ARTICLES

POSTING DATE    TO 

CATEGORY 1

5 Cara Memanfaatkan Bawang Putih untuk Kulit Berjerawat

04 May 2017

Banyak dari kita membenci bawang putih, lantaran aromanya yang menyengat. Padahal pada kenyataannya bawang putih memiliki khasiat melimpah, salah satunya untuk kulit wajah. Nah bagi Kurmate yang punya masalah jerawat di wajah, kamu kayaknya harus mulai memikirkan manfaat dari bumbu dapur satu ini. Bawang putih memiliki antioksidan dan anti-bakteri yang dapat mencegah munculnya jerawat. Lalu, dengan cara apa saja bawang putih dapat memberikan manfaatnya pada wajah berjerawat? Yuk langsung simak aja!

 

Menggosok-gosoknya di daerah timbulnya jerawat

Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dalam Satu Malam.jpg

Cara yang satu ini nggak ada susah-susahnya untuk kamu praktikan di rumah. Kamu hanya perlu memotong 2-3 bawang putih menjadi beberapa bagian, Lalu tempelkan dan gosokkan irisan bawang putih pada daerah yang berjerawat pada daerah yang berjerawat. Biarkan selama 5-10 menit, setelah itu kamu dapat membilasnya dengan air hangat. Rutinlah melakukan perawatan setiap malam menjelang tidur, dan rasakan manfaatnya.

 

Dijadikan masker

masker-bawang-putih.jpg

Cara optimal penggunaan bawang putih demi perawatan kulit berjerawat lainnya adalah diproduksi menjadi masker. Masker ini sebaiknya kamu gunakan jelang waktu tidur agar penyerapan nutrisi bawang yang dimiliki putih oleh kulit jadi lebih optimal.

Membuatnya nggak susah kok. Kamu cukup menyiapkan 4-5 siung bawang putih, kemudian blender dengan menggunakan sedikit air. Lalu, tuangkan ke sebuah piring kecil.  Nah hasil dari proses blender bawang putih ini siap kamu oleskan disekitar wajah. Tapi ingat ya, Kurmate. Kamu harus ekstra hati-hati supaya mata tidak terkena paparan. Biarkan 10-30 menit, lalu bilas sampai bersih.

 

Racik dengan jeruk nipis dan minyak zaitun

cara-menghilangkan-bekas-jerawat-dengan-cepat.jpg

Selain bawang putih, minyak zaitun dan jeruk nipis juga memiliki manfaat yang baik untuk kebutuhan wajah berjerawat. Tiga bahan tersebut dapat kamu racik untuk membantu pengempesan jerawat dan membuat kulit wajah Kurmate tetap lembab sehingga terhindar dari jerawat.

Cara meraciknya, tumbuk bawang putih sampai halus. Setelah menumbuk, kurmate perlu menyiapkan perasan jeruk nipis dan campurkan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Sebagai tambahan, Kurmate hanya perlu tambahan satu sendok teh air perasan jeruk nipis. Selanjutnya, tambahkan setengah sendok teh minyak zaitun, kemudian aduk hingga rata.  Jika sudah siap, oleskan racikan bahan alami tersebut ke bagian-bagian wajah yang kerap muncul jerawat. Tunggu sekitar 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

 

Racikan putih telur

kegunaan-putih-telur-untuk-wajah-berjerawat.jpg

Mendengar telur dan bawang putih, rasanya langsung berpikir soal makanan ya, Kurmate. Tapi bukan makanan yang akan Nafoura share saat ini, melainkan manfaat yang disuguhkan ketika putih telur bertemu dengan bawang putih. Putih telur dikenal memiliki khasiat untuk kulit wajah.

Pertama, Kirmate mesti menghaluskan 3-4 siung bawang putih. Pisahkan kuning telur dan ambil bagian putihnya saja. Campurkan bawang putih dan telur, lalu aduk sampai merata. Oleskan pada bagian wajah yang kerap jadi tempat munculnya jerawat, lalu tunggu sampai 30 menit dan bilas sampai bersih. Agar bau amisnya hilang, gunakan juga pembersih wajah setelah membilasnya.

 

Campuran lidah buaya dan bawang putih

Lidah_buaya_lidah_buaya.jpg

Siapa bilang lidah buaya cuma bermanfaat buat rambut? Ternyata lidah buaya punya kandungan nutrisi yang melimpah untuk kesehatan wajah. Lidah buaya ampuh menghilangkan komedo di sekitar hidung, sekaligus mencerahkan wajah. Melihat khasiatnya tersebut, mengapa tidak kita campur dengan bawang putih?

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghaluskan bawang putih. Gunakan 2-4 siung bawang putih. Kupas lidah buaya dan ambil getahnya saja, lalu campurkan bahan tersebut dengan bawang putih yang telah dihaluskan. Oles racikan tersebut pada paras yang kerap dihantui jerawat, dan tunggu sampai 10 menit.  Setelah 10 menit, jangan lupa bilas pakai air bersih.

 

Gimana, Kurmate? Walaupun memiliki bau yang cukup menyengat, tapi jika mengingat manfaatnya, Kurmate yakin masih mau mengabaikan bawang putih ini saat jerawat melanda? Selamat mencoba!?

 



back