaki lurus tak menekuk. Setelah berhasil menggapai jari kaki, tahan selama lima atau 10 detik. Ulangi tiga sampa lima kali.

Rendam dengan air hangat

273207_ilustrasi-merendam-kaki-_663_382-132.jpg

Selepas pulang dari kantor, masaklah air panas cukup satu panci, lalu tuangkan pada wadah yang cukup untuk merendam dua telapak kaki. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya agar mineral alami, magnesium dan sulfat, dapat membantu memperbaiki jaringan-jaringan lewat kulit kaki. Cara ini akan membantu mengendurkan otot-otot yang kaku dan kelelahan.

Manfaatkan Istirahat

o-4A-900.jpg

Persis seperti permainan olahraga, seperti sepakbola, basket, bulu tangkis dan sebagainya yang memerlukan break time, kaki pun butuh istirahat. Jika kamu punya kesempatan untuk menggunakan sepatu lain selain high heels, manfaatkanlah sebaik mungkin. Beri kesempatan kaki kamu beristirahat sejenak untuk kembali ke posisi normalnya. Jika kamu ingin lebih sehat, bekal dari rumah alas kaki lain yang memiliki sol datar. Gunakan alas kaki tersebut hanya untuk beberapa momen, seperti berangkat kantor, jam istirahat dan jam pulang kantor.

So Kurmate, yuk mulai perhatikan hal-hal kecil untuk membuat tubuhmu sehat!

 



back